bismillahirrahmanirrahim,  

Jakarta – Daihatsu Xenia bersama kembarannya di low MPV, Toyota Avanza diketahui kerap memimpin pasar segmen ‘gemuk’ ini. Namun khusus Xenia, pada 2019 kemarin dilaporkan mengalami penurunan penjualan. Sebenarnya bukan hanya tahun lalu, melainkan beberapa tahun terakhirnya juga mengalami depresiasi. Salah satu penyebabnya adalah kapasitas produksi di pabriknya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra. Dirinya mengatakan bahwa pabrik Daihatsu sudah over capacity sejak setahun lalu lantaran lebih melayani permintaan ekspor Toyota Rush yang terus meningkat. Selayaknya “kakak beradik”, hal tersebut wajar terjadi di antara kedua brand ini.

Terkait penurunan penjualan Daihatsu Xenia juga membuat pabrikan mengalihkan konsentrasi ke produksi Sigra di segmen pasar LCGC. Penggenjotan ini pun dilakukan bukan tanpa sebab karena demi tetap menjaga pangsa pasar otomotif di Indonesia. Buktinya diklaim cukup berhasil dengan penjualannya yang naik meskipun tren LCGC mulai meredup. Namun alasan pokoknya dalam memilih Sigra sebagai suksesor kesuksean Xenia tentu tidak lepas dari ketersediaan pabrik untuk LCGC tujuh penumpang itu.

Kembali menyoroti penjualan Daihatsu Xenia, PT ADM justru tidak ambil pusing dan khawatir. Daihatsu Xenia dinilai turun penjualannya karena tidak punya kapasitas pabrik dan kompetensi di segmen yang berat ini. Sebagai gantinya, Daihatsu Xenia dibuat sengaja dilemahkan untuk membuka ruang lebih besar kepada Toyota Avanza.

Daftar Harga Daihatsu Xenia

Memasuki tahun 2020, harga Daihatsu terpantau stabil. Berikut daftar harga Daihatsu Xenia.

  • Grand New Xenia – X MT 1.3 STD – Rp 190.650.000
  • Grand New Xenia – X MT 1.3 DLX – Rp 202.600.000
  • Grand New Xenia – X AT 1.3 STD – Rp 201.550.000
  • Grand New Xenia – X AT 1.3 DLX – Rp 214.450.000
  • Grand New Xenia – R MT 1.3 STD – Rp 202.050.000

Spesifikasi Daihatsu Xenia yang Jadi Keunggulan

Daihatsu Xenia dibekali beragam fitur yang baik dan mampu memiliki performa yang mumpuni. Di generasi baru Daihatsu Xenia ditawarkan dalam 6 varian yaitu D, M, X manual, X otomatis, R manual, dan R otomatis. Pada varian-varian tersebut Xenia juga disodorkan dalam dua mesin pilihan, yaitu mesin 1.0 liter dan 1.3 liter.

Mesin 1.0 liter diklaim mampu mengeluarkan kekuatan maksimum 61 Hp serta torsi maksimum sebesar 90 Nm. Sementara itu, Daihatsu Xenia juga ada yang mesin 1.3 liter dengan teknologi mesin Dual VVT-I yang dapat hasilkan keluaran tenaga sebesar 95 Hp dan torsi puncak sebesar 121 Nm.

Dengan bekalan mesin tersebut, bukan performa yang jadi keunggulan Daihatsu Xenia, melainkan konsumsi BBM-nya yang terkenal irit. Semua itu didapat dari teknologi Dual VVT-I. Di atas kertas, konsumsi bahan bakar Daihatsu Xenia hanya sekitar 13,2 km/liter saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *