Finance

Persiapan Untuk Dukung Anak Sekolah Di Luar Negeri

bismillahirrahmanirrahim,

pic source: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-bangunan-siswa-perayaan-7713548/

Untuk masalah pendidikan, orang tua sebisa mungkin membebaskan anak untuk memilih sekolah yang ingin dimasuki. Bahkan ketika anak berencana untuk sekolah di luar negeri, maka orang tua harus memberikan dukungan 100%. Ini bisa ditunjukkan dengan membantu persiapan anak untuk sekolah di negara yang berbeda, karena seperti diketahui ada banyak persiapan yang harus dilakukan berbeda dengan sekolah di negaranya sendiri. Salah satu bentuk persiapan yang harus dipikirkan oleh orang tua adalah bagaimana biaya transfer ke luar negeri, saat ingin mengirim biaya bulanan anak untuk sekolah di sana. 

Karena tentu saja, biaya sekolah di luar negeri dan di Indonesia tingkatan dananya punya perbedaan. Untuk itu pastikan Anda memilih bank yang memberikan keringanan biaya transfer ke luar negeri. 

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Dukung Anak Sekolah Di Luar Negeri

Terkadang tidak hanya anak yang memilih untuk sekolah di luar negeri tapi orang tua juga punya harapan tinggi pada buah hatinya. Orang tua mengharapkan kemampuan anak akan lebih terlatih dan belajar mandiri saat sekolah di tempat yang jauh. Berikut beberapa persiapan untuk dukung anak saat sekolah ke luar negeri yang bisa dilakukan oleh orang tua.

  1. Membuat Sebuah Target

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah memikirkan atau membuat sebuah target terlebih dahulu. Anak-anak bersekolah di luar negeri ada yang masih di bangku sekolah atau ada juga yang sudah masuk ke perguruan tinggi. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, baik negara mana yang akan dituju dan sekolah atau universitas yang dipilih.

Pemilihan negara dan sekolah tentu harus didiskusikan dengan baik bersama anak. Agar anak tidak merasa terbebani, oleh pilihan orang tuanya saja tapi anak juga memang punya keinginan untuk masuk ke sekolah tersebut. Pikirkan juga bagaimana anggaran dana yang harus dipersiapkan, salah satunya dengan memikirkan biaya transfer ke luar negeri yang terbilang cukup tinggi pula. 

  1. Menghitung Biaya Sekolah

Perhitungan biaya sekolah ini biasanya tergantung dari tingkatan masing-masing. Artinya bahwa anak yang memilih sekolah di luar negeri pada level SMP dan SMA tentu akan berbeda biayanya, dengan yang memilih kuliah di luar negeri. Untuk penghitungan biaya sendiri perlu dipikirkan juga persentase kenaikan biaya setiap tahun. 

Tidak boleh lupa juga untuk melakukan perhitungan berdasarkan kurs mata uang negara yang dituju lalu Anda konversikan ke rupiah. Ini tentu akan membuat Anda lebih mudah untuk persiapan, biaya untuk anak sekolah di luar negeri. Jangan lupa juga untuk memikirkan biaya transfer ke luar negeri yang tidak murah.

  1. Berikan Edukasi Sebelum Pindah Ke Luar Negeri

Mengedukasi anak sangat penting sebelum Anda benar-benar melepasnya pindah ke negara lain. Apalagi bagi anak yang masih usia remaja dan belum pernah jauh pisah dari keluarga. Anda bisa membimbing anak untuk belajar mandiri, sejak dari rumah supaya nanti ketika pindah ke luar negeri tidak terlalu merasa kaget.

Edukasi anak juga mengenai budaya lain tempatnya tinggal nanti. Anda bisa belajar bersama anak untuk mempelajari budaya-budaya yang ada di negara. Meski Anda tidak bisa berdekatan dengan anak karena tuntutan pendidikan, setidaknya sudah memberikan sedikit bekal pada anak untuk memperjuangkan sekolahnya.

  1. Lakukan Investasi

Karena salah satu hal besar yang perlu dipersiapkan ketika anak akan kuliah di luar negeri adalah uang, maka salah satu solusinya yaitu dengan menabung atau investasi. Saat ini masyarakat memang lebih banyak berinvestasi apalagi untuk kategori investasi. Alasan utamanya tentu saja berinvestasi lebih memberikan banyak keuntungan jika dibanding menabung. 

Tetapi meski begitu Anda juga harus tahu bahwa harus memilih jenis investasi dan platform yang tepat. Untuk investasi, dalam waktu yang panjang Anda bisa pilih produk investasi yang semakin agresif. Pastikan untuk dana investasi dan dana bulanan keluarga tetap tidak mengalami bentrok, karena hal seperti ini hanya akan menyulitkan keuangan keluarga nantinya. 

Kirim Uang Ke Luar Negeri Dengan Transfer Valas Dari digibank by DBS

pic source: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangga-teman-teman-duduk-siswa-7972566/

Untuk yang  ingin menyekolahkan anak di luar negeri, tidak perlu khawatir masalah biaya transfer ke luar negeri saat ini. Karena Anda bisa memanfaatkan fitur transfer valas dari digibank by DBS.

Adapun biaya kirim uang ke luar negeri jadi lebih terjangkau berkat memanfaatkan fitur transfer valas ini. Berikut beberapa keunggulan dari fitur transfer valas yang ada di Aplikasi digibank by DBS. 

  • Akses 24/7, lewat digibank by DBS Anda bisa melakukan akses untuk melakukan transfer valas selama 24 jam, tanpa harus ke kantor cabang. Tinggal klik Aplikasi digibank by DBS saja dan transfer dana untuk Anda anak sekolah. 
  • Gratis biaya transfer, Anda juga tidak perlu lagi memikirkan biaya kirim uang ke luar negeri. Karena digibank by DBS memberikan gratis biaya transfer ke 20 negara tujuan dengan pilihan 7 mata uang. Mulai dari USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD dan juga GBP.
  • FX rate terkini, di digibank by DBS nilai tukar uangnya terbilang kompetitif dan juga terkini. Hal ini membuat biaya transfer ke luar negeri jadi jauh lebih ringan. 
  • Dana cepat dikirim, untuk masalah transaksi juga sangat cepat. Karena transaksi pengiriman dana ke luar negeri yang Anda lakukan, bisa sampai dihari yang sama dengan aturan, pengiriman sebelum batas waktu yang sudah ditentukan. 

Jika anak ingin melanjutkan studi ke luar negeri, orang tua perlu memberikan dukungan dan juga menyiapkan dana secara matang. Untuk biaya transfer ke luar negeri jangan lagi khawatir karena ada transfer valas di Aplikasi digibank by DBS. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.