[Review Buku] Aplikasi Pencari Rezeki, Memahami Konsep Rezeki dengan Cara yang Kekinian

Bismillahirohmanirohim,

Mas Metra menatap aku penuh selidik ketika aku tengah menikmati sebuah buku yang berjudul Aplikasi Pencari Rezeki. “Itu bukan berisi soal aplikasi-aplikasi mencari uang kaya judi kan?” tanyanya.

Menanggapi pertanyaannya otomatis aku tersenyum.  “Tenang saja, inysa Allah buku ini aman kok. Malah buku ini justru mengingatkan bagaimana mencari rezeki yang halal. Nih, lihat tagline di bawah judulnya ‘Rezeki berkah melimpah dengan konsep nilai dalam Islam’.”

Aplikasi Pencari Rezeki, Memahami Konsep Rezeki dengan Cara yang Keninian

Buku berwarna hitam dengan judul tulisan berwarna emas ini langsung memikat hatiku semenjak pertama kali aku melihatnya. Bukan cuma karena desain covernya yang simple tapi berkesan elegan saja, tapi karena judulnya yang bikin aku penasaran. Aplikasi Pencari Rezeki. Begitu tulisan yang tercetak dengan ukuran besar di sampul buku tersebut.

Awalnya aku pikir buku karangan Wusda Hetsa dan Achi TM ini semacam buku yang mengulas aplikasi pencarian pekerjaan atau semacamnya. Tapi ternyata aku salah. Buku ini masuk dalam kategori self help. Buku ini mengajarkan kita untuk memahami konsep rezeki dengan cara yang kekinian. Mari intip sedikit tulisan yang tertera di halaman belakang buku ini:

Rezeki berhubungan erat dengan rasa syukur terhadap segala sesuatu yang kita peroleh. Untuk memahami bagaimana ilmu Allah mengatur rezeki setiap manusia, kita bisa belajar dari para sahabat dan praktisi yang telah melalui tahap ini. Dalam buku ini akan dikupas mengenai esensi dari rezeki dan bagaimana rasa bahagia itu kembali. Ternyata antara rezeki dan bahagia itu ada hukum yang berlaku.

Alam Bawah Sadar Rezeki, Ubah Cara Berpikir Kita

“Cari uang itu susah.” Kalimat itu seringkali terdengar kala kita berbicara soal uang. Mindset seperti itu sudah tertanam di alam bawah sadar kita. Dengan berpikir seperti itu, bukan tak mungkin akhirnya rezeki kita menjadi seret karena pikiran kita sudah dipenuhi oleh hal-hal negatif.

Jadi, mulai sekarang mari kita buang pikiran-pikiran negatif. Penuhi pikiran dengan hal-hal yang positif.

Aplikasi Pencari Rezeki

Seperti yang sudah aku bilang sebelumnya, buku ini menjelaskan konsep rezeki dengan cara yang kekinian. Kenapa aku bilang begitu? Karena sesuai dengan judul buku ini, Aplikasi Pencari Rezeki (APR), dalam buku ini menjabarkan diri kita seperti smartphone.

Sebagai smartphone tentu kita bisa menyimpan berbagai file ke dalam Dropbox. Buatlah Dropbox Rezeki, dan masukkan file-file ini ke dalamnya:

  1. File rasa syukur
  2. File persahabatan
  3. File kenalan baik atau teman
  4. File hubungan keluarga yang baik
  5. File kesehatan
  6. File istri atau suami yang salehah atau saleh
  7. File anak-anak saleh
  8. File pekerjaan halal yang baik
  9. File kehormatan
  10. File ilmu pengetahuan atau kecerdasan
  11. File keimanan

Rezeki itu bukan hanya uang semata. Itu sebabnya ke-11 file ini adalah bentuk rejeki juga yang suka kita lupakan. Dropbox menyimpan banyak dokumen dalam hidup kita. Ketika suatu waktu kita membutuhkannya, kita bisa mengambilnya untuk membantu mencari rezeki.

Teknologi GPS (Global Positioning System)

Tentunya kita biasa dong menggunakan GPS yang ada di smartphone kita dalam mencari arah. Nah kalau biasanya GPS menggunakan satelit, untuk diri kita, yang menjadi sinyalnya adalah kekuatan hubungan kita dengan Allah (hablumminallah).

Software Takdir

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah diri mereka sendiri

Q.S Ar-Ra’d : 11

Dalam Islam kita mengenal istilah qadha dan qadar, ketetapan dan ukuran. Qadha adalah ketetapan Allah, sementara pilihan takdir adalah melakukan upaya terhadap yang telah ditetapkan Allah. Takdir manusia bukanlah mencapai sesuatu, melainkan untuk mengambil pilihan.

Games

Games yang ada di smartphone kita sebenarnya bukan hanya untuk relaksasi semata. Tanpa kita sadari kita membuat strategi dalam melakukan permainan. Coba tengok game Angry Birds, kita harus berpikir ke arah sudut mana ketapel kita tarik dan seberapa besar kekuatan saat melepaskan ketapel. Selain dirancang untuk membuat strategi, tingkat kesulitan tiap level sebuah game pun berbeda. Semakin tinggi levelnya tentu semakin sulit. Nah, begitu juga hidup kita. Seperti sebuah games kita harus membuat strategi, menganalisa, dan bersiap akan bertambah sulit setiap kita berhasil melewati sebuah masalah.

Positioning Doa

Doa adalah permohonan, permintaan, dan pengharapan.  Doa adalah gerbang pembuka kemustahilan.

Doa bukanlah “ban serep” yang dapat kamu keluarkan ketika dalam masalah, tapi “kemudi” yang menunjukkan arah yang tepat. Seringkali ketika kita hilang harapan dan berpikir ini adalah akhir dari segalanya, Tuhan tersenyum dari atas dan berkata, “Tenang, Sayang. Itu hanyalah bengkokan, bukan akhir!”

(Aplikasi Pencari Rezeki, halaman 149)

Lewat buku Aplikasi Pencari Rezeki ini dijelaskan untuk bermimpi secara spesifik. Mimpi itu harus spesifik, tujuannya agar apa yang kita inginkan akan kita perjuangkan bukan sekedar pemanis lisan.

Doa Terbaik adalah Alhamdulillah

Salah satu penyebab doa kita tidak dikabulkan karena kita lupa untuk bersyukur atas apa yang sudah kita miliki. Alih-alih bersyukur, kita malah mengeluhkan yang belum kita miliki. Tanpa kita sadari mungkin di luar sana justru ada yang memimpikan hidup seperti kita. Karenanya, jangan pernah untuk mengucap alhamdulillah.

Overall, menurut aku buku ini sangat menarik. Bukan saja karena memotivasi kita dalam mencari rezeki, tapi lewat buku ini aku, kita, diingatkan oleh penulis agar mencari rezeki yang halal. Kalian penasaran ingin membaca bukunya? Buku ini bisa didapatkan di toko buku offline maupun online.

assalamu alaikum,

dian ravi

DianRavi

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

22 Comments

  1. Ya penasaran dengan buku aplikasi pencari rezeki euy, trus emang bener banget ya kalo rezeki ga hanya berupa uang aja,mendapat tapi teman, sahabat yang baik, kesehatan termasuk rezeki yang berharga..

  2. Rezeki..selalu kita identik dan dengan uang..
    Tapi padahal yg namanya rejeki adalah segala sesuatu yg menentramkan..suami yg setia..anak yg gak bandel, teman yg baik..
    Ada yg banyak uang…tapi hati selalu kusut

  3. Buku ini membuka pikiran kita bahwa sebenarnya rezeki itu selalu ada, tinggal kita cara ‘menjemputnya’ gimana. Menarik nih ^^

  4. Buku banyak banget pesan moral yang diberikan ya mba,, Untuk menikmati semua pemberian Allah selalu bersyukurlah itu yang saya tangkap dari buku APR ini. Semoga banyak yang beli buku APR ini karena bagus sekali dan layak untuk dibaca.

  5. Bagus banget ih bukunya, menariik. Terutama di bagian 11 dropbox penyimpan file itu. Aku jd merasa diingatkan betapa banyak rejeki “tak dianggap” selama ini dlm hidup

  6. Aku baru aja belajar konsep kaya miskin beda dengan rezeki lapang sempit. Keknya buku ini cocok buat nambah referensi supaya rezeki makin berkah

  7. setuju mba kalau doa adalah kemudi dalam menentukan arah, jadi doa mengiringi aksi ya tidak berdoa saat kepepet aja

  8. konsep rejeki dalam buku ini bener bener beda banget ya dari yang biasa kita denger.. recommended banget lah buat ditamatin…

  9. “Cari uang susah” mindset kayak gini yang harus diubah ya mak, yang ada beneran susah dapet uangnya, hiks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *