Finance

Sederet Kerugian Membeli Mobil Cash Ketimbang Bayar Kredit

bismillahirrahmanirrahim,

https://www.pexels.com/photo/man-inside-vehicle-13861/

Saat hendak membeli sebuah kendaraan roda empat, Anda bisa menggunakan metode pembayaran kredit atau tunai. Kedua sistem pembayaran ini sering menjadi perdebatan di kalangan nasabah yang hendak membeli mobil baru. Kenapa demikian? Pasalnya kredit vs cash mobil menjadi metode transaksi yang memiliki manfaat serta kekurangannya masing-masing.

Jika Anda ingin membeli mobil tetapi belum memiliki dana yang cukup, maka metode kredit mobil sangat disarankan. Pasalnya pihak leasing akan membayar sejumlah harga mobil yang Anda inginkan. Namun Anda harus mencicil tagihan mobil tersebut setiap bulannya hingga mobil tersebut lunas. Selain itu, Anda juga tidak akan secara bebas menggunakan mobil karena belum sepenuhnya menjadi milik Anda.

Beda halnya dengan membeli mobil secara cash. Anda bisa mendapatkan diskon beli mobil cash dan tentunya pilihan mobil yang ditawarkan lebih banyak sesuai budget yang Anda miliki. Meskipun demikian, Anda harus memiliki sejumlah dana yang besar untuk membeli mobil secara tunai. Hal ini akan memberatkan Anda jika tidak memiliki uang lebih.

Selain harus memiliki uang lebih, Anda juga harus memikirkan kerugian lainnya saat membeli mobil dengan uang tunai. Lalu, apa saja kekurangan membeli kendaraan roda empat dengan uang cash? Penasaran apa saja informasinya? simak informasi lengkapnya di bawah ini.

5 Kerugian Membeli Mobil Secara Tunai

https://www.pexels.com/photo/black-white-and-blue-vehicle-110842/

Sebelum yakin membeli mobil secara tunai, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apa saja kerugian yang akan didapatkan jika melakukan pembayaran mobil secara cash. Untuk mengetahui apa saja kerugian membeli mobil secara kontan, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Tidak Memiliki Asuransi

Perlu Anda ketahui bahwa saat membeli mobil secara cash, Anda tidak akan mendapatkan asuransi dari pihak dealer. Asuransi ini tentunya berguna untuk melindungi kendaraan jika sewaktu-waktu ada kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Jika tidak memiliki asuransi, tentunya Anda harus memiliki dan cadangan dana untuk memperbaiki mobil jika rusak. Setidaknya Anda harus memiliki uang simpanan 1 juta lebih untuk perbaikan mobil.

2. Tidak Jadi Prioritas Dealer

Dalam bidang ini terdapat sebuah istilah “indent order” yang dimana saat Anda membeli mobil secara tunai Anda harus menunggu setidaknya 2 bulan. Hal ini karena pihak dealer lebih mengutamakan nasabah yang membeli secara kredit karena mereka akan mendapatkan bonus lebih. Jadi Anda harus lebih bersabar jika ingin membeli mobil secara cash.

3. Tidak Memiliki Dana Simpanan

Harga mobil yang tentunya tidak murah mengharuskan Anda untuk menggunakan semua tabungan yang dimiliki sehingga tidak ada dana simpanan. Apalagi jika Anda tidak memiliki penghasilan besar, maka hal ini akan sangat memberatkan. Namun, hal ini akan berbeda jika Anda sudah mempersiapkan dana darurat dan budget untuk membeli kendaraan roda empat yang diinginkan.

4. Harga Lebih Mahal

Kerugian membeli mobil dengan uang cash yang selanjutnya adalah harga yang ditawarkan oleh pihak dealer akan lebih mahal. Bahkan harga minimalnya bisa mencapai Rp. 100 juta untuk satu mobil. Apalagi jika Anda hendak membeli mobil Low Cost Green Car atau mobil murah ramah lingkungan, setidaknya Anda harus menyiapkan dana mulai dari Rp. 100 juta hingga Rp. 170 juta.

5. Informasi Debitur Tidak Up To Date

Selain beberapa kerugian di atas, ada kerugian lainnya yang harus Anda pertimbangkan. Saat hendak membeli mobil secara kredit, secara tidak langsung Informasi Debitur atau iDEB akan terupdate. Bahkan jika Anda tidak pernah menunggak cicilan, hal ini akan menjadi catatan yang baik dalam SLIK OJK. Namun hal ini tidak berpengaruh jika Anda membeli mobil secara kontan.

Setelah mengetahui apa saja kerugian membeli mobil cash, apakah Anda masih yakin untuk membeli mobil kontan? Tentunya Anda harus menghindari setiap kemungkinan kerugian yang akan dihadapi nantinya. Dengan demikian, kami sangat menyarankan untuk mengajukan kredit mobil untuk mendapatkan kendaraan roda empat impian.

Dapatkan Kredit Mobil Murah di Maybank Finance

Untuk mendapatkan pilihan mobil yang diinginkan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan uang banyak, Anda bisa menggunakan jasa Maybank Finance. Sebagai lembaga pembiayaan yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan, Maybank Finance akan membantu Anda untuk membeli mobil baru maupun bekas.

Maybank Finance menawarkan kredit mobil dengan bunga yang rendah mulai dari 5,88%. Tidak hanya itu, Anda akan disuguhkan dengan promo pilihan menarik lainnya seperti adanya cashback hingga Rp 30 ribu untuk angsuran pertama dan cashback hingga Rp 1 juta jika mengajukan kredit di aplikasi PKM. Menarik bukan?

Tidak hanya promo, Maybank Finance juga selalu terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah. Salah satunya adalah Anda bisa membayar cicilan bulanan menggunakan aplikasi GoPay. Anda juga bisa menghubungi pihak call center Maybank Finance mulai dari jam 08.00 hingga pukul 15.00 wib. Tentunya hal ini memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin berkonsultasi dengan pihak Maybank Finance.

Jika Anda masih awam mengajukan kredit mobil, maka tidak perlu khawatir pasalnya Maybank Finance menyediakan fitur simulasi kredit yang dapat Anda akses di laman Maybank Finance sendiri. Anda juga menggunakan fitur menarik lainnya seperti lelang mobil, pemanggilan debitur, aktivasi Vospay, Aksesku, hingga aplikasi kredit.

Nah jika Anda sudah mengetahui kelebihan serta kekurangan antara kredit vs cash mobil, kini saatnya Anda menentukan pilihan mobil yang diinginkan dan segera kunjungi Maybank Finance terdekat untuk mendapatkan mobil impian tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena disini Anda bisa membeli mobil dengan proses yang super cepat dan syarat yang mudah. Jadi, tunggu apalagi?

Sumber:
https://lifepal.co.id/media/kerugian-membeli-mobil-cash-ketimbang-bayar-kredit/
https://otodriver.com/tips/2021/keuntungan-dan-kerugian-membeli-mobil-secara-tunai-atau-
kredit-keucfbehdit
https://benefits.bankmandiri.co.id/article/4-kerugian-membeli-mobil-cash-yang-tidak-banyak-
orang-sadari

Leave a Reply

Your email address will not be published.