Pengajuan Kredit di Tunaiku Tak Disetujui, Apa Sebabnya?

bismillahirrahmanirrahim,

Namanya hidup, pasti memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, bagaimana kalau dana yang Anda miliki tidak mampu mencukupi segala kebutuhan tersebut dalam satu waktu? Untuk mengatasinya, Anda bisa ajukan kredit tanpa agunan online di aplikasi Tunaiku. Namun, pengajuan ini bisa saja tak disetujui. Kenapa bisa begitu?

1. Syarat Pengajuan yang Tak Lengkap

Salah satu hal yang menyebabkan pengajuan kredit di aplikasi Tunaiku tak disetujui adalah syarat yang tak lengkap. Seperti lembaga keuangan lainnya, untuk mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan, ada syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi. Kalau ada salah satu dari syarat tersebut tidak ada, maka sudah dapat dipastikan kalau kredit akan ditolak.

Untuk itu, Anda harus melengkapi semua persyaratan meminjam di Tunaiku lebih dulu. Syarat meminjam di sini mudah, kok! Anda hanya harus seorang WNI dan tinggal di lokasi yang telah ditentukan. Selain itu, Anda juga diharuskan memiliki usia minimal 21 tahun saat mengajukan, memiliki nomor rekening dan memiliki pendapatan minimal 3 juta per bulan.

Jika persyaratan di atas sudah Anda lengkapi, tinggal buka saja aplikasi Tunaiku melalui ponsel Anda. Isi formulir pengajuan pinjaman yang disediakan. Setelah itu, tunggu proses verifikasi dari pihak Tunaiku. Tak lama, hanya sekitar 24 jam saja. Bila ditolak, itu berarti masih ada yang salah dengan syarat yang Anda sediakan.

2. Masih Memiliki Pinjaman di Tempat Lain

Penyebab lainnya yang membuat pengajuan kredit tanpa agunan online di aplikasi Tunaiku Anda ditolak adalah Anda masih memiliki pinjaman di tempat lain. Sebenarnya tak masalah bila Anda masih memiliki pinjaman di tempat lain ini, asalkan Anda bisa melakukan pembayaran dengan baik di pinjaman sebelumnya.

Riwayat kredit Anda harus dijaga untuk mendapat kesempatan meminjam dana di aplikasi Tunaiku. Pastikan pembayaran pinjaman tersebut tepat waktu dan Anda juga masih mampu untuk membayar semua angsuran tiap bulan pada tanggal jatuh tempo. Jika ternyata Anda tak bisa membayar dengan baik pada kredit sebelumnya, otomatis pinjaman tak akan didapat.

3. Riwayat Kredit yang Buruk

Lalu, penyebab lain kenapa pengajuan kredit tanpa agunan online di Tunaiku Anda bisa ditolak adalah Anda memiliki riwayat kredit yang buruk. Sebenarnya, hal ini masih berhubungan dengan poin nomor dua. Tapi, yang satu ini tetap mengikuti Anda meskipun pinjaman di tempat lain sudah lunas.

Saat Anda mengajukan pinjaman, pihak Tunaiku akan memverifikasi data Anda dengan melalui BI Checking. Semua lembaga keuangan pemberi pinjaman biasanya akan melakukan hal yang sama untuk melihat riwayat kredit Anda. Kalau riwayat kredit Anda buruk, misalnya saja Anda pernah mengalami kredit macet atau gagal bayar, otomatis tak akan dikabulkan.

Sedangkan bila riwayat kredit yang tercatat pada BI milik Anda bagus, maka tentunya akan mudah bagi Anda mendapatkannya. Kalau Anda belum pernah meminjam dana di bank atau lembaga keuangan lainnya sebelumnya, sebenarnya juga agak sulit mendapatkan pinjaman ini.

Bila Anda pernah memiliki KPR atau kredit kendaraan sebelumnya dan riwayatnya bagus, ini bisa jadi bahan pertimbangan pihak Tunaiku untuk memberi pinjaman pada Anda. Dengan begitu, pinjaman Anda akan lebih mudah dikabulkan.

Jadi, apa ada sebab pinjaman kredit tanpa agunan online ditolak yang Anda lakukan di atas? Kalau iya, memang akan sulit mendapatkannya. Kalau masalahnya ada pada nomor satu, cukup mudah mengatasinya. Sedangkan bila pada nomor dua dan tiga, maka Anda harus memperbaiki dulu riwayat kredit Anda meskipun sebenarnya susah.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *