Ketika Butuh Vitamin Sea, Saatnya Merencakanan Liburan ke Lombok dengan Satu Klik

Bismillahirohmanirohim,

Kalau ada yang bertanya ke aku lebih suka liburan ke gunung atau ke pantai, sudah pasti aku akan menjawab pantai. Meski keduanya harus aku akui sama indahnya, tapi buat aku berada di tempat tinggi itu penuh pengorbanan. Bukan semata-mata karena naik gunung itu capek sih, tapi lebih karena hidung aku sangat sensitif berada di tempat tinggi. Jangankan mendaki gunung, cuma pulang ke Bandung saja aku harus menerima kenyataan akan bersin-bersin sampai aku menemukan cahaya matahari untuk menjemur hidung.

Jadi jangan salahkan aku yang lebih memilih tim pantai daripada tim gunung. Membiarkan kaki berjalan di atas pasir, sesekali basah tersapu ombak, kemudian saat sore menjelang, aku sudah siap menanti pemandangan yang paling aku suka: sunset. Ahhh…nikmat. Mungkinkah surgaku nanti akan seperti itu wujudnya?

Tapi melihat mundur ke dua tahun terakhir ini rasanya sudah lama aku tidak menikmati pantai untuk waktu yang lama. Tepatnya semenjak aku dan Mas Met menjadikan tradisi mudik sebagai road trip, aku jadi tak pernah lagi menikmati lebih dari satu hari berada di sisi pantai.

“Terus maunya gimana?” tanya Mas Met ketika aku mengutarakan yang aku rasakan perihal kerinduanku akan pantai.

“Aku mau liburan yang khusus cuma main ke pantai. Seperti akhir 2013 lalu, tiap hari berada di pantai. Tiap pagi mengejar sunrise dan sorenya menanti sunset.”

(baca juga: Pesona Pantai-Pantai di Pelabuhan Ratu dan Banten Selatan)

“Kalau gitu, coba tentuin deh kalau aku dapat cuti lagi kita liburan ke mana nanti.”

Aku tersenyum. Tak perlu berpikir lama untuk menentukan mau ke pantai mana untuk tujuan wisata kami berikutnya. Karena diam-diam, aku sudah punya tujuan yang sejak lama aku idamkan. Aku ingin ke Lombok.

Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat sudah lama menjadi pulau inceran aku. Apalagi alasannya kalau bukan karena aku terpesona akan kecantikannya pantai-pantainya. Melalui cerita teman serta foto-foto yang bertebaran di dunia maya aku tak perlu berpikir dua kali untuk jadikan Lombok sebagai destinasi wisata impianku. Bahkan aku sudah punya itinerary selama 4 hari 3 malam di Lombok, hasil dari mengkepokan liburan seorang sahabat sekitar satu tahun lalu.

pink beach
pantai tebing

pulau pasir

Lombok 4 hari 3 malam

Day 1:

Jakarta-Lombok

Gili Pasir, Gili Petelu, Gili Gambir

Pantai Pink, Pantai Semangkuk, Pantai Segui

Check-in hotel

Day 2:

Bukit Senggigi

Villa Hantu, Malaka Hill, Padanan Hill

Gili Trawangan

Day 3:

Monkey Forest, rumah pohon, pantai tebing

Tebing Kelep, air terjun senaru

Day 4:

Desa Sade

Pantai  Kuta, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Batu Payung, Pantai Mawun, Pantai Selong Belanak

Lombok-Jakarta

Aku memang lebih senang membuat rencana perjalanan sendiri. Dengan begitu rasanya aku lebih leluasa menentukan tempat-tempat wisata yang ingin aku kunjungi, daripada harus mengandalkan tour. Setelah punya rencana perjalanan, tentu saja langkah berikutnya adalah mencari tiket pesawat dan tempat menginap.

Mencari tiket pesawat dan penginapan itu susah-susah gampang terkadang. Tapi aku selalu mengandalkan Traveloka yang sudah terinstall di telepon layar sentuhku. Ketika membuka aplikasi ini aku cukup kaget karena ternyata sudah ada paket tiket hotel Traveloka. Belakangan ini aku memang cenderung hanya mencari penginapan saja di Traveloka, sehingga kurang memperhatikan perkembangan Traveloka, yang ternyata kini kita bisa menghemat waktu untuk mencari tiket pesawat dan penginapan dengan sekali klik saja.

Aku memutuskan untuk merencanakan liburan kami di awal Desember. Karena biasanya bulan Desember Mas Met lebih mudah mengurus ijin cuti mengingat sisa cuti yang kalau enggak segera digunkanan akan hangus. Tapi tentu saja aku harus menghindari menjelang akhir tahun ketika libur panjang tiba.

Aku cukup memasukkan bandara keberangkatan dan yang dituju, tanggal keberangkatan dan pulang, serta jumlah penumpang saja langsung bisa mendapatkan pilihan pesawat dan penginapan. Wah ini praktis sekali. Menghemat waktu. Selanjutnya Traveloka langsung memberika beberpa paket pilihan yang bisa kita pilih seperti ini:

Pilihanku tertuju pada paket menginap di Mina Tanjung Beach Hotel karena harganya yang menurut aku terlihat ramah dompet.

Total harga yang ditawarkan untuk tiket pesawat pulang pergi 2 orang dan menginap 3 malam di Mina Tanjung Beach Hotel sebesar Rp 3.640.895. Rasanya harga yang wajar dan masuk dalam anggaran liburan  kami. Tapi ketika aku melihat jadwal penerbangan kembali ke Jakartanya adalah pukul  9.50 pagi. Hmm…rasanya kurang pas dengan itinerary yang aku buat, mengingat hari terakhir masih bermain-main. Aku pun mengubah jadwal pulang menjadi pukul 18.05. Agak sedih sebenarnya melihat total paket menjadi Rp 4.672.091. Tapi semua itu sepadan karena aku bisa lebih leluasa puas mengeksplore Lombok.

Paket tiket hotel Traveloka ini benar-benar terasa menghemat waktu. Kalau dulu aku selalu membeli tiket dulu. Setelah selesai, baru mencari hotel. Semua transaksi dilakukan terpisah. Tapi dengan adanya pilihan paket tiket hotel Traveloka ini aku cukup sekali pencarian dan….voila! Selesai. Praktis banget.

Untuk pembayaran Traveloka pun memudahkan kita dengan berbagai pilihan cara membayar, seperti via transfer melalui ATM, credit card, Internet Banking, serta di Indomaret. Aku sendiri selalu memilih menggunakan transfer melalui m-banking. Transaksinya enggak pernah lama, dalam hitungan menit Traveloka sudah mengkonfirmasi pembayaran yang sudah aku lakukan, dan etiket pun langsung terkirim.

Tergelitik rasa penasaran aku mencoba cara lama. Yaitu mencari tiket dan penginapan secara terpisah. Kurang kerjaan, begitu kata Mas Met pas aku menceritakan keisengan aku ini. Ah biar saja pikirku. Mumpung lagi punya waktu luang, aku ingin tahu apakah beli terpisah lebih murah atau lebih mahal.

 

Aku mencoba melihat penerbangan dan penginapan yang sama. Setelah aku total keduanya, aku cukup terkejut dan bersyukur enggak salah milih sudah menggunakan paket tiket hotel Traveloka. Karena ternyata harganya lebih murah daripada pesan terpisah. Alhamdulillah aku menghemat Rp 262.509 karena sudah memesan melalui paket tiket hotel Traveloka. Uang segitu kan bisa tambahan jatah jalan-jalan dan jajan selama di Lombok nanti. Memang enggak pernah salah pilih deh pakai Traveloka untuk urusan traveling, selalu bikin praktis dan bersahabat sama dompet.

Saatnya kembali bekarya sambil menanti hari liburan tiba. Yuk kita liburan dengan paket tiket hotel Traveloka. Buktikan sendiri kalau dengan paket tiket hotel Traveloka ini kita jadi lebih mudah, hemat waktu, dan hemat uang.

25 Comments

  1. Dari semua destinasi yg di rencanakan itu yg belom sempet ku datangi pantai pink. Jadi penasaran mau balik ke lombok lagi. Apalagi ada paketan traveloka gini

  2. aaak Lomboook
    Destinasi impian banget ini.
    Toslah mba, aku pun kalau kemana-mana mesti Traveloka dulu, baru deh aman untuk jalan

  3. Lombok juga salah satu tujuan ngetripku mbak. sampai sekarang belum kesampaian. semoga suatu saat bisa terwujud.

    btw itu untung banget ya mbak booking tiket pesawat dan hotel via traveloka, bisa mengemat sampe dua ratusan kan lumayan banget tuh.

  4. Wah asik nih liburan ke lombok. Pantainya bagus dan indah lagi. Terus untuk semua biaya bisa hemat dan dapat tiket kesana dapet dgn mudah lagi cukup klik traveloka aajja tinggal pilih destinasinya deh

  5. Ngebantu liburan banget dengan hemat waktu pesen-pesen tiket dan penginapan gitu ya kak, bisa hemat uang juga. Selamat menunggu datangnya liburan nanti 😀

  6. Ahai! Lombok, kesukaan aku. Saya justru penasaran dg daerah Sekotong ka. Di sana banyak Gili yg sepi tapi indah luar biasa. Cek aja di google : Gili Kedis. Pasti Kaka bakal penasaran dg bentuk pulaunya yg mirip Love

  7. Pengen juga sih liburan Desember, asal gak mepet yg natal atau tahun baru 😀
    Wah Lombok pengen jg ke sana.
    Skrng katanya udah jd kayak “Bali” kedua ya mbak?
    Semoga ada kesempatan ke sana, kapan2 ngepoin web traveloka jg ah pas waktu dan dompetnya pas 😀

  8. Bagus2 ya tempatnya, konon kabarnya lombok ini justru lebih bagus dri Bali. Benarkah? kapannnnnnnn coba punya kesempatan main ke sana (nangis).

    Apalagi sepertinya akses ke sana semakin mudah

    *Siap2 ngumpulin duit 😀

  9. Paket tiket-hotel dari traveloka memang lebih mudah,lebih murah dan saving time ya Teh…
    Gak perlu memesan tiket dan hotel secara terpisah, lebih praktis. Jenis pembayarannya pun banyak, asik banget…

  10. Wah ini dia, sudah lama ingin ke Lombok. Apalagi tempat wisatanya bagus-bagus ya mbak. Kalau ngeliat paket wisatanya sih kayaknya harus nabung jauh2 hari dulu deh. Lumayan juga ya biayanya.

    Oh ya hari ini aku coba traveloka kok gak bisa ya. Apa lagi maintenance ya.

    • Zafi itu siapa yaaaa? Kamu kok kepo sekali ahahahaha! Zafi nama anaknya temenku. Ini semua foto dan itinerary hasil kiriman dia. Akibat aku mupeng lihat liburan dia sekelaurga besar ke Lombok setahun yang lalu.

  11. Aku blm pernah ke lombok dan ingin sekali kesana. Traveloka emang membantu banget, kmrin aja pas last minute aku dpet hotel pas dibandung, emnag juara nih traveloka.

  12. pas banget, aku blm pernah ke lombok. karena khawatir budgetnys membengkak. belum lagi ribet ngurus dan menyusun destinasinya, nah kalau baca informasi begini kan setidaknya mengurangi kemumetanku, aku jd ada bayangan kira kira ke lombok perlu budget berapa, nginep dimana, naik apa, dan pakai aplikasi apa. alhamdulillaj makasij ya dian. semoga selain bali dan jogja aku bisa ke lombok jg tahun ini

  13. Wisata dalam negeri itu amazing banget harga tiketnya mahal ampun deh. Hahaha. 4 hari ya ini itin nya? Plus satu hari istirahat lah biar suami bisa masuk kerja dengan fresh kalau aku. Pengen ke Lombok cuma belum ada kesempatan.

  14. Aku gak akan lupa sama Gili Trawangan! Pantai itu gila bgt sih senjanya aku suka bgt. Luv. Aku juga selalu pesan tiket di traveloka pas mau jalan2. Nemuin pacar. Ah. Jadi kangen. Pesen tiket langsung apa nih? Wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *