tata cara salat dhuha
Islam Inspiration

Manfaat yang Bisa Dirasakan Jika Melaksanakan Sholat Dhuha dan Tata Cara Salat Dhuha

74

bismillahirrahmanirrahim,

Sudah salat dhuha belum hari ini? Simak yuk tata cara salat dhuha lewat tulisan ini.

Dalam ajaran yang diajarkan dalam agama islam ada beberapa ibadah yang wajib dilakukan ada pula yang tidak wajib untuk dilakukan, diantaranya adalah sholat. Sholat ini merupakan ibadah yang wajib di lakukan oleh umat islam, dalam sholat wajib ini umat islam perlu
manjalankan sholat sebanyak 5 kali dalam satu hari. Selain sholat wajib ada juga sholat yang tidak wajib yaitu biasa di sebut sholat sunah. Sholat sunah ini juga banyak macamnya diantaranya ada sholat tahajud, sholah dhuha, sholat tarawih, sholat hari raya idul fitri, sholat hari raya idul adha, dan masih banyak yang lainnya. Sholat sunah yang ada di dalam
agama islam ini memiliki manfaat dan kelebihannya masing-masing. Pada artikel ini mari kita bahas lebih jelas tentang salah satu sholat sunah yaitu sholat dhuha. Tata cara salat dhuha ini bisa kamu lakukan mulai pukul 8 pagi hingga sebelum pukul 11 siang atau pada waktu dhuha.

tata cara salat dhuha

Dengan melakukan sholah dhuha ini bisa meningkatkan amal ibadah kamu kepada Allah SWT, sholat dhuha juga pastinya memiliki manfaat. Untuk lebih lengkapnya ini dia manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu rajin melakukan sholat dhuha:

  1. Pahala yang didapatkan ketika sholat dhuha sama seperti jika kamu melakukan ibadah Umrah. Hal tersebut sesuai denga isi hadist dari Abu Hurairah menyebutkan barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib maka pahala yang akan di dapatkan sama seperti pahala seseorang yang melaksanakan ibadah haji dan barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahala yang di dapatkannya sama seperti pahala orang yang melaksanakan umrah.
  2. Jika melakukan sholat dhuha diawal hari maka allah menjanjikan tercukupinya rezeki atau kebutuhan orang tersebut di sore hari atau di akhir hari. Untuk memohon rizki kepada Allah SWT kamu bisa melakukan Sholat Dhuha. Imbalan yang diberikan oleh Allah tersebut merupakan balasan yang di berikan oleh Allah SWT karena telah mengingat dirinya pada hari dhuha dengan melakukan sholat dhuha.
  3. Bila kamu melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 12 rekaat di awal hari maka ganjaran yang dijanjikan oleh Allah SWT ini yaitu berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak diakhirat.

Tara Cara Salat Dhuha

Jika kamu ingin melakukan sholat dhuha ini dia tata cara salat dhuha yang diajarkan oleh ajaran islam:

  • Niat, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membaca niat untuk sholat dhuha.
  • Takbiratul ikram, alangkag lebih baik lagi jika diikuti dengan membaca doa iftitah.
  • Baca surat Al Fatihah.
  • Baca surat atau ayat yang ada di dalam Al-quran.
  • Lakukan Ruku’ dengan tuma’ninah.
  • Lakukan I’tidal dengan tuma’ninah.
  • Kemudian Sujud dengan tuma’ninah.
  • Setelah itu kemudian duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  • Kemudian sujud lagi dengan tuma’ninah.
  • Setelah rakaat pertama selesai kamu berdiri lagi untuk menunaikan rakaat yang kedua.
  • Ulagi langkah pada rakaat satu hingga selesai sujud.
  • Setelah sholat sebanyak duarakaat kemudian Salam.

Itu dia tata cara salat dhuha untuk setiap dua rakaat salam. Kamu bisa mengulang tiap dua rakaat hingga jumlah rakaat yang kamu inginkan. Jangan lupa dika kamu selesai melakukan sholat dhuha panjatkan juga doa kepada Allah SWT semoga semua yang kamu inginkan bisa tercapai.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *