Tips Belanja Online Biar Tetap Untung

bismillahirrahmanirrahim,

Money can’t buy happiness. But money can buy you a lot of things. Which is pretty much same thing.

Unknow

Entah siapa yang membuat quotes pelesetean itu pertama kali, dan rasanya memang tepat. Sebulan terakhir ini jiwa tukang belanjaku terpanggil. Hampir setiap hari Kang Paket datang berkunjung ke rumah, mengantarkan hasil belanja online-ku.

Belanja online memang sangat menyenangkan. Belanja itu sendiri memang sudah bisa untuk stress released. At least for me. Setiap kali tumpukan pekerjaan menanti, aku mengusir rasa lelah dengan membuka market place dan mulai menandai sejumlah barang yang aku inginkan bila nanti pekerjaan aku selesai dan invoice cair. ahahahaha…. Ada yang sama seperti aku?

Kemudahan belanja secara online ini memang terasa bikin nagih. Kita jadi bisa belanja dimana saja, kapan saja, selama ada sinyal internet. Tapi tentu saja kita jangan sampai terlena dan belanja di luar batas kemampuan kita. Meskipun aku tampak seperti seorang shopaholic aku tetap melakukan secara terencana dan berusaha hemat kok.

Tips Belanja Online Biar Tetap Untung

Enggak percaya? Begini nih cara Dian Ravi saat belanja online biar tetap menguntungkan. Check this list!

Buat anggaran belanja terlebih dahulu

Yes, gini-gini aku bikin anggaran belanja terlebih dahulu lho. Apalagi sebagai seorang freelancer penghasilan aku kan berbeda tiap bulannya. Kebutuhan pun bukan hanya untuk jajan. Jadi di awal bulan aku sudah punya pos-pos sendiri, termasuk untuk belanja online barang-barang kesukaan aku

Belanja saat diskon

Aku cukup sabar kok menanti tanggal-tanggal cantik untuk berburu diskon. Apalagi tanggal-tanggal cantik itu hampir selalu ada, seperti: 10-10, 11-11, 12-12. Biasanya di hari belanja online nasional ini para e-commerce akan berlomba-lomba memberikan penawaran harga terbaik. Bukan hanya di tanggal cantik, menjelang hari raya keagamaan juga biasanya ada diskon-diskon beredar. Biar belanja hemat, jangan coba-coba lewatkan tanggal itu.

baca juga: Menyambut Ramadhan Ekstra

Gunakan kupon cashback

Salah satu yang bikin belanja online terasa seru adalah kita bisa mengumpulkan kupon cashback. Belanja menggunakan kupon cahsback ini jelas menguntungkan. Konsep cashback dan diskon berbeda ya, dalam cashback uangnya akan dikembalikan setelah barang diterima, dimasukan ke dalam e-wallet milik kamu. Nantinya ini bisa kamu pakai untuk transaksi belanja berikutnya.

Nominal cashback dan masa berlakunya masing-masing berbeda. Begitu juga dengan peruntukannya. Jangan lupa untuk membaca ketentuan di setiap kupon yang ada ya. Karena biasanya ada minimal pembelanjaan berapa dan maksimal berapa. Jangan sampai kamu menyalahkan merasa dibohongi, padahal karena kamu yang tidak teliti.

Gunakan fitur bebas ongkir

Pernah enggak kamu mentok ingin belanja sesuatu, tapi karena kelewat murah akhirnya enggak jadi beli? Aku pernah. Beberapa kali malah. Cuma gara-gara kok ongkos kirimnya lebih mahal dari total belanjaan aku. Ini nih bikin kesel.

Tapi sekarang sih sudah tak pernah terjadi lagi lagi. Karena sudah ada fitur bebas ongkir di Tokopedia. Ini nih tambah bikin nagih kegiatan belanja online. Baru kemarin mamaku naksir baju yang baru aku beli, beliau mau juga. Ketika tahu dari Surabaya, beliau sempat ragu karena mikir ongkos kirimny. Tapi begitu aku bilang free ongkir, langsung dong bilang: Pesenin buat mama ya, Teh.

Pikir ulang sebelum checkout

Aku enggak pernah langsung checkout begitu saja. Tetap saja aku memastikan lagi, aku beneran butuh dan mau produk ini enggak ya? Kira-kira nanti kalau sudah tiba barangnya akan menyesal enggak ya? Tak jarang aku sengaja menginapkan keranjang belanjaan aku sebelum aku bayar. Biar aku lebih pasti and no regrets.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *