Bersiap Menyambut Pembangunan MRT Jakarta Fase 2

Bismillahirrahmanirrahim,

pic source: MRT Jakarta

Di tahun 2008 lalu, saat pertama kali aku dan Mas Metra mengunjungi Singapore untuk pertama kalinya berduaan saja, kami sama-sama terkesima dengan sarana transportasi umum yang mereka miliki, MRT. Iya, kereta bawah tanah itu sukses bikin kami betah mengelilingi kota Singapore. Kenyamanan dan kecepatannya yang membuat kami senang menggunakan transportasi ini.

“Coba di Jakarta ada MRT juga ya,” ucapku kala itu. “Aku bakal senang sekali nanti, mau pergi kerja atau ke mall bisa naik MRT, cepat enggak macet.”

“Mimpi banget kamu. Susah kayaknya ada MRT di Jakarta.”

MRT Jakarta Bukan Lagi Mimpi

pic source: MRT Jakarta

MRT Jakarta hanya sebuah mimpi? Tentu saja tidak. Terbukti saat ini proyek MRT Jakarta Fase 1, dari Lebak Bulus ke arah Bundaran HI, sudah rampung sekitar 97% .

Bahkan hari selasa (6/11/2018) lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, didampingi oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, dan Direksi PT MRT Jakarta sudah melakukan uji coba menggunakan kereta MRT Jakarta dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, dengan tujuan Depo Lebak Bulus. WOW!

Tadi kita sudah bersama-sama mencoba kereta MRT dari Stasiun Bundaran HI sampai Lebak Bulus sepanjang 16 km. Proyek ini sudah selesai 97 persen, kurang tiga persen lagi. Saya berharap Maret 2019 sudah mulai beroperasi melayani masyarakat. Saat ini, kereta sedang diuji coba. Tadi kereta berada di kecepatan 60 km/jam, suaranya hampir tidak terdengar bisingnya, sangat bagus sekali

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia

Iya, rencananya, bulan Maret 2019 nanti MRT Jakarta Fase 1 ini akan mulai beroperasi. Kalau kita lihat website MRT Jakarta, sudah disediakan count down untuk menghitung mundur berapa lama lagi kita, aku, akan bisa menikmati MRT Jakarta.

MRT Jakarta Fase 2 Segera Dimulai

Kabar baik dari MRT Jakarta bukan saja akan segera selesainya proyek MRT Jakarta Fase 1, tapi juga MRT Jakarta Fase 2 akan segera dimulai.

Di hari yang sama dengan Pak Jokowi mengadakan uji coba MRT Jakarta, aku dan beberapa teman blogger menghadiri acara Market Forum The Commencement of Jakarta MRT Phase 2 yang bertempat di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta.

Rute yang akan dilalui dalam MRT Fase 2 ini adalah lanjutan dari MRT Fase 1. Jika rute sebelumnya adalah dari Lebak Bulus hingga Bunderan HI, maka untuk MRT Fase 2 ini akan mengambil rute Sarinah hingga Kampung Bandan. Heru Nugroho, Manager Proyek MRT Jakarta,  mengatakan bila dibandingkan tahap 1, tahap dua ini relatif lebih sulit pengerjaannya. Ada beberapa tantangan yang harus dilakukan dalam membangun MRT tahap dua ini, seperti:

  • Kondisi jalan Gajah Mada yang lebih sempit bila dibandingkan dengan jalan Sudirman- Tamrin
  • Sunga Ciliwung yang berada di sepanjang jalan Harmoni hingga Mangga Besar. Meski jalur kereta akan berada di sisi barat, tapi untuk akses jalur penumpang akan melintasi jalur sungai tersebut.
  • Kondisi tanah di area Gajah Mada juga tidak sama seperti di area Sudirman
  • Jalur fase 2 ini akan melewati beberapa bangunan bersejarah dan landmark, sehingga harus ekstra hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan

Cukup berat juga tantangan MRT Fase 2 ini. Kesulitan-kesulitan ini jugalah yang akan membuat MTR Fase 2 akan lebih lama pengerjaannya bila dibanding tahap 1. Diperkirakan baru akhir 2024 MRT Fase 2 ini akan selesai pembangunannya, dan di 2025 baru akan bisa beroperasi.

Deg-degan juga ya. Tapi aku optimis kok, insya Allah pengerjaan MRT Jakarta tahap 2 yang akan dikerjakan oleh pemerintah DKI Jakarta dan bekerjasama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) ini akan berjalan lancar. Yuk, kita berdoa bersama, biar semuanya dilancarkan. Biar nanti kita bisa jalan-jalan bareng di Jakarta menggunakan MRT.

Pokoknya mah aku akan enggak sabar menanti ibukota bebas macet.

wajah-wajah tak sabar menanti naik MRT Jakarta

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *