Tokoh Pengusaha Sukes K Link Indonesia Dato Radzi Saleh
Event

Belajar Menjadi Tokoh Pengusaha Sukses Lewat Cerita Dato Radzi Saleh

Bismillahirohmanirohim,

calon-tokoh-pengusaha-sukses

“Kalau bisa, kalian semua itu nantinya bisa berhasil menjadi tokoh pengusaha sukses,” nasihat dari uwaku, kakak laki-laki dari mama, terus menggema di dalam ingatan aku selama bertahun-tahun.

Hari itu, aku dan seluruh sepupu-sepupuku dikumpulkan di Sumedang selama dua hari. Katanya agar kami bisa menjadi kompak, dan bisa melanjutkan usaha keluarga dengan baik.

Menjadi tokoh pengusaha sukses sudah ditanamkan pada aku dan keluarga besarku sejak masih kecil. Dari dulu kami tahu, kalau sebagian dari kami harus mengemban meneruskan usaha yang dibangun oleh almarhum kakekku. Mesti sebenarnya tidak semua dari kami memiliki ambisi untuk menjadi seorang tokoh pengusaha sukses.

Aku, termasuk salah satu dari bagian itu. Meski aku sangat mengagumi almarhum kakekku, aku tak pernah bermimpi menjadi tokoh pengusaha sukses. Dari dulu, aku hanya lebih senang mengamati dan menuliskan kisah beliau.

Mengikuti kisah tokoh pengusaha sukses menurut aku sangat menyenangkan. Mereka adalah bukti-bukti nyata kalau keberhasilan harus diraih dengan kerja keras dan kegigihan. Bukan semata-mata terjadi begitu saja.

Menyimak kisah tokoh pengusaha sukses, selalu membuat aku bisa kembali bersemangat dalam berkarya. Seperti pada hari Rabu lalu, ketika aku menyimak kisah Dato Radzi Saleh lewat acara yang berjudul Live Streaming with Pak Radzi, Future and Spirit.

Live Streaming with Dato Radzi Saleh, Future and Spirit

tokoh pengusaha sukses

Rabu siang, 11 April 2018, aku duduk manis di depan laptop. Kerja, Di? Enggak juga sih. Justru aku sengaja sudah menyelesaikan kerjaan sebelum pukul 14.00 wib. Acara Live Streaming with Pak Radzi, Future Spirit akan disiarkan secara live di FB KLink. Papaku yang juga ada di rumah, jadi ikutan menemani aku mendengarkan kisah mengenai Dato Radzi Saleh, tokoh pengusaha sukses K Link Indonesia.

Semenjak hadir di acara Inspiring Women beberapa bulan lalu, aku jadi mulai akrab dengan K Link Indonesia. Kalau dulu aku hanya sebatas tahu produk Klorofil-nya saja, kini aku cukup sering mendengar nama Dato Radzi Saleh, Presiden Direktur KLink Indonesia.

Selama ini aku belum pernah bertemu dengan beliau sih. Aku hanya sebatas mendengar kalau beliau ini adalah sosok yang penuh inspirasi, tokoh pengusaha sukses yang humble. Tak heran kalau banyak sekali yang ingin bisa hadir dalam acara bersama Dato Radzi Saleh tersebut. Untung saja acara ini disiarkan langsung melalui FB. Jadi, yang bernasib sama kayak aku enggak kebagian undangan, tetap bisa menikmati sosok Dato Radzi Saleh dari depan gadget masing-masing.

Kisah Tokoh Pengusaha Sukses K Link Indonesia, Dato Radzi Saleh

Tokoh Pengusaha Sukes K Link Indonesia Dato Radzi Saleh

Dato Radzi Saleh, Tokoh Pengusaha Sukses K Link Indonesia
Pic Source: Mudrikah Stories

Lahir pada tanggal 4 April, 59 tahun yang lalu di Kampung Rasau, Perak, Malaysia, Dato Radzi Saleh justru bukanlah dari golongan berada. Beliau justru terlahir dari keluarga miskin yang hidup di rumah beratap nipah dan dinding serta lantai yang terbuat dari bambu,

Ayahnya yang bekerja sebagai penebang kayu di hutan, berdarah Arab. Jarak dari rumah ke hutan tempat ayahnya bekerja sangatlah jauh. Sehingga ketika Dato Radzi Saleh ini lahir ke dunia, ayahnya tak bisa mendampingi ibunya.

Saat Dato Radzi Saleh kecil, ayahnya mengalami kecelakaan dan meninggal dunia di tempat kerjanya. Jenasah ayahnya dimakamkan oleh pihak rumah sakit setempat, karena pihak keluarga tidak memiliki biaya untuk membawa pulang jenasah. Keluarga besar Dato Radzi Saleh merahasiakan perihal kepergian ayahnya ini hingga beliau berusia 6 tahun, ketika ibunya akan menikah lagi.

Pengalaman menjadi anak yatim membuat Dato Radzi menjadi sosok yang sensitif. Tak jarang ia merasa diperlakukan berbeda dalam keluarga besarnya. Teman-teman sebayanya pun sering kali mengolok-olok dirinya.

Sejak kecil saya merasakan kurang kasih sayang. Segala pengalaman hidup yang telah saya lalui, benar-benar membuat saya insaf, dan sadar betapa pentingnya kasih sayang dan menjadi suatu kekkuatan yang luar biasa.

-Dato Radzi Saleh

Berjuang Meraih Impian Agar Menjadi Tokoh Pengusaha Sukses

 

Dalam hidup ini ada dua pilihan : menerima keadaan hidup kita  sebagaimana adanya atau menerima tanggung jawab untuk mengubah keadaan itu. 

Sudah tentu Datok Radzi Saleh memilih pilihan kedua. Buktinya beliau saat ini sudah berhasil membuktikan kalau ia sudah bisa menjadi salah satu tokoh pengusaha sukses. Tapi lagi-lagi beliau mengingatkan kalau semua ini tidak langsung terjadi begitu saja.

Impian sering kali disebut juga dengan cita-cita. Impian tumbuh dari berbagai keinginan yang belum tercapai. Dato Radzi Saleh memiliki 3 impian:

  • Membuat ibunya bahagia
  • Membahagiakan keluarga
  • Agar orang-orang yang berjuang bersama beliau memahami makna perjuangan hidup dan berjuang tanpa pernah putus asa sehingga bisa menikmati kesuksesan dalam hidup.

Kasih sayang adalah anugerah Tuhan yang luar biasa kepada diri manusia. Tetapi banyak orang lupa pada anugerah ini, sehingga bertindak kasar dan penuh kebencian pada sesama manusia.

-Dato Radzi Saleh

Ketika memasuki usia 20’an, Dato Radzi Saleh memulai bisnis bersama beberapa orang temannya. Modal untuk usaha di bidang konstruksi ini ia peroleh dari menjual tanah warisan. Namun, karena tidak memiliki naluri bisnis, dan tidak jeli dalam meliha zaman yang tengah mengalami krisis, usaha ini pun tidak menguntungkan.

Sebelum kehabisan uang, beliau menghentikan usahanya, dan memutuskan untuk membeli rumah di Kuala Lumpur dengan uang yang terisa. Nasib baik belum berpihak pada tokok pengusaha sukses ini, beliau terkena tipu. Rumah tersebut tidak jadi dibangun, dan uang pun hilang begitu saja.

Memilih Kembali Bangkit Menjadi Keputusan Dato Radzi Saleh

Harga sebuah kesuksesan, setiap perjalanan hidup kita penuh dengan tatangan dan rintangan untuk mencapai tingkat yang disebut kesuksesan, pasti ada pengorbanan yang kita lakukan.

-Datok Radzi Saleh

Pada tahun 1982, Dato Radzi Saleh bekerja pada sebuah perusahaan property terkemuka di Kuala Lumpur. Jabatannya sebagai assistent property officer yang mengharuskan beliau kerap kali mengadakan kegiatan sosial.

Dalam salah satu kegiatan sosialnya itulah beliau bertemu dengan seorang Datuk yang merupakan tokoh pengusaha sukses yang juga aktif dalam kegiatan politik. Datuk ini melihat kelebihan dan kekuarang yang ada dalam diri Dato Radzi Saleh. Dato Radzi Saleh dinilai kurang percaya diri sehingga beliau dikirim untuk mengikuti berbagai pelatihan mental seperti Personal Development Leadership.

Datuk tersebut juga seorang trainer dan guru bagi Dato Radzi Saleh. Seringkali beliau dilatih dengan cara yang agak keras dan cenderung tidak masuk akal, seperti menyuruh mengantar dokumen ke kantor wakil Perdana Mentri Malaysia.

Dato Radzi Saleh Jatuh Bangun di Dunia MLM

produk k link indonesia

facial wash dan deodoran dari K Link Indonesia

Di usia 26 tahun, Dato Radzi Saleh mulai mengenal dunia MLM. Awalnya beliau memiliki pandangan negative mengenai bisnis MLM. Tapi dengan berada langsung di dalam bisnis MLM, perlahan-lahan cara berpikir beliau pun berubah.

Beliau melihat sendiri, bagaimana seorang nelayan yang tadinya hanya tinggal di gubuk bisa memiliki rumah besar, mobil mewah, bahkan hingga berlibur ke luar negeri bersama keluarganya, setelah menekuni MLM. Di mata beliau, MLM adalah sebuah usaha yang memberikan peluang besar bagi siapa pun yang ingin meraih impiannya.

Bersama para leaders, beliau mengadakan berbagai program dan kegiatan yang memotivasi meraih impian yang lebih besar. Posisi Dato Radzi Saleh sebagai general manager II bertugas khusus menangani urusan pemasaran, sedangkan General Manager I menangani urusan operasional.

Namun, MLM tempat Dato Radzi Saleh ini bekerja mengalami kebangkrutan. Alih-alih larut dalam kesedihan, Dato Radzi Saleh justru terus memofikuskan impiannya dengan meminta pemilik MLM ini agar tidak memtutup perusahaan.  Dengan dana terbatas, beliau menjalankan bisnis MLM ini bersama teman-temannya.

Hidup itu memang seperti Roller Coaster, ada begitu banyak ketegangan, jungkir balik, putar sana putar sini, kadang di puncak ketinggian kadang di bawah. Lagi-lagi Dato Radzi Saleh mengalami kegagalan. Hanya dua tahun MLM yang ia jalani bersama temannya-temannya ini bisa bertahan.

Beliau memutuskan untuk berhenti sejenak dari bisnis MLM dan bejualan produk-produk kesehatan. Tapi beliau merasa kerja kerasnya ini tak sebanding dengan hasil yang ia capai. Hanya setahun beliau berjualan. Kemudian menganggur 6 bulan, sebelum akhirnya beliau bergabung dengan K-link Internasional Sdn Bhd dan bertemu dengan Darren Goh, pendiri K-Link Internasional.

Dato Radzi Saleh mengajukan diri bukan sebagai posisi manajem. Beliau merasa kecewa, karena kerap kali tidak bisa menjalankan nilai-nilai yang ia yakini untuk pengembangan bisnis ketika dalam posisi manajemen. Tapi Darren Goh justru menolak, dan tetap memasukkan beliau dalan posisi manajemen. Setelah memastikan visi dan misi mereka sama, barulah pada 2001, Dato Radzi Saleh bergabung dengan KLink.

Tahun 2002, K Link Internasional melebarkan sayap ke Indonesia. Dato Radzi Saleh diberi tanggung jawab mendirikan K Link Indonesia dan ditunjuk menjadi Direktur Utama. Tawaran tersebut dirasa berat, karena artinya Dato Radzi Saleh harus berpisah dengan keluarganya.

5 Rahasia Menjadi Tokoh Pengusaha Sukses

Tokoh Pengunsaha Sukses K Link Indonesia Dato Radzi Saleh

Pic Source: Mudrikah Stories

Namun meski berat, Dato Radzi Saleh tetap menjalani tanggung jawabnya. Menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab sepertinya menjadi salah satu kunci faktor bagaimana Dato Radzi Saleh bisa menjadi tokoh pengusaha sukses K Link Indonesia.

Menyimak acara Coffee Time secara streaming di FB aku mulai bisa menarik beberapa hal positif yang kiranya mungkin bisa kita tiru. Meski mungkin aku tidak pernah bermimpi menjadi tokoh pengusaha sukses, tapi bukan berarti aku tidak ingin menjadi orang yang lebih baik lagi.

Penasaran hal-hal positif apa saja yang bisa kita tiru dari Dato Radzi Saleh ini? Ini dia 5 rahasia menjadi tokoh pengusaha sukses.

1. Menjalankan syariat Islam

Sebagai umat Islam, tentu saja menjalankan syariat Islam merupakan sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar. Al Qur’an dan Al Hadist adalah pegangan. Memastikan semua yang dihasilkan adalah halal wajib hukumnya.

Itu sebabnya K Link Indonesia merupakan MLM Syariah.  K Link Indonesia mengajak masyarakat Indonesia lebih giat mencari penghasilan yang halal.

2. Mencintai Keluarga

Dato Radzi Saleh sangat mencintai keluarganya. Istrinya bercerita bagaimana suami ini sosok yang sangat romantis. Ketika terjadi pertengkaran, Dato Radzi Saleh akan berinisiatif untuk menyelesaikan masalah terlebih dahulu dengan mengirimkan kata-kata yang romantis.

Bagi Dato Radzi Saleh, K Link Indonesia bukan saja sebuah usaha. Tapi tokoh pengusaha sukses ini menganggap K Link Indonesia bagian dari keluarganya. Karena adanya rasa kekeluargaan itulah para anggota K Link Indonesia jadi lebih merasa nyaman dalam membangun karir lewat MLM Syariah.

3. Kejujuran

Kejujuran Dato Radzi Saleh membuat dirinya berhasil menjadi seorang tokoh pengusaha sukses. Sebagaimana yang ia dapatkan dari pelatihan mental di awal-awal ia memulai MLM:

Menjawab tidak tahu lebih baik daripada menjawab kebohongan

4. Pantang Menyerah

Menyimak kisah dari masa kecil Dato Radzi Saleh hingga akhirnya menjadi tokoh pengusaha sukses, jelas sekali bagaimana beliau orang yang pantang menyerah. Bayangkan bila beliau putus asa dan menyerah ketika mengalami kegagalan, belum tentu beliau akan bisa menjadi tokoh pengusaha sukses seperti saat ini.

5. Rendah hati

Ketika aku melihat sosok Dato Radzi Saleh ini, tidak ada kesan sombong terpancar dari dirinya. Padahal sebagai seseorang yang berada dalam kelompok tokoh pengusaha sukses, sepertinya sombong adalah yang wajar untuk dilakukan.

Tapi tidak begitu dengan Dato Radzi Saleh. Beliau adalah sosok yang sangat humble. Sebagaimana yang sering ia tekankan tidak perlu berlebih-lebihan. Bersikaplah rendah hati dan sewajarnya.

 

Coffee Time with Pak Radzi

tokoh pengusaha sukses K Link Indonesia Dato Radzi Saleh

Acara Live Streaming with Pak Radzi boleh jadi telah usai pada pukul 17.00 wib. Tapi aku justru terus bersiap-siap menuju gedung K Link Indonesia. Dengan senyum lebar, kali ini giliran aku bertemu dengan tokoh pengusaha sukses K Link Indonesia ini.

Acara yang berlangsung pukul 19.00 ini memiliki konsep yang berbeda dengan acara siang hari. Acara ini lebih ke dalam bentuk ramah tamah diiringi grup Amigos Band.

Malam itu Datok Radzi Saleh tak banyak memberikan motivasi di atas panggung. Beliau lebih banyak diberi kejutan merayakan ulang tahunnya.  Malam itu aku melihat secara langsung dengan mata kepalaku bagaimana tokoh pengusaha sukses ini begitu akrab dengan leader-leader dari MLM Syariah yang ia pimpin.

Mungkin sejatinya begitulah seorang pemimpin, tak ada kesan arogan, meski katanya beliau adalah sosok yang cukup keras terhadap anak buahnya, tapi ia tetap siap membimbing untuk kesuksesan bersama.

Semoga kisah bagaimana Dato Radzi Saleh, salah seorang tokoh pengusaha sukses ini bisa menjadi inspirasi kita semua ya.

Kalian punya tokoh pengusaha sukses favorit? Ayo ceritakan tentang tokoh pengusaha sukses favorit kalian di kolom komentar ya.

assalamu alaikum

dian ravi

DianRavi

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

9 Comments

  1. Point untuk selalu membahagiakan ibunda itu semoga makin banyak yang menerapkan ya mba. Soalnya banyak yang tak lagi menghormati ibundanya :(. SUkses buat pak Radzi ya. Berkah selalu

  2. Inspiratif. Jadi pengen berwirausaha

  3. Banyak banget ya tokoh sukses di Indonesia. Kebanyakan, mereka nggak lupa mengingatkan untuk ingat cinta dan Tuhan.

  4. Luar biasa perjalanan Datok Radzi Saleh ini ya mbak. Menginspirasi. Terkadang ingin juga memulai menjadi pengusaha. Walau tak sampai menjadi tokoh, setidaknya bisa membantu suami mencukupi kebutuhan keluarga

  5. Inspiratif sekali dato radzi , kalo sy selalu terngiang dengan sahabar Rasul seperti umar dan abu bakar meski pengusaha sukses kaya raya namun semua disumbangkan untuk Islam. Kalo sekarang sy sulit menemukan pengusaha yg tetep keren karena berbagi buat umat kecuali yg Muhammad Yunus dan Marina Kusumawardhani melalui program bisnis sosialnya.

  6. Ohh, yang punya K-Link itu orang Malaysia toh, hebat ya bisa bangkit dari keadaan pas-pasan, malah jadi perngusaha sukses, SALUT!

  7. Dato Radzi ini kisah hidupnya memberikan banyak inspirasi terutama untuk anak muda agar tidak mudah menyerah ya. Aku ngefans.

  8. Pantang menyerah dan rendah hati. Keluarga memang nomor satu..

  9. Aku pernah ketemu dengan dato’ dan istrinya. Mereka berdua orangnya rendah hati banget. Salut dengan mereka dan kesuksesannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *