Tips Jitu Merawat Pisau Agar Tetap Tajam Dan Tak Berkarat

Bismillahirohmanirohim,

Buat kamu yang suka memasak, pisau merupakan salah satu senjata pamungkas dalam memasak. Pisau berfungsi untuk memotong, mengiris, mencincang, dan mengupas bahan makanan. Tentu saja pisau memiliki peran penting saat memasak, karena frekuensi pemakaiannya yang hampir selalu digunakan saat memasak, pisau merupakan benda yang paling sering dibeli. Pisau yang tumpul tentunya akan menghasilkan potongan yang tak sempurna. Nah, beberapa tips di bawah ini bisa kamu praktikkanmerawat pisau agar tak mudah tumpul dan awet:

1. Gunakan pisau sesuai fungsinya masing-masing

Pisau memiliki jenis masing-masing sesuai bahan yang akan diiris atau dipotong. Agar pisaumu tak mudah tumpul, pisahkan pisau sesuai bahan yang akan dipotong. Pisau daging tentunya hanya digunakan saat memotong daging, pisau buah tentunya juga digunakan untuk mengupas, memotong atau mengiris buah, dan lain-lain. Jika penggunaannya tepat, pisau akan awet dan tak mudah tumpul.

2. Perhatikan alas saat memotong, mengiris, atau mencincang

Saat menggunakan pisau, perhatikan alasnya. Gunakan alas yang datar dan baik. Semakin tak datar alasnya, kemungkinan pisaumu akan cepat tumpul.

3. Asah pisau rutin

Saat pisau terasa mulai tumpul, segera asah dan lakukan secara berkala. Gunakan alat pengasuh pisau yang tepat.

4. Cuci pisau setelah digunakan

Setalah selesai menggunakan pisau, jangan malas untuk mencucinya. Membersihkan dan mencuci pisau bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa bahan memasak dan mencegah menyebarnya bau dan rasa bahan yang sudah selesai dipotong.

5. Simpan di tempat yang kering

Selesai dibersihkan, lap pisau dengan kain lap yang bersih dan lembut. Kemudian simpan pisau di tempat penyimpanan pisau yang kering agar tak mudah berkarat.

6. Jangan paksakan pisau yang sudah tumpul untuk memasak

Jika pisaumu memang sudah tumpul, jangan paksakan untuk tetap digunakan. Ada baiknya kamu mulai mencari pisau baru. Kini banyak pisau-pisau berkualitas yang dijual di pasaran. Buat kamu yang malas pergi ke supermarket, kamu bisa cek di Lazada. Beragam model dan merk pisau tersedia mulai dari Solingen Pisau Dapur, Oxone Pisau Dapur, Affilato, Pisau Sensei Slicer, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan Lazada pun murah dengan diskon hingga 77%.

Sudah tahukan apa saja yang harus kamu lakukan agar pisau tetap tajam dan berkarat? Selamat mencoba Ladies, dan katakan selamat tingga pada pisau tumpul!

5 Comments

  1. Setuju dengan tipsnya nih dari Teh, Dian.
    Baiknya memang setelah digunakan langsung dicuci, pengalaman sih karena gak langsung di cuci, bisa berdampak karatan gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *