Business

Sebelum Menjadi Reseller, Ini Tips Memulai Bisnis Kosmetik

bismillahirrahmanirrahim,

Wanita dan kosmetik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.Kosmetik merupakan kebutuhan wajib yang dimiliki oleh wanita untuk merias dan mempercantik diri, tidak peduli muda maupun tua.

Bahkan saat ini banyak anak remaja yang mulai mencoba merias diri dengan kosmetik agar tampil cantik ke sekolah.

Melihat pasar yang begitu luas tersebut tidak mengherankan jika industri kosmetik merupakan salah satu industri besar yang memiliki prospek bisnis cemerlang.

Peluang untuk memulai usaha kosmetik juga cukup besar hingga kamu juga dapat terjun untuk menggeluti jenis usaha ini.Namun sebelum memulai bisnis di bidang kosmetik ini alangkah baiknya kamu memahami macam-macam jenis kosmetik yang dibutuhkan orang-orang terlebih dahulu.

Beberapa Jenis Kosmetik

Merias diri bukanlah hal yang mudah karena peralatan kosmetik terdiri dari berbagai macam jenis yang memiliki kegunaan masing-masing dan bagi pemula hal tersebut tentu saja akan cukup membingungkan.

Berikut macam-macam jenis kosmetik sesuai dengan langkah penggunaannya, agar tidak salah dalam menentukan produk kosmetik.

1. Face Primer

Face primer adalah bahan kosmetik paling pertama yang harus kamu gunakan ke area wajah agar riasan wajah dapat bertahan lama.

Selain itu face primer juga berfungsi membuat kulit terlihat tetap lembab dan mampu menyamarkan noda bekas jerawat serta keriput halus.

2. Foundation

Setelah mengaplikasikan face primer ke area wajah langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan foundation untuk mempertahankan riasan.

Namun untuk memilih foundation kamu harus menyesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki apakah kering, berminyak, berjerawat atau sensitif.

3. Concealer

Selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan concealer yang memiliki tekstur yang lebih kental dan padat dibanding face primer dan foundation.

Fungsi dari concealer adalah menutup masalah kulit seperti jerawat, bekas luka, pori-pori serta masalah lingkar hitam di sekitar mata.

4. Bedak Tabur

Bedak tabur memiliki fungsi untuk menyerap minyak yang berlebih di area wajah namun kamu harus menyesuaikan bedak tabur dengan kondisi kulit wajahmu

Untuk kulit berminyak kamu bisa menggunakan loose powder yang memiliki tekstur halus dan untuk kulit kering kamu dapat menggunakan compact powder

5. BB Cream

Langkah kelima adalah kamu dapat mengaplikasikan BB cream ke area wajah, fungsi dari BB cream adalah menyamarkan noda hitam dan meratakan riasan pada wajah

Penggunaan BB cream juga ditunjukan agar hasil riasan kamu terlihat lebih natural dan tidak mencolok

6. Blush On

Fungsi blush on sangat penting pada riasan karena akan membuat wajahmu merah merona dan tidak membuat pucat.

Di pasaran kamu dapat menemukan beragam warna blush on yang dapat kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan.

7. Eyeshadow

Eyeshadow adalah alat kosmetik yang penggunaanya ditentukan oleh acara yang dihadiri karena eyeshadow dapat memberi kesan yang sangat mencolok.

Penggunaan eyeshadow juga cukup mudah, kamu tinggal aplikasikan pada kelopak mata secara merata.

8. Pensil Alis

Terlihat sepele namun tahukah kamu bahwa bentuk alis dapat menentukan karakter dari wajah beserta riasannya.

Kamu dapat membentuk alis sesuai dengan bentuk wajahmu agar terlihat lebih tajam.

9. Bronzer

Secara garis besar bronzer tidak jauh berbeda dengan blush on baik dilihat dari fungsi maupun cara penggunaan

Berbeda dari blush on,bronzer digunakan untuk mendapatkan hasil riasan yang lebih ‘warm’ sedangkan blush on untuk riasan yang merona.

10. Eyeliner

Selain alis satu hal lagi yang dapat memperkuat karakter riasan adalah mata, kamu dapat mempertajam karakter dari mata menggunakan eyeliner.

Penggunaan dari eyeliner ditentukan oleh bentuk mata kamu sendiri dan tentu saja dengan mempertimbangkan kebutuhan acara apa yang ingin dihadiri.

11. Maskara

Bagian mata pada riasan wajah merupakan hal yang penting termasuk bulu mata karena dapat menampilkan karakter dari seseorang itu sendiri termasuk.

Dalam merias bagian bulu mata kamu dapat menggunakan maskara yang akan membuat bulu mata lebih panjang serta bervolume.

12. Highlighter

Highlighter adalah langkah terakhir dalam langkah merias wajah yang fungsinya adalah untuk membuat highlight pada wajah.

Highlight pada wajah ini akan membuat kesan mewah pada riasan dan tentunya akan memancarkan aura kecantikan.

13. Lipstick

Sentuhan terakhir dari riasan yang tak adalah penting adalah lipstik yang penggunaan warna-nya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan riasanmu

Selain itu saat ini terdapat berbagai jenis lipstik yang tersedia di pasaran diantaranya adalah lip cream, lip tint, lip balm, lip liner dan lip primer.

Nah, Ini Cara Membuka Bisnis Kosmetik

Setelah mengetahui macam jenis kosmetik yang ada, kamu dapat menjalankan bisnis ini menjadi reseller secara online atau membuka toko sendiri. Namun beberapa hal harus kamu ketahui agar tidak banyak pengeluaran dalam memulai bisnis ini. Berikut yang perlu kamu perhatikan.

1.   Lokasi Strategis

Ada sebuah istilah yang mengatakan bahwa posisi menentukan prestasi dan istilah ini berlaku juga dalam memulai bisnis di bidang kosmetik.

Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat tentu saja akan berpengaruh kepada penjualan. Lokasi ini berlaku juga secara online atau offline, nah kalau online kamu bisa gunakan LaDaRa sebagai marketplace tempat berjualan online.

2.   Target Pasar

Hal lain yang harus kamu tentukan sebelum memulai usaha di bidang kosmetik adalah menentukan target pasar. Bisa dimulai dari siapa saja, tapi khususnya para ibu-ibu atau wanita muda dan remaja.

3.   Konsep Usaha

Hal ini mencakup bagaimana cara kamu dalam melakukan penjualan produk kosmetik-mu apakah dilakukan secara offline seperti di ruko atau di rumahan. Sama halnya, kalau kamu ingin memasarkan bisnismu melalui platform LaDaRa.

4.   Kualitas Terbaik

Kualitas yang baik akan menentukan reputasi toko kosmetik milikmu maka kamu harus menentukan produk terbaik untuk ditampilkan di dalam katalog produk-mu.

Saat ini terdapat berbagai merk berkualitas yang tersedia di pasaran yang dapat menjadi variasi dari katalog produk-mu nanti.

5.   Pemasaran yang efektif

Media sosial seperti Instagram, twitter, facebook dapat kamu manfaatkan untuk memasarkan produk-produk yang kamu tawarkan.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan platform yang ada dan salah satunya adalah LaDaRa.

6.   Perizinan usaha kosmetik

Untuk menjamin legalitas usaha kamu perlu mengurus usaha-mu ke pihak-pihak terkait, izin ini akan berguna bagi tokomu menaikan reputasi dan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.

Selain Itu, Ini Tips Sukses Memulai Usaha Kosmetik

Setelah kamu mengetahui hal penting dalam membuka bisnis kosmetik, kamu juga harus mengetahui apa saja yang bisa membuat bisnis ini sukses dengan mengikuti tips dibawah ini.

Pelayanan yang baik

Kosmetik termasuk barang konsumsi yang akan habis dan perlu dibeli kembali, melihat hal tersebut maka penting bagi kamu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen agar konsumen dapat dengan senang hati membeli produk di tokomu kembali.

Harga yang murah

Bisnis di industri kosmetik termasuk bisnis yang sengit karena terdapat banyak kompetitor dengan katalog produk yang sama.

Namun untuk menarik konsumen membeli di tokomu kamu perlu mematok harga yang lebih murah dibanding toko kompetitor lain.

Harga yang murah dan untung yang kecil bukanlah masalah jika angka penjualan-mu tinggi

Pahami kondisi kulit konsumen

Penggunaan kosmetik sangat bergantung pada kondisi kulit yang dimiliki, maka akan menjadi nilai lebih jika kamu membuka jasa konsultasi untuk konsumen yang bingung memilih kosmetik terbaik untuk jenis kulit mereka.

Maksimalkan promosi menggunakan sosial media

Kehadiran sosial media banyak membantu masyarakat termasuk bagi orang-orang yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Kamu dapat memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter dan facebook untuk mempromosikan produk-produk dari tokomu

Itulah tadi macam jenis kosmetik, cara membuka usaha serta tips dalam menjalani bisnis kosmetik yang bisa langsung kamu praktekan untuk usaha-mu Semoga artikel ini dapat membantumu membuka dan mengembagkan usahamu untuk kedepannya.  

2 thoughts on “Sebelum Menjadi Reseller, Ini Tips Memulai Bisnis Kosmetik”

  1. Baru denger platform ladara. Pengen cek2 jadinya..aku suka penasaran kalo ada platform baru jualan gini. Krn biasanya kalo msh baru , masih banyak promosi .

    Bener banget mba, aku sendiri lebh suka belanja di tempat yg sellernya baik, sopan, respon cepet. Pasti repurchase. Tp kalo udh galak, respon lama bangetttt, duuuh ga deh. Masih banyak penjual lain :p

Leave a Reply

Your email address will not be published.