Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Bismillahirohmanirohim,


Zaman sekarang ini dimana banyak orang khususnya para remaja baik cewek maupun cowok sudah ngga begitu antusias lagi sama yang namanya mendaki gunung. Kenapa? Alasannya banyak, capeklah, banyak ularlah, gelaplah, sampai ada yang bilang di gunung banyak hantu. Heeee kata siapa? Ngga ada hubungannya hantu sama gunung. Kalau mau ketemu hantu mah di rumah juga bisa ngga perlu jauh-jauh mesti ke gunung. Padahal naik gunung itu seru tau. Jika kamu sudah bisa menaklukan satu gunung dengan mulus seolah ada kepuasan dan pembuktian jati diri tentang seberapa survivenya kamu di alam.

Namun, naik gunung memang perlu persiapan ngga bisa asal ayok aja. Dan persiapan ini harus ada disegala lini kehidupan. Bukan hanya persiapan mental, fisik dan segala perlengkapan yang menunjang juga perlu dipersiapkan. Misalnya, sepatu gunung yang nyaman, sleeping bag yang tebal, makanan yang cukup, kantong kresek, dll. Karena sebuah langkah awal tanpa persiapan yang matang akan jadi sia-sia dan bisa jadi banyak ketemu zonknya selama mendaki. Untuk lebih jelasnya berikut akan saya kupas satu-satu apa saja persiapan yang penting sebelum kalian naik gunung.

Pertama niat dan tujuan.

Jika niat untuk mendaki gunung sudah ada dibenakmu jangan lagi ditunda-tunda segera cari jalan untuk kesana. Tentunya dengan berbagai persiapan tadi. Tentukan tujuan, gunung mana yang akan didaki. Berhubung kamu masih pemula lebih baik memilih gunung yang tidak terjalau terjal dan sulit medannya. Ini akan membuat kamu ilfill untuk naik kembali ke gunung lain. Setelah tujuan ditentukan saatnya membuat persiapan.

Kedua perlengkapan yang harus dibawa.

Dalam menentukan perlengkapan ada kategori penting atau kurang penting. Saya ngga enak aja bilang ngga penting. Kesannya kok ekstrim banget.  Perlengkapan terutama yang melekat dibadan seperti pakaian yang nyaman, tas yang fleksibel dan tentu saja sepatu gunung yang nyaman. Untuk urusan sepatu saya rekomendasi nih yang merk eiger, kenapa? Selain nyaman dia juga tahan disegala kondisi. Udah kayak tips milih pasangan deh ini.

Terakhir waktu pendakian

Ini penting untuk mengetahui kondisi alam selama kamu pergi. Jangan nekat mendaki ketika musim hujan karena terlalu besar resikonya baik yang sudah profesional apalagi yang masih pemula seperti kamu. Lebih baik efisienkan waktu dari saat pergi sampai pulang. Dan ingat untuk tidak meninggalkan sampah di gunung karena itu merupakan tindakan anarkhi terhadap gunung.

6 Comments

  1. mb, cewek kan biasanya banyak halangan tu kalau mau mndaki gunung, coba mb buat tips untuk cwe. solusi mndaki gunung jika ada halangan mndadak pas di perjalanan

  2. Aku belum pernah treking ke gunung, sering diajak tapi nggak jadi jadi. Hehehe. nice tips gan..
    Salam kenal ya..

  3. Hallo mba
    Senang baca blognya. Dan 1 lagi tambahan tujuan utama dari naik gunung itu rumah bukan puncaknya jadi harus tetap waspada dan berhati hati

    Tuks silahkan blog walking ke blog aku yah
    Terima kasih

  4. Niaattt sama olahraga sih kalo aku xDDDD
    niat itu bener” yang sampe kudu nyiapin mood. Kalo moodnya dah jelek wah bahaya -_-
    trus olahraga juga, biar gak hampir hipotermia kayak waktu ke Ijen wwkwkw xD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *