Menilik Tips Kecantikan Alami Wanita Indonesia Zaman Dulu

Bismillahirohmanirohim,

Sebagai wanita, menjaga kecantikan seolah sudah menjadi kodratnya. Perawatan mulai dari yang alami hingga kimia rela dilakukan, bahkan ketika harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah sekalipun. Namun pernahkah Anda menyadari jika zaman dulu wanita Indonesia sudah terkenal akan kecantikan alaminya meski tanpa adanya suntik putih, sulam alis hingga operasi plastik? Ya, hal ini lantaran wanita zaman dulu menyerahkan tips kecantikan pada bahan alami di sekitar.

Lalu apa sesungguhnya yang digunakan wanita zaman dulu untuk mendapatkan kecantikan? Berikut ini beberapa bahan alami yang patut untuk digunakan:

1. Bengkoang

Buah bengkoang sangat mudah ditemukan di pasar-pasar dengan harga yang begitu terjangkau. Bengkoang sudah terkenal memiliki berbagai macam vitamin mulai dari B1 hingga C yang mampu memberikan efek cerah di kulit. Wanita zaman dulu telaten dalam merawat kulitnya menggunakan bengkoang ini sebagai masker atau lulur untuk mencerahkan dan membersihkan kulitnya. Cukup diparut lalu tempel sebagai masker dan lulur di kulit Anda.

2. Madu

Tidak ada yang bisa memungkiri kebaikan dari madu. Madu memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti masalah yang umum terjadi yaitu jerawat. Selain itu, dengan menjadikan madu sebagai masker pun mampu membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.

3. Urang aring

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa rambut wanita zaman dulu bisa hitam dan sangat indah. Jawabannya adalah karena mereka menggunakan urang-aring yang mampu membuat rambut menjadi hitam serta mampu mencegah uban datang. Jika Anda tertarik, maka cukup tumbuk urang-aring secukupnya dan aplikasikan di rambut sebelum dibilas.

4. Santan

Rambut halus dan lembut dari wanita Indonesia zaman dulu memang terlihat amat alami. Rahasianya adalah pada santan yang kerap dipakai sebagai masker rambut. cukup menggunakan santan selesai keramas dan pijat hingga 5 menit dan diamkan sebentar. Setelah itu baru bilas seluruhnya sampai bersih.

5. Jeruk nipis

Zaman dulu, wanita lebih sehat dan kulitnya halus. Rahasianya adalah karena mereka sering konsumsi jeruk nipis di pagi hari. vitamin C akan mampu membuat daya tahan tubuh meningkat dan membuat kulit semakin cerah. Jika ada masalah dengan ketombe, jeruk nipis juga bisa jadi solusi dengan cukup diaplikasikan ke rambut.

Itulah beberapa bahan alami di sekitar Anda yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan. Tips kecantikan dari wanita Indonesia zaman dulu  ini bukan hanya isapan jempol saja namun memang sudah berkhasiat dan terbukti. Tetapi, Anda memang harus melakukannya secara teratur dan telaten untuk mendapatkan hasilnya mengingat bahan alami tidak bisa memberikan hasil yang instan. Oleh karena itu lakukan seminggu 2 hingga 3 kali agar efeknya lebih cepat terlihat.

7 Comments

  1. Teteh assalamualaikum…….lama gak berkunjung T_T

    Waaah blognya makin meriah, anggun, bagus deh!

    Bahan2 di atas semuanya mudah diperoleh kecuali yang urang-aring itu. Jarang dipakai sih di rumah. Tapi memang benar tuh, umik aku jaman dulu ya pakenya yang begitu2 karena gak ada klinik kecantikan kaya sekarang. Dan dari ceritanya, hasilnya pun bagus.

  2. Huah…ini emang sering banget gie denger tapi nerapin nya (malas). Lebih suka yang instan dan praktis padahal mah lebih bagus yang alami kek gini ya. TFS ^^

  3. Sebenernya bahan alami yg bs dipakai byk bgt kaya daun jambu, lidah buaya. Dulu aku sering pakai apalagi pas main di kali, hahaha. Nyari orang aring juga. Pas nemu, eh ternyata cuma mirip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *