Kuliner

Sereal Sehat yang Bisa Menjadi Sarapanmu

bismillahirrahmanirrahim,

Sereal adalah makanan sarapan yang sangat populer. Mudah dan nyaman bagi mereka yang menjalani gaya hidup sibuk. Sayangnya, sereal yang banyak beredar di pasaran, seringkali sarat dengan gula tambahan dan bahan-bahan tidak sehat lainnya.

Selain itu, sereal bisa jadi lebih mudah dimakan karena banyak jenis makanan lain yang kekurangan serat dan protein, padahal serat dan protein penting untuk meningkatkan rasa kenyang. Kabar baiknya adalah ada beberapa alternatif bergizi yang tersedia, baik varietas do-it-yourself (DIY) maupun merek yang dapat kamu beli di toko.

Pilih Sereal Sehat Favorit Kamu Sekarang Juga

Kira-kira dari 5 jenis sereal ini, mana yang membuat kamu ingin mencobanya?

1. Oat

Gambar: Gonutify.com

Oat adalah pilihan sereal bergizi. Oat biasanya digulung atau dihancurkan dan kemudian dikonsumsi sebagai oatmeal, atau bubur. Kamu juga bisa menambahkan berbagai toping seperti kacang almond, buah-buahan dan juga madu. Terkadang oat juga diolah sebagai camilan sehat, bagi mereka yang menghindari tepung terigu.

Kacang oat tergolong dalam biji-bijian, maka oat kaya akan serat dan nutrisi penting. Satu porsi 1/2 cangkir (117 gram) oat menyediakan 4 gram serat dan 68% kebutuhan harian kamu untuk mangan, 18% untuk fosfor dan selenium, dan 16% untuk seng.

Oat juga menyediakan sejumlah besar vitamin B, zat besi, dan magnesium. Oatmeal sangat serbaguna dan dapat disiapkan dengan berbagai cara. Oatmeal sering direbus dengan air atau susu. kamu juga bisa membuat oat “semalam”, yang direndam dalam susu atau yogurt selama beberapa jam sehingga siap disantap di pagi hari untuk sarapan. Nah kalau kamu suka oatmeal dan mau yang praktis namun tetap sehat, bisa coba cek gonutify.com untuk produk-produk sereal pilihan.

2. Muesli DIY

Gambar: runnersworldonline.com.au

Muesli adalah jenis sereal yang sehat dan lezat. Biasanya dibuat dengan kombinasi gandum gulung, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering.

Meskipun mirip dengan granola, muesli berbeda dalam hal dikonsumsi mentah, atau tanpa dipanggang. Selain itu, umumnya tidak mengandung minyak atau pemanis tambahan.

Kombinasi biji-bijian dan kacang-kacangan menjadikan muesli sebagai sumber protein yang sangat baik, menyediakan sekitar 8 gram per porsi satu cangkir (85 gram). Muesli ini juga mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Kamu dapat menurunkan kandungan karbohidrat muesli secara signifikan dengan membuat versi tanpa biji-bijian, yang dapatdibuat dari serpihan kelapa, kacang-kacangan, dan kismis.

3. Granola buatan sendiri

Gambar: chelseasmessyapron.com

Granola buatan sendiri juga bisa menjadi pilihan sereal yang sangat sehat. Biasanya dibuat dengan memanggang kombinasi gandum gulung, kacang-kacangan, dan buah kering di dalam oven hingga menjadi renyah.

Sebagian besar jenis granola mengandung cukup banyak protein dan lemak sehat. Selain itu, ia menyediakan beberapa vitamin dan mineral, termasuk fosfor, magnesium, mangan, dan vitamin B. Terlepas dari kandungan nutrisinya, granola yang dibeli di toko cenderung sarat dengan tambahan gula, itulah mengapa yang terbaik adalah membuatnya sendiri.

Perlu diingat bahwa granola mengandung kalori yang cukup tinggi. Satu porsi cangkir (122 gram) menyediakan hampir 600 kalori. Untuk alasan ini, paling baik dimakan dalam jumlah sedang. Untuk menjaga asupan kamu terkendali, pertahankan ukuran porsi sekitar 1/4 cangkir.

4. Sereal Crunch Kayu Manis DIY

Gambar: gnom-gnom.com

Ada beberapa jenis sereal “cinnamon crunch” yang enak di pasaran. Tetapi banyak dari mereka mengandung gula tambahan yang tinggi, yang dapat kamu hindari dengan membuat versi sehat kamu sendiri menggunakan biji rami , biji rami, kayu manis, jus apel, dan minyak kelapa. Satu porsi sereal ini menyediakan sekitar 5 gram protein pengisi dan jauh lebih rendah karbohidrat daripada sereal yang dibeli di toko.

5. Sereal Gandum Bertunas

Gambar: fannetasticfood.com

Resep sereal biji-bijian bertunas, yang cukup sehat untuk kamu coba. Biji-bijian yang sudah bertunas dibiarkan bertunas, atau berkecambah, yang membuatnya lebih mudah dicerna dan lebih tinggi nutrisinya daripada biji-bijian yang belum berkecambah.

Sereal bertunas ini memiliki serat dan protein yang cukup tinggi dan tidak mengandung gula tambahan. Satu porsi 1/2 cangkir (57 gram) mengandung 23% dari kebutuhan serat harian kamu dan 8 gram protein. Selain itu, sereal biji-bijian yang tumbuh menyediakan cukup banyak kalium, yang penting untuk kesehatan jantung.

Pilih Salah Satu Sereal dan Cobalah Membuatnya di Rumah

Apakah kamu sudah ingin mencoba salah satu sereal tersebut? Jika sudah bagikan komentar kamu tentang sereal yang kamu coba di kolom komentar ya! Bagikan juga tips sereal sehat kamu di kolom komentar jika ada. Selamat mencoba!

1 thought on “Sereal Sehat yang Bisa Menjadi Sarapanmu”

  1. cereal crunch menggoda buat dibikin sendiri
    aku suka sereal tapi nggak pernah bikin sendiri mbak, mungkin seringnya beli itupun nggak semua tempa atau cafe punya menu ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *