Removable Wallpaper: Opsi Aksesoris untuk Mempercantik Interior Rumah Anda

bismillahirrahmanirrahim,

Enggak sedikit para pemilik hunian yang enggak memperdulikan dekorasi hunian miliknya, baik dengan anggapan suatu saat mereka akan hijrah ke tempat lain atau menyerahkan hunian tersebut kepada para pencari properti, baik menyewakan atau jual rumah tersebut. Bahkan ada beberapa orang yang berpikir terlalu banyaknya elemen dekorasi akan menyulitkan dalam proses perpindahan.

Disamping golongan tersebut, ada juga pemilik hunian yang mendekorasi total setiap elemen pada huniannya untuk memaksimalkan aktivitas sewa atau jual rumah. Dekorasi dalam huniannya dapat menjadi daya tarik serta nilai tambah harga sewa atau jual rumah tersebut.

Jika kamu adalah golongan yang pertama disebutkan, sebenarnya ada perangkat-perangkat dekorasi yang tidak terlalu dalam pemasangan maupun pelepasannya. Salah satunya yang saat ini berkembang di dunia desain interior adalah removable wallpaper. Removable wallpaper atau juga disebut wall decal secara singkat didefinisikan sebagai hiasan dinding yang dapat dilepas dengan mudah saat terpasang.

Bagi kamu yang berniat untuk menggunakan produk ini untuk mendekorasi ruang hunian kamu, berikut adalah sejumlah wawasan yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu tentang produk wallpaper tersebut.

Cara Kerja

Pada dasarnya, cara kerja wallpaper ini sama seperti cara kerja dari stiker. Rata-rata wallpaper ini diproduksi dengan perekat dalam sebuah lembaran. Kamu tinggal melepas lembaran tersebut dan langsung menempelnya (peel-and-stick). Namun ada juga yang dibuat tanpa menghadirkan perekat tersebut. Khusus tipe ini, anda memerlukan perekat lem untuk merekatkan wallpaper ke dinding ruangan. Tidak seperti walpaper standar yang membutuhkan perekat kuat, kamu cukup menggunakan perekat dengan tingkat rekatan rendah guna memudahkan saat melepasnya. Melalui tingkat kerekatan tersebut, untuk melepasnya saat kamu berkehendak untuk jual rumah tersebut, kamu tidak akan membutuhkan waktu yang lama

Prioritaskan Kondisi dan Ukuran Dinding

Kondisi dan ukuran dinding harus menjadi prioritas pertama yang harus kamu pastikan sebelum menempelkannya. Kondisi dinding tentu harus pada dalam kondisi yang terbaik, dan sebisa mungkin minim kecacatan seperti -bolong, benjol, atau cekungan-. Bukan berarti walpaper kamu tidak bisa menempel, hanya saja ketika permukaan dinding tidak halus, walpaper tersebut akan terasa tidak enak saat dipandang.

Tidak hanya kondisi, ukuran dinding pun harus diperhatikan. Pasalnya, jangan sampai saat kamu memesan wallpaper tersebut, ukurannya dapat melebih dinding tersebut atau terlalu kecil hingga tidak memiliki makna. Mengukur dinding sebelum memesan juga dapat memastikan komposisi yang tepat saat dua komponen tersebut dipadukan. Ini sangat diperlukan untuk memberikan kesan terbaik dalam estetika ruangan.

Rencanakan Konsep

Sama seperti wallpaper tradisional, sebelum memesan removable wallpaper pikirkan terlebih dahulu konsep dari ruangan tersebut. Jika konsep dekorasi interior yang kamu pilih adalah maksimalis, usahakan memesan wallpaper yang sangat colorful untuk meningkatkan kesan unik dan artistik dalam konsep tersebut. Kamu diperkenankan untuk memilih beragam ukuran dan pola jika memilih konsep maksimalis.

Berbeda dengan maksimalis, jika kamu memilih konsep dekorasi interior minimalis, ada baiknya untuk mengambil ukuran kecil dan pola yang sederhana pada dinding kamu. Salah satu contoh removable wallpaper yang paling make sense adalah motif siluet atau quotes. Ingat, minimalis merupakan konsep yang sangat mementingkan luasan ruang dan ketenangan dan sangat menarik minat untuk para pencari properti jual rumah. Jangan sampai kamu mengambil pola yang meriah karena dapat menghilangkan esensi dari konsep dekorasi interior tersebut. Ini juga akan menurunkan nilai saat Anda bergerak untuk menyewakan atau jual rumah tersebut kepada calon konsumen kamu.


dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *