Finance

Syarat Mudah Pinjaman Online Aman dan Cepat

bismillahirrahmanirrahim, 

Mudahnya syarat melakukan pinjaman online menjadi alasan mengapa banyak orang menjadikannya sebagai solusi keuangan mereka. Namun, saat ini tak sedikit kasus tentang masalah pinjaman online ini.

pinjaman online

Pinjaman online tak selalu membawa masalah. Kamu hanya perlu selektif
memilih pinjaman online yang aman. Mudah kok, pilih yang telah berada di bawah naungan OJK.

Fintech yang mendapat ijin OJK biasanya membebankan bunga kurang dari 1% dalam sehari. Mereka juga menggunakan cara-cara yang baik dalam hal penagihan. Selain itu, tidak ada pungutan sebelum pinjaman dicairkan.

Jika kamu menemukan pinjaman online yang menyimpang dari ciri di atas, bisa dipastikan itu ilegal. Syarat pengajuan pinjaman online legal biasanya juga tidak menyulitkan. Justru cenderung mudah dan cepat.

Syarat Mudah Mengajukan Pinjaman Online

pinjaman online

Secara umum, pinjaman online dibagi menjadi dua macam, pinjaman online cepat cair dan regular. Pinjaman reguler adalah pinjaman tanpa agunan dan dibuat oleh bank konvensional.

Pengajuan pinjaman ini dilakukan secara online dengan syarat yang hampir sama dengan pinjaman langsung di bank. Sedangkan pinjaman online tak jauh beda, hanya ia dilakukan oleh lembaga keuangan.

Untuk kamu yang berencana melakukan pinjaman online, berikut syarat-syarat yang harus kamu persiapkan:

1. Harus warga negara Indonesia

Syarat mutlak dari calon peminjam online adalah mereka harus warga negara indonesia. jika bukan warga negara indonesia sudah dipastikan tidak dapat melakukan pinjaman online.

Selain itu, jika belum berusia minimal 21 tahun, maka kamu juga tidak
diperbolehkan melakukan pinjaman. Usia yang memenuhi syarat pinjam adalah antara 21 tahun hingga 60 tahun.

Karena pada usia ini rata-rata peminjam telah memiliki gaji bulanan atau
pekerjaan tetap. Jadi dipastikan mereka tidak akan kesulitan saat membayar angsuran.

2. Telah memiliki NPWP

Selain KTP, dokumen yang akan masuk syarat pinjaman online adalah NPWP. Jika kamu belum memilikinya, bisa mendaftar terlebih dahulu. NPWP ini nantinya akan jadi pertimbangan layak dan tidaknya pengajuan pinjaman online kamu.

NPWP kadang juga tidak menjadi syarat mutlak saat mengajukan pinjaman
online. Namun untuk jaga-jaga, kamu bisa mempersiapkannya.

Tak sedikit juga fintech yang meminta kamu untuk melampirkan kartu tenaga kerja maupun BPJS Kesehatan. Jadi pastikan kamu telah mempersiapkan semua berkasnya.

3. Memiliki penghasilan tetap

Kamu tidak akan dapat melakukan pinjaman online jika tidak memiliki pekerjaan tetap. Agar lolos seleksi, setidaknya kamu harus sudah bekerja paling sebentar 3 bulan atau lepas masa training.

Pendapatan yang kamu miliki setidaknya harus setara dengan UMR yang ada di kota kamu. Jika pinjaman kamu masih di bawah itu, maka pihak bank akan menolak pengajuan kamu.

4. Menyertakan slip gaji tiga bulan terakhir

Slip gaji biasanya diminta saat kamu akan melakukan pinjaman online. Slip gaji ini nantinya akan digunakan untuk berapa jumlah kredit yang akan diberikan. selain itu, juga digunakan untuk mengukur kemampuan mengangsur si calon peminjam.

Selain slip gaji tiga bulan terakhir, kamu juga harus memiliki buku rekening yang sesuai dengan identitas pada KTP.

Rekening bank juga menjadi salah satu syarat pengajuan pinjaman online yang wajib dipenuhi. Ini adalah syarat mutlak yang harus kamu penuhi jika ingin pinjaman kamu cepat cair.

Jika syarat diatas sudah terpenuhi, sudah dipastikan pinjaman online kamu bisa dicairkan. Pencairan ini biasanya tak berlangsung lama dari waktu pengajuan kamu.

Cara Pengajuan Pengajuan online

Cara pengajuan kredit online sama mudahnya dengan persyaratan yang harus kamu lengkapi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Install aplikasi pinjaman yang akan kamu gunakan melalui Google PlayStore atau kunjungi websitenya.
  • Setelah terinstall langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi.
  • Mengisi data diri.
  • Ikuti langkah selanjutnya.
  • Upload berkas yang dibutuhkan.

Tunggu hingga mendapatkan konfirmasi. Setelah 1×24 jam kamu akan dihubungi oleh pihak fintech tentang kevalidan data. Setelah itu, kamu akan diminta menunggu lagi hingga mendapatkan konfirmasi bahwa pinjaman kamu disetujui.

Dana yang dicairkan biasanya akan langsung dikirimkan ke nomor rekening kamu. Untuk itulah kamu membutuhkan rekening atas nama kamu pribadi.

Lanjut ke tips mencari pinjaman online aman dan resmi. Langkah ini harus kamu terapkan untuk menghindari penipuan.

Tips Mencari Pinjaman Aman dan Resmi

Agar kamu tidak tertipu fintech abal-abal, sebelum melakukan pinjaman online lakukan tips di bawah ini:

1. Pastikan berasal dari fintech resmi

Jika kamu akan melakukan pinjaman online, pilih fintech yang telah berstatus resmi. Pinjaman online langsung cair yang resmi biasanya akan menaati peraturan dari otoritas jasa yang menaunginya.

2. Pilih yang berbunga rendah

Biasanya, pihak peminjam yang bersertifikat resmi akan memberikan bunga yang rendah. Ini dapat kamu manfaatkan agar dapat membayar angsuran sesuai dengan kemampuan kamu.

3. Hindari fintech yang tidak transparan

Fintech yang tidak resmi biasanya tidak transparan soal bunga yang akan
dibebankan. Mereka hanya memberi tahu tenor dan denda jika kamu telat
melakukan pembayaran.

Pinjaman online saat ini ada banyak sekali. Daripada bingung pilih yang mana, Kamu bisa gunakan CekAja.com. Platform informasi pinjaman resmi ini menawarkan banyak kemudahan dan tentunya aman. Kamu dapat melihat melihatnya di link berikut ini:

https://www.cekaja.com/pinjaman-online/

Melalui CekAja.com kamu dapat membandingkan dan mencari referensi
pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu bahkan bisa mendapatkan limit pinjaman hingga 200 juta dengan tenor yang disesuaikan.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan, pinjaman online di CekAja.com juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Seperti kebutuhan pendidikan, renovasi dan sebagainya.

2 thoughts on “Syarat Mudah Pinjaman Online Aman dan Cepat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *