Sakit Gigi? Ini Dia Cara Mengobati Sakit Gigi di Rumah

Bismillahirrahmanirrahim,

cara mengobati sakit gigi di rumah sendiri

Gigi cenat-cenut, dokter gigi susah dijangkau, butuh cara mengobati sakit gigi di rumah. Suka mengalami hal itu? Kebetulan keluarga aku sering mengalaminya.

Patah hati itu menyakitkan? Tenang saja, sakit gigi itu jauh lebih sakit rasanya. Kalau patah hati bisa kita obati dengan makan coklat atau es krim. Sementara ketika sakit gigi jangankan makan es krim, mendengar suara sedikit berisik aja rasanya semakin kesakitan.

Aku tahu rasanya sakit gigi karena aku pernah merasakannya saat SMP. Luar biasa serba salahnya. Enggak bisa senyum, enggak bisa makan, kepala cenat-cenut, mendengar suara berisik rasanya mau marah. Padahal aku tinggal tepat di jalur pesawat melintas, sehingga sudah dipastikan berisik sekali.

Untung saja hanya sekali itu aku merasakan yang namanya sakit gigi. Aku enggak pernah bisa membayangkan kalau sampai harus mengalaminya lagi. Tapi Mas Met dan papaku tidak seberuntung aku. Mereka justru sering sekali merasa sakit gigi. Dan masalahnya Mas Met memiliki trauma sama dokter gigi, sehingga sebisa mungkin aku harus bisa mengetahui cara mengobati sakit gigi di rumah sendiri. Papa juga sama, malas ke dokter gigi. Lebih senang mengobati sakit gigi di rumah saja katanya.

5 Cara Mengobati Sakit Gigi di Rumah

Buat yang mungkin mengalami sakit gigi dan belum sempat ke dokter gigi, ini aku share cara mengobati sakit gigi di rumah. Yuk ditengok cara-caranya.

1. Kumur air garam

Sepertinya ini cara paling klasik. Dari kecil sampai sekarang aku sering melihat papaku melakukan ini, kumur air gara bila sakit gigi. Air garam ini dapat mengurangi pembengkakan gusi dan membersihkan area yang terinfeksi. Caranya cukup mudah. Cukup larutkan satu sendok teh gara pada air panas dan gunakan untuk kumur-kumur.

2. Kunyah bawang merah mentah

Bawang merah yang memiliki sifat antiseptik dan antimikrobial merupakan obat sakit gigi yang alami. Bawang merah mampu mengendalikan rasa nyeri dan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Caranya gampang banget. Kunyah bawang merah selama beberapa menit di bagian sisi mulut yang terasa sakit.

3. Cuka

Baik cuka dapur maupun cuka apel mengandung antibakteri dan antimikrobial yang bisa digunakana untuk meredakan sakit gigi. Cuka ini bisa digunakan untuk mengurangi sakit gigi akibat gigi berlubang, caranya cukup kumur-kumur selama 30 detik di area mulut yang terasa sakit.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Minyak cengkeh dianggap bisa mematikan syaraf karena senyawa utama dalam minyak cengkeh adalah eugenol, anastesi alami. Tapi kita harus berhati-hati bila menggunakan minyak cengkeh untuk meredakan sakit gigi. Karena bila terkena lidah atau gusi yang sensitif yang ada akan membuat semakin terasa sakit.

Jadi yang harus dilakukan adalah tuang dua tetes minyak cengkeh pada kapas, tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit hingga rasa sakit berkurang. Bisa juga digunakan untuk gigi berlubang.

5. Minum obat pereda rasa sakit

last but not least, ini pilihan yang paling jarang dipilih sama Mas Met, minum obat pereda rasa sakit. Biasanya bila sakit gigi sudah tidak tertahankan lagi, obat-obatan pereda rasa sakit yang umumnya mengandung acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen menjadi pilihan untuk meredakan sakit gigi. Obat-obatan ini cukup mudah dibeli di apotik. Hanya saja baca dulu efek samping yang ada. Karena belum tentu semua orang cocok.

Itu dia lima hal yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit gigi di rumah. Mencegah memang sudah pasti lebih baik dari pada mengobati. Rajin sikat gigi jelas harus dilakukan untuk menghindari adanya masalah-masalah pada gigi. Selain itu mengunjungi dokter gigi juga harus dilakukan setidaknya dua kali dalam setahun untuk perawatan gigi.

Gimana, sudah pada bisa tersenyum cemerlang karena tidak lagi sakit gigi?

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

7 Comments

  1. Tengkyu pisan tips cara mengobati sakit gigi di rmh.. yg gw tau baru kumur2 pake air garem dan itu aja udh ngaruh bgt.. hee.. jadi punya alternatif lain klo nanti ada yg sakit gigi lagi..

  2. Biasanya aku kumur air garam aja mbak.. Aku gak bisa bayangin kalo kunyah bawang merah mentah. Mending sakit aja deh kalo aku. Hehehe

  3. Dlu saya sering bgt sakit gigi pas kecil, kalau belum sempet ke dokter gigi biasanya langsung kumur air garem, ngilu sih pas kumurnya, tapi emang cepet mendingan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *