kisah-seaptu
Lifestyle

Kisah Sepatu-Sepatu Wanita dalam Meraih Kesuksesan

Bismillahirohmanirohim,

pic source: pixabay

A journey of a thousand miles begins with a fabulous pair of shoes.”

Sepatu. Sebuah alas kaki yang biasanya terdiri dari sol, hak, kap, tali, dan lidah. Wujudnya menutupi mulai dari jari jemari, tumit, hingga punggung kaki. Fungsinya utamanya jelas. Melindungi kaki kita. Seiring waktu berjalan, tak jauh berbeda dengan pakaian, sepatu kini bukan sekedar alas kaki saja. Sepatu adalah benda fashion yang bisa membuat kita semakin merasa keren kala mengenakanannya. Kalau alas kaki yang kita pilih tepat, maka kepercayaan diri pun akan melesat pesat.

“Give a girl the right shoes, and she can conquer the world,” begitu kata Marilyn Monroe. Tak heran memang mengingat ada banyak jenis sepatu perempuan saat ini.  Mulai dari sepatu datar hingga berhak tinggi. Terbuka menampakkan jari jemari atau pun tertutup.

Jenis-Jenis Sepatu Wanita

“Memangnya ada berapa banyak macam sepatu?” Jawaban untuk pertanyaan itu adalah: BANYAK sekali. Dan sudah tentu setiap jenis alas kaki memiliki namanya sendiri-sendiri. Apakah kalian sudah mengenal jenis-jenis sepatu wanita? Yuk kenali dulu beberapa jenis sepatu wanita yang umumnya menjadi favorit.

1. Flatshoes

Sesuai dengan namanya, sepatu jenis ini berhak datar. Mungkin ini adalah jenis sepatu paling tua di bumi ini. Sebagaimana dalam sejarah alasan sepatu diciptakan agar melindungi telapak kaki agar tidak tertusuk benda tajam. Jenis sepatu ini juga dianggap paling aman dan sehat diantara jenis-jenis sepatu wanita lainnya. Karena tidak akan membuat kaki pegal meski dipakai seharian.

2. High Heels

Dalam sejarahnya, high heels pada mulanya diperuntukan untuk kaum pria. Awalnya sepatu high heels digunakanan oleh tentara pasukan penunggang kuda agar mengamankan posisi saat memanah dari atas kuda. Dalam cerita sejarah lainnya, di Turki pada adab IV SM, sepatu hak tinggi ini digunakan untuk melindungi kaki dari lumpur. Tapi saat ini high heels dianggap sebagai simbol keanggunan.

3. Wedges

1973, Salvatore Ferragamo menciptakan sepatu dengan sol tebal dan tinggi sejajar dengan lantai. Ini menjadi pertama kalinya sepatu jenis wedges diperkenalkan ke dunia. Sepatu jenis ini cocok digunakan jika kita ingin terlihat lebih tinggi tapi tidak terbiasa menggunakan high heels. 

4. Stiletto

Sepatu ini merupakan transformasi dari jenis high heels. Mulai populer di tahun 2000’an karena dapat membuat kita lebih jenjang dan panjang. Yang membedakan dengan high heels adalah hak pada sepatu ini lebih runcing dan tipis.

5. Sneakers

Ini adalah jenis sepatu kesukaan aku beberapa tahun terakhir ini. Sepatu dengan sol datar yang terbuat dari karet dan bahan kanvas ini rasanya paling nyaman untuk traveling.  Sepatu ini muncul di awal 1800-an di Amerika. Istilah sneakers pada jenis sepatu ini karena saat kita melangkah cenderung tidak bersuara seperti sedang mengendap-endap.

6. Boots

Sepatu koboi, begitu aku biasa menyebut jenis sepatu ini. Biasanya sepatu ini terbuat dari bahan suede atau kulit. Menurut aku sih lebih cocok digunakan saat cuaca dingin. Tinggi sepatu boots ini ada yang sebatas mata kaki tapi ada juga yang sampai lutut bahkan paha.

Enam jenis sepatu yang aku sebutkan tadi hanya sebagian kecil dari jenis-jenis sepatu wanita yang terus berkembang hingga saat ini.

Menjadi remaja di era 90’an membuat aku sangat akrab dengan serial Sex and The City. Carry Bradshaw yang menjadi tokoh utama dalam serial itu adalah penulis artikel sekaligus pecinta fashion. Diantara fashion items yang dia sukai, sepatu adalah favorit utamanya.  “Men, I may not know. But shoes, shoes I know,” begitu kilahnya setiap kali kisah cintanya kandas.

Aku terpesona bagaimana Carry Bradshaw memadupadankan tas sepatu dalam gaya fashionnya. Tentu saja saat itu agak sulit untuk bisa meniru gaya Carry Bradshaw mengingat masih terbatasnya jumlah pusat perbelanjaan di ibukota tempat aku tumbuh besar.

Beruntung saat ini sudah banyak yang berubah. Bukan saja pusat perbelanjaan bertambah banyak, tapi juga dengan hadirnya toko-toko online dengan mudahnya kita melakukan transaksi belanja. Mau meniru gaya Carry Bradshaw, aku hanya perlu membuka situs MatahariMall. Bagaimana dengan kalian? Jenis sepatu apa yang kalian suka?

Jangan lupa ceritakan di kolom komentar ya. Jangan kalah dengan cerita Cinderella yang sudah membuktikan kalau hanya karena sepatu bisa mengubah kisah hidupnya.

assalamu alaikum,

dian ravi

DianRavi

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

3 Comments

  1. Favorit saya yang hak datar pastinya. Pakai hak yang agak tinggi dikit, baru jalan bentar udah pegal. Apalagi pernah pengalaman jatuh dan kemudian keseleo. Hihihi…

  2. Sneacker ku suka, ringan dan gak capek makainya

  3. sering mikir wanita yg pake high heel setinggi burj khalifa itu kok bisa jalan dan nyaman ya..

    high heel jaman dulu yg buat pria bentuknya gimana ya?? wkwkkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *