Business

Tips Memulai Digital Marketing dari 0, Siapkan Ini Sekarang Juga

bismillahirrahmanirrahim,

Marketing secara online memang terdengar cukup mudah dilakukan karena anda hanya perlu memanfaatkan media sosial ataupun website. Tetapi sesudah anda praktik, maka digital marketing bukanlah hal mudah dilakukan. Terlebih lagi, di tengah-tengah persaingan yang cukup ketat di era sekarang ini.

Ada banyak alasan mengapa pemasaran digital ini semakin digandrungi oleh para perusahaan. Salah satunya adalah peluang memperoleh target pasar yang tepat sekaligus profit dengan hasil cukup besar. Namun, apabila anda tidak mengetahui bagaimana cara memulainya, jelas usaha akan cepat gulung tikar begitu saja bukan?

Tips Menjalankan Digital Marketing

Saat ini, hampir semua perusahaan memang sudah menerapkan pemasaran secara digital dibandingkan dengan konvensional setelah mengetahui keuntungan didalamnya. Tetapi tidak semua perusahaan bisa sukses dalam menjalankannya dengan mudah.

Tulah mengapa jika anda ingin menerapkan digital marketing dari 0 hingga memperoleh kesuksesan didalamnya, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips dari kami dimana wajib untuk diaplikasikan.

1. Perhatikan Kualitas dari SDM

Sebelum memulai membuat konten marketing dan disebarkan secara online, anda harus mengetahui bagaimanakah kualitas dari SDM. Sebab keberadaan SDM inilah akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis nantinya.

Disinilah, perlunya mengukur bagaimanakah kemampuan SDM bagian sistem pemasaran dalam menjalankan bisnis. Dengan cara itulah, akan memberikan kemudahan dalam memilih seperti apakah media marketing online yang paling tepat tersebut.

2. Punya Target Market dan Produk Yang Tepat

Selain mengecek bagaimanakah kualitas SDM-nya, pebisnis sebaiknya juga harus mempunyai target market maupun produk yang tepat. Cobalah pilih siapa target pasar, kemudian bisa menentukan produk tepat seperti apakah dimana akan dijual.

Sebagai contohnya, apabila anda mempunyai target konsumen dengan wanita Muslimah, maka anda bisa menjual produk-produk yang berbau dengan fashion hijab mulai dari pakaian, kerudung hingga peralatan sholat.

3. Mulai Membuat Website Untuk Bisnis

Jika kedua hal diatas sudah ditentukan dengan baik, maka saatnya memulai untuk membuat website bisnis pribadi. Keberadaan website inilah akan meningkatkan peluang memperoleh keuntungan cukup besar.

Bergabung dengan marketplace atau e-commerce memang menjadi pilihan, tetapi memilih situs pribadi ternyata jauh lebih bagus. Sebab sejatinya, dengan memiliki situsnya maka akan memberikan keuntungan tersendiri. Terlebih lagi, akan bersemangat dalam mendesain, membuat konten hingga mengiklankannya.

4. Membangun Sosial Media

Selain penggunaan website, mulailah untuk memanfaatkan keberadaan media sosial. Penggunaan media sosial dalam pemasaran digital ini ternyata banyak dipilih oleh pengusaha mulai dari Instagram, Facebook, Twitter dan masih banyak lagi.

Walaupun keberadaan media sosial ada banyak, tetapi kami sarankan agar memilih 2 saja dan harus terus dalam membuat konten. Sebab mengelola lebih dari 2 akun ternyata cukup sulit bahkan akan membuat anda kewalahan sehingga kurang focus terhadap bisnis.

5. Bagikan Konten Yang Berkualitas

Seperti apakah konten yang anda bagikan tersebut ke website atau media sosial? Ternyata ini akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan dari bisnis. Jika kontennya saja kurang berkualitas dan menarik, tentu membuat konsumen akan cepat bosan.

Itulah sebabnya, usahakan untuk membuat konten-konten berkualitas seperti mengupload foto dengan kualitas terbaik, memberikan detail informasi lengkap, serta menuliskan deskripsi yang jelas. Jangan sampai anda membagikan informasi setengah-setengah.

Walaupun terdengar mudah dijalankan, tetapi pemasaran secara online bukanlah perkara mudah seperti membalikkan telapak tangan. Namun dengan stucel.com yang merupakan digital agency Jakarta, anda bisa dengan mudah memulai digital marketingdari 0.

1 thought on “Tips Memulai Digital Marketing dari 0, Siapkan Ini Sekarang Juga”

  1. sekarang makin banyak bermunculan jasa digital marketing ya
    dan ini bener bener membantu untuk yang punya bisnis pemula supaya omset juga makin naik

Leave a Reply

Your email address will not be published.