TRAC Alternative Pilihan Rental Mobil Saat Mudik Lebaran Nanti

Bismillahirrahmanirrahim,

persiapan mudik lebaran dengan TRAC

Memasuki bulan suci Ramadhan, memang banyak yang harus dipersiapkan. Bukan sebatas persiapan ibadahnya semata, tapi juga persiapan mudik lebaran. Aku tak sabar menanti lebaran tahun ini. Setelah 2 kali lebaran enggak mudik ke rumah mertua, tahun ini aku akan kembali berlebaran bersama mereka.

Yes. Aku bukan Bang Toyib yang 3 kali lebaran enggak pulang-pulang. Mudik ke rumah mertua sebenarnya adalah kegiatan yang aku tunggu-tunggu dan paling aku sukai. Sebagai seorang travel blogger, aku tak pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk jalan-jalan menikmati wisata yang ada di sekitar kota kelahiran Mas Met, Bondowoso.

Sayangnya ketika libur lebaran, Mas Met lebih memilih naik pesawat ke Surabaya, daripada membawa kendaraan sendiri dari Jakarta menuju Bondowoso. Capek, macet, dan keterbatasan waktu, menjadi alasannya.

Libur lebaran memang terasa berbeda sih dengan liburan lainnya. Jalanan akan lebih padat, mengingat mudik adalah tradisi di Indonesia, jadi hampir 80% penduduk Jakarta akan pulang ke kampung halaman masing-masing.

Tapi, aku kan ingin bisa jalan-jalan sekeluarga. Kapan lagi bisa mengajak ayah ibu berpelesir. Siapa tahu mereka juga ingin mengunjungi sanak keluarga di Situbondo dan Madura. Memang sih bisa rental mobil, tapi di kota kecil seperti Bondowoso, tak banyak pilihan. Belum lagi biasanya kalau saat lebaran, mobil-mobil yang disewakan itu dipakai pemiliknya.

TRAC Alternative Pilihan Rental Mobil Saat Mudik Lebaran

persiapan mudik lebaran dengan TRAC

Permasalahanku terpecahkan ketika aku menghadiri undangan dari TRAC hari Jumat lalu, 11 Mei 2018. Bertepat di Ocha & Bella, Jakarta Pusat, acara ini menghadirkan narasumber:

  • Sri Anindiati Nursastri, Editor Kompas Travel
  • Adinda Falla, Dokter dan Travel Blogger
  • Agus Riyadi, Chief Officer Operation TRAC

Memulai acara, Mbak Sastri menceritakan tentang trend mudik lebaran 2018. Bagaiman mudik lewat jalan darat bisa semakin menyenangkan karena sambil menikmati potensi wisata di daerah yang kita lewati. Aku senyum-senyum membenarkan hal ini.

Sudah beberapa kali aku melakukan hal ini. Mudik sambil jalan-jalan. Jalur yang kami lewati pun berbeda-beda. Berangkat lewat jalur utara, pulang lewat jalur selatan. Jadi kalau ditanya sudah pernah kemana saja di pulau Jawa, alhamdulillah, paling tidak aku pernah melewati sebagian besar wilayah pulau Jawa.

Sementara, Mbak Adinda Falla menceritakan pengalamannya ketika menggunakan jasa TRAC di Jakarta. Ini bukan kali pertama ia sewa mobil di TRAC. Hanya saja biasanya ia menyewa mobil saat liburan di luar kota. Ada beberapa point yang Mbak Falla kemukakan terkait pelayanan di TRAC ini:

  • Supirnya ramah, datang lebih awal dari waktu yang diminta.
  • Supirnya menguasai jalanan. Meski harus berada di 4 lokasi yang berjauhan, tapi Mbak Falla tiba tepat waktu di semua acara hari itu. Benar-benar tinggal duduk manis enggak perlu pusing mikirin jalanan.

Mendengar cerita Mbak Falla ini membantah cerita-cerita yang aku dengar kalau TRAC-Astra Rent a Car ini hanya untuk perusahaan. Tapi kenyataannya TRAC-Astra Rent a Car juga melayani personal rental.

Balik ke soal persiapan mudik lebaran, Mas Agus Riyadi menyampaikan kabar gembira yang juga menjadi solusi untuk persiapan mudik lebaran aku nanti: Promo Sewa Mobil Dapat Potongan Harga dan Gratis Tambahan Hari.

persiapan mudik lebaran dengan TRAC

 

Namanya juga peak season, kita harus sewa kendaraan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Tiket pesawat dan kereta api saja kabarnya sudah habis terjual. Nah, sewa kendaraan di TRAC jauh-jauh hari bukan hanya mencegah dari kehabisan, tapi juga diuntungkan. Ada promo paket sewa mobil early bird untuk mudik lebaran. Untuk sewa mobil selfdrive di tanggal 3-24 Juni 2018, ada harga lebih murah bila memesannya sebelum 31 Mei 2018.

Promo sewa mobil persiapan mudik lebaran di TRAC ini bukan hanya di memberikan potongan harga, tapi juga ada gratis tambahan hari. Bagaimana mungkin ini bukan kabar bahagia dan solusi untuk mudik? Biar enggak penasaran ini dia tabel harganya.

persiapan mudik lebaran di TRACPromo yang menarik bukan? Untuk reservasi tinggal menghubungi cabang TRAC terdekat atau telepon ke reservation call center TRAC (021) 877 877 87. Kalian juga bisat melakukan pesanan melalui rco.nasional@trac.astra.co.id.

Promo ini berlaku untuk penyewaan di seluruh cabang TRAC di Jakarta, Bandung, Karawang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Padang, Batam, Palembang, Lampung, Jambi, Balikpapan, Berau, Banjarmasin, Sangatta, Makassar, Manado, Denpasar, dan Mataram. Jadi enggak bingung lagi deh untuk libur lebaran nanti.

Ingin mudik ramai-ramai dengan keluarga besar? TRAC juga punya solusinya loh. Gunakan TRAC Bus Service saja untuk mudik bersama keluarga besar. Dari pada setiap keluarga bawa mobil masing-masing, ini akan mengurangi volume kendaraan, yang pasti jauh lebih seru ramai-ramai satu kendaraan.

4 Alasan Persiapan Mudik Lebaran dengan TRAC

persiapan mudik lebaran dengan TRAC

Mungkin masih ada yang berpikir, “Ah tetap lebih enak bawa mobil sendiri dari Jakarta sampai kampung halaman. Enggak apa-apa deh berhari-hari, bermacet-macet ria juga.” Ini dia alasan aku lebih memilih sewa mobil menggunakan TRAC untuk persiapan lebaran.

1. Menghemat odometer

Hei, jarak Jakarta – Bondowoso itu 970 km. Pulang pergi belum termasuk jalan-jalan artinya sekitar 1.940 km. Kok sayang ya sama mesin kendaraan.

2. Hemat waktu, mengurangi rasa letih

Enggak bisa dipungkiri, kemungkinan besar kemacetan di tol Cipali akan terjadi. Kalau sudah begitu, yang biasanya Jakarta – Bondowoso bisa ditempuh sekitar 30 jam non stop, pasti akan lebih lama lagi. Bisa-bisa baru 2 atau 3 hari kami baru tiba di rumah ibu. Padahal jatah libur hanya seminggu, rasanya habis di jalan.

Belum lagi capeknya. Karena aku sudah bertahun-tahun enggak punya sim, otomatis hanya Mas Met yang harus mengemudi.

3. Menghemat ongkos bengkel

Sewa mobil mahal? Tapi persiapan mudik dengan membawa kendaraan sendiri juga enggak kalah mahal. Kita harus ke bengkel terlebih dahulu, mengecek kesiapan kendaraan kita. Mesin, oli, ban. Kalau dihitung-hitung belum tentu lebih murah juga jadinya.

4. TRAC bisa dipercaya

Jujur, kadang suka takut-takut juga sih sewa kendaraan itu. Kita kan enggak tahu bagaimana perawatan kendaraannya. Atau kalau sewa kendaraan dengan drvier kita juga enggak tahu bagaimana pembawaan si driver-nya.

Aku pernah mengalami kecelakaan di Pasuruan ketika mudik lebaran beberapa tahun lalu. Pak supir terlalu ngebut dan enggak memperhatikan ada motor yang tengah menyeberang. Alhamdulillah enggak ada yang terluka parah. Hanya kondisi mobil cukup berat, hingga kami terpaksa mencari bengkel terdekat.

Yang bikin enggak enak dengan kejadian ini adalah, jadi omongan tetangga. Karena kebetulan kami menyewa kendaraan dari tenggaga. Kami siap bantu biaya bengkel, tapi baik pak supir maupun si pemiliknya mengatakan itu bukan tanggung jawab kami. Sayangnya ada anggota keluarganya yang tak sependapat, hingga akhirnya berita ang beredar di tetangga adalah kami mangkir.

Belajar dari pengalaman itu, sewa mobil memang harus dengan perusahaan yang bisa dipercaya, seperti TRAC. Ada kontrak sewa mobil, juga ada asuransinya.

Bagaimana? Sudah siap untuk mudik dengan TRAC? Perisapan mudik kalian seperti apa? Ayo cerita dong.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

2 Comments

  1. trac jadi trending topik nih kayaknya, emang sih recomended buat mudik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *