Finance

Tips Memulai Bisnis Dropship. Kerja Fleksible, Rezeki Berdatangan

bismillahirrahmanirrahim,

tips memulai bisnis dropship

Kali ini aku mau membahas tips memulai bisnis dropship yang aku dapatkan dari https://bukuwarung.com/supplier-dropship/ nih. Sekarang ini semakin banyak orang yang ingin memiliki usaha sendiri, apalagi di masa pandemi ini, banyak ketidakpastian dan kekhawatiran. Barangkali kamu salah satu yang masih bingung ingin memulai usaha, bisnis dropship ini bisa menjadi pilihan.

Bisnis dropship memang menyenangkan. Kita bisa berjualan tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu. Mekanismenya cukup mudah, pelanggan membeli barang dari kita selaku dropshipper, kita melakukan pemesanan kepada supplier, dan nantinya supplier yang akan mengirimkan produk kepada pelanggan kita. Keuntungan yang kita dapatkan dari selisih margin harga yang sudah kita markup.

Kelebihan Bisnis Dropship

tips memulai bisnis dropship

Tentunya sebelum memulai bisnis dropship, kita harus tahu dulu dong kelebihan dan kekurangan dari usaha yang ingin kita lakukan itu sebagai bahan pertimbangan nantinya. Nah, aku akan mulai dari kelebihan bisnis dropship. Apa saja? Yuk lanjut baca:

Mudah untuk memulainya

Untuk memulai bisnis dropship ini cukup mudah. Enggak perlu mengurus ijin usaha, enggak perlu memasok sejumlah barang, enggak perlu merekrut tenaga kerja. Kita bisa melakukannya langsung selama memiliki koneksi internet.

Modal usaha tak perlu banyak

Selain bisa mulai kapan saja, memulai bisnis dropship tidak memerlukan modal usaha yang banyak. Kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang dalam jumlah banyak. Dan karena bisa dilakukan sendiri, kita pun tak perlu repot membayar gaji karyawan.

Memiliki resiko yang rendah dan waktu yang fleksibel

Menjalankan bisnis dropship bisa dilakukan darimana saja selama ada koneksi internet. Resikonya pun terbilang cukup rendah, satu-satunya yang harus dipikirkan hanyalah biaya produk yang kita tawarkan pada pelanggan.

Memungkinkan untuk menjual berbagai produk

Kita bebas menjual berbagai produk sekaligus saat menjalanjan bisnis dropship ini dari beragam supplier. Dengan begini tingaal kreatifitas kita saja dalam menjalankan marketing yang diperlukan.

Kekurangan Bisnis Dropship

tips memulai bisnis dropship

Kalau melihat dari segi kelebihan bisnis ini kayaknya aku mau langsung aja memulai binis dropship. Menggiurkan dan mudah. Eits, tunggu dulu. Biar bagaimanapun kita harus tahu apa kekurangan dari bisnis dropship ini, biar lebih hati-hati saat memulai bisnis dropship.

Supplier bermasalah

Karena bisnis ini tergantung banget sama supplier, kita harus hati-hati dalam menentukan supplier untuk bekerjasama. Karena jika ternyata barang tidak sesuai, ada saat pengemasan kurang hati-hati, atau slow respon, maka reputasi kita yang jadi taruhannya.

Persaingan ketat

Tentunya bukan hanya kita yang menjalankan bisnis dropship dari supplier yang sama. Untuk itu, kita harus bisa lebih kreatif untuk bisa tampil beda dari yang lain. Tak ada salahnya juga mencari supplier yang baru memulai usaha, dengan begitu kita bisa lebih dulu berjualan produk yang ditawarkan.

Kesulitan mengelola persediaan

Karena barang-barang dari supplier, tentunya kita mengalami kesulitan dalam mengelola persediaan barang. Solusi untuk masalah ini, kita harus rajin minta update stok barang dari supplier.

Tips Memulai Bisnis Dropship

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bisnis ini, masih berminat untuk memulai bisnis dropship? Aku malah semakin semanga. Karena biar bagaimanapun ini bisnis yang cukup mudah dijalankan, cocok untuk aku yang mobile. Soal kekurangan yang ada, masih bisa diminimalisir.

Sudah tak sabar ingin memulai bisnis dropship? Ikuti dulu tips berikut ini ya:

Pilih produk dan supplier

tips memulai bisnis dropship

Tentukan produk apa yang ingin kamu pasarkan. Tentunya kamu harus memastikan kalau produk yang akan pasarkan merupakan produk yang menarik dan banyak dicari orang agar menguntungkan. Tentukan target pasar yang akan kamu tuju untuk marketing kamu.

Selain produk, kamu juga harus mencari supplier yang bisa dipercaya untuk mencegah kerugian yang mungkin terjadi.

Buat toko online

tips memulai bisnis dropship

Gunakan semua market place yang ada serta media sosial untuk menjual produk yang kamu tawarkan. Kalau kamu punya budget lebih tak ada salahnya untuk membuat website juga.

Jangan lupa, untuk membuat brand terlebih dahulu. Usahakan menggunakan nama yang eye catching dan mudah untuk diingat.

Marketing

tips memulai bisnis dropship

Meskipun sudah memiliki toko online, bukan berarti kamu hanya tinggal menanti pesanan datang. Kamu tetap harus melakukan peran marketing untuk mempromosikan daganganmu. Ini justru menjadi hal yang penting.

Gunakan media sosial, email, serta aplikasi chat untuk melakukan proses marketing ini. Enggak ada salahnya juga kamu membuat promo-promo agar lebih menarik dari saingan kamu.

Analisa dan evaluasi

5 Langkah Optimasi Website E-commerce dengan SEO

Jangan lupa untuk selalu melakukan analisa dan evaluasi apa yang sudah dikerjakan. Kamu juga harus selalu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran agar lebih mudah mengevaluasi apakah bisnis dropship yang sudah kamu lakukan benar-benar sudah menguntungkan.

Nah, sekarang tuntunya sudah siap dong untuk memulai bisnis dropship. Ada ide berjualan produk apa ya? Semoga artikel ini membantu.

2 thoughts on “Tips Memulai Bisnis Dropship. Kerja Fleksible, Rezeki Berdatangan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *