Mau Jadi Vlogger? Ini DiaTips Cara Jadi Youtuber di Acara Launching Healthy Zona

Bismillahirrahmanirrahim,

tips jadi youtuber di healthy zone

Kids zaman now itu cita-citanya menarik, banyak yang mau jadi youtuber alih-alih memilih jadi tentara atau dokter seperti zaman ketika aku kecil dulu. Efek teknologi digital ini memang luar biasa, teman-temanku saja mulai banyak yang berjuang menjadi youtuber. Sementara aku masih suka galau, tapi tetap berusaha mencari tips cara jadi youtuber buat menambah ilmu.

Seperti hari Sabtu, 15 September 2018 lalu. Aku dan beberapa teman blogger mendapat kesempatan  menghadiri acara launching Healthyzona.com sambil mendapatkan tips cara jadi youtuber bersama 3 vlogger Indonesia, Stella Cornelia, Fendy Chow, dan Kyra Nayda. Tentunya sudah pada kenal dong dengan ketiga youtuber ini?

“Rahasia Konten Vlog Eksis dan Berpenghasilan” menjadi tema event hari itu. Siapa juga coba yang enggak ingin bisa eksis dan mendapat penghasilan dari vlognya. Tak heran Kedai Kopi 89, Kemang di hari itu kebanjiran tamu dari anak SMA dan mahasiswa, semuanya aku yakin ingin dapat tips cara jadi youtuber dari vlogger idola mereka.

Tips Cara Jadi Youtuber ala Stella, Fendy, dan Kyra

tips jadi youtuber di healthy zone

Tips cara jadi youtuber yang disampaikan oleh Stella, Fandy, Kyra di hari itu rata-rata kurang lebih mirip satu sama lain. Jadi aku ga akan bahas orang per orang seperti biasanya dalam tulisan aku, tapi aku jadikan kesatuan aja ya.

Sudah siap untuk mengetahui rahasia konten vlog eksis mereka? Yuk simak dulu tips cara jadi youtuber ala Stella, Fendy, dan Kyra.

1. Cari yang sesuai dengan passion kita. Tips pertama ini dimulai dari Stella Cornellia. Cari sesuatu yang sedang trend dan jangan membatasi diri kamu sendiri.

2. Pergunakan alat yang ada dulu. Yang namanya gadget itu akan terus berkembang. Tapi jangan jadi patokan standar alat apa yang harus dimiliki. Baik Stella maupun Fendy sepakat dalam hal ini. Kalau belum ada kamera bisa menggunakan kamera handphone dulu, untuk pencahayaan juga kita bisa menggunakan cahaya matahari.

Fendy sempat bercerita awal dia ngevlog menggunakan kamera DSLR yang dirasa cukup berat untuk kemana-mana. Tapi itu dia lakukan karena ingin memastikan terlebih dahulu, ini jadi seorang pembuat konten video benar passionnya atau bukan. Jangan sampai sudah keluar modal besar untuk jadi vlogger eh malah ternyata enggak benar-benar berminat.

3. Harus berani. Tips jadi youtuber dari Fendy ini bikin aku ngangguk-ngangguk sendiri. Kenapa? Karena dia mengakui jadi seorang vlogger itu harus tahan malu dulu. Kebayang harus bawa-bawa kamera kemana-mana sambil ngomong seorang diri (dan ingat, dia awal-awalnya pakai DSLR yang besar).

Ini nih yang masih suka bikin aku belum yakin untuk terjun jadi seorang youtuber, meski sudah punya akun  youtube. Masih enggak percaya diri harus megang tongsis di tempat umum. Ada yang ngalamin hal yang sama dengan yang aku alami?

4. Bikin konten yg useful dan menghibur. Tips ini dari Kyra (yang dia ingatkan tolong cara bacanya Ki-Ra ya). Kyra beberapa kali menegaskan kalau audience itu penting dimanja. Kita harus bisa membuat konten yang menghibur, berguna tapi tetap menjadi diri kita. Jangan dibuat-buat. Pelajari apa yang diinginkan oleh audience.

5. Buat personal branding yg baik. Kyra itu keren ya? Keren kata aku sih. Karena dia masih berusaha untuk dekat sama audience-nya. Dia juga bercerita dalam sehari dia harus menyapa followersnya.

Healthy Zona Kunci Tips Jadi Youtuber

tips jadi youtuber di healthy zone

Di hari dan tempat yang sama, selain berbincang dengan ketiga vlogger tadi, juga diluncurkan website healthyzona.com Sebuah web yang berisi tentang informasi seputar gaya hidup, kesehatan, dan kecantikan. Tentunya website ini penting juga sih buat youtuber. Kenapa ayo? Buat bahan konten.

Tapi bukan itu saja. Healthy Zona ini terdiri dari 3 brand sabun: Harmony, Medicare, dan Lervia. Ketiga sabun ini memiliki peranan bagi ketiga vlogger tadi. Apakah termasuk bagian tips jadi youtuber? Coba kalian tentukan sendiri.

sabun harmony tips jadi youtuber di healthy zone

“Mood seorang content creator,  harus tetap ok. Buat saya pribadi yah, mandi itu jadi aktivfitas yang menyenangkan, karena wangi sabun buah Harmony yang saya pakai benar-benar segar dan bikin MOOD JADI OK,” ungkap Stella Cornelia.

medicare tips jadi youtuber di healthy zone

Sementara itu untuk Fendy yang menyukai outdoor dan sport activities bercerita bagaimana kulit yang berkeringat menjadi penyebab kulit yang tidak sehat. Bakteri yang berkembang pada kulit bisa menimbulkan masalah pada kulit. Karenanya Fendy mengandalkan sabun Medicare Anti Bakteri untuk melindungi kulitnya dari bakteri.

Sabun Lervia tips jadi youtuber di healthy zone

Beda Stella dan Fedy, beda juga dengan Kyra yang memilih sabun Lervia untuk melembutkan kulitnya. Sabun susu ini memang memiliki manfaat untuk melembutkan kulit. Selain itu, ekstrak susu kambing yang dikandung sabun susu Lervia efektif untuk mencegah kulit kusam dan kering.

“Dengan kulit yang lembut dan dan muda, Beauty vlog seperti make up tutorial dan fashion review jadi lebih mudah untuk dilakukan. Karena kitanya sudah memiliki kulit yang lembut,” ungkap Kyra.

Kehadiran ketiga brand sabun mandi, Harmony, Medicare, dan Lervia ini di Healthy Zona ini menjadi angin baru di dalam industri personal care di Indonesia. Karena masih jarang brand sabun mandi tapi memiliki pesan postif dan gaya yang sangat relevan untuk anak muda zaman sekarang.

Jadi bagaimana dengan tips jadi youtuber yang aku share? Sudah cukup ilmunya? Gimana kalau dipraktekan langsung saja. Healthy Zona Diary Vlog Competition nih. Info lebih lanjutnya kalian bisa dapatkan di akun media sosial Harmony, Medicare, dan Lervia. Aku juga sepertinya mau ikutan. Siapa tahu dari travel blogger aku bisa jadi travel vlogger juga. Meski aku harus melepas kegalauan untuk memulai bikin video dulu nih.

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *