Suka Wisata Instagramable? Jangan Lewatkan 9 Tempat Wisata Semarang Ini!

bismillahirrahmanirrahim,

Wisata Semarang. Ibu kota Jawa Tengah ini diam-diam membuat aku rindu. Rasanya sudah lama sekali aku enggak mengunjungi kota ini. Kalau aku tak salah ingat, terakhir kali aku berkunjung ke Semarang adalah ketika akan ke Karimunjawa, itu pun aku tak sempat menikmati wisata Semarang. Semarang hanya menjadi tempat singgah untuk menyeberang saja saat itu.

Kalau lihat dari postingan teman-teman dan media sosial, Semarang sudah enggak jauh beda sama Bandung. Wisata instagramable di Semarang semakin banyak. Sepertinya ini adalah sebuah pertanda kalau aku harus segera merencanakan liburan ke Semarang.

Ada yang sama mupeng dengan wisata Semarang seperti aku? Atau barangkali lagi cari tiket kereta murah? Yuk coba cek disini. Karena buat aku mencari tiket adalah salah satu langkah awal untuk memulai rencana perjalanan sambil membuat daftar tempat wisata yang ingin aku tuju.

Memangnya wisata Semarang apa saja yang sih yang tengah aku incar saat ini? ehehehe…. Banyak euy. Pasti ini efek aku butuh piknik. Sudah siap untuk mengintip 9 tempat wisata Semarang yang instagramable? Tarik napas, tahan sejenak, keluarkan! Yuk, silakan dilanjutkan bacanya.

9 Tempat Wisata Semarang yang Instagramable Incaran Dian Ravi

Ada banyak jenis wisata, mulai dari kuliner, sejarah, alam, dan lainnya. Tapi aku tuh paling suka menikmati yang namanya wisata instagramable. Ah, mohon jangan judge hobi memoto dan difoto aku. Jadi jangan heran, ketika memilih tujuan wisata Semarang pun aku akan mencari yang instagramable.

Kampung Batik

IG: SeputarSemarang

Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki ragam budaya dan sejarah panjang. Salah satu sejarhnya bisa kita pelajari dari Kampung Batik ini.

Di Kampung Batik yang berada di Kelurahan Rejomulyo ini terdapat lukisan mural sepanjang 46 meter yang menceritakan sejarah berdirinya Kota Semarang. Menarik? Bukan cuma bisa belajar sejarah, tapi kita juga bisa berpoto cantik di mural tersebut.

Buat aku pecinta kain nusantara, sudah pasti tak boleh melewatkan tempat wisata Semarang ini. Hanya saja mungkin harus menyiapkan ekstra saldo ketika kalap jajan batik.

Setiya Aji Flower Farm

IG: Eka_afd

Nah, tempat wisata ini cocok untuk kamu yang suka foto bersama cantiknya bunga-bunga yang tentunya bakal membuat fotomu menjadi lebih Instagramable.

Setiya Aji Flower Farm ini terletak di Jalan Kendalisodo, Bandungan, Piyato. Kamu lebih baik datang ke sini ketika pagi hari agar udaranya masih segar dan jangan lupa mengajak pasangan atau kerabat lainnya. Berbagai bunga yang cantik menjadi tempat yang pas untuk berfoto prewedding ataupun cocok untuk kamu kunjungi saat momen bulan madu. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 7.500 dan tempat ini buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Tapi ingat ya guys, sebagai pengunjung yang sopan, jangan sampai ketika kamu keasyikan berfoto justru malah merusak bunga.

Candi Gedong Songo

IG: novian_altelucav

Kata siapa di Semarang enggak bisa menikmati candi sambil foto-foto seperti di Candi Prambanan atau Candi Borobudur?

Komplek candi yang dibangun pada abad ke-9 Masehi ini memiliki arti sembilan bangunan. Lokasi ke-9 candi ini tersebar di lereng Gunung Unggaran yang menawarkan pemandangan yang indah.

Ayana Gedong Songo

IG: johaniswr

Surganya wisata selfi. Begitu mungkin kalau aku menyebutkan wisata Semarang yang satu ini. Ayana Gedong Songo punya sekitar 35 spot foto unik dengan berbagai tema. Mulai dari bubble tent, balon udara, sofa di tengah kolam, hammock, dan sebagainya.

Ayana Gedong Songo berada satu lokasi dengan kawasan Candi Gedong Songo. Jadi kita harus membeli tiket masuk Candi Gedong Songo dulu seharga Rp 10.000. Setelahnya baru kita membeli tiket masuk Ayana Gedong Songo seharga Rp 20.000 untuk orang dewasa.

Saloka Theme Park

IG: zaskiadyameca

Gara-gara lihat insta story-nya Zaskia Adya Mecca saat libur lebaran kemarin aku dibikin mupeng berat sama theme park yang justru baru resmi dibuka beberapa waktu lalu ini.

Saloka Theme Park, menempati area seluas 18 hektar dengan 20 lebih wahana permainan yang terbagi dalam 4 zona. Keren banget bukan? Zona Pesisir, Belalantar, Segara Prada, dan Zona Ararya. Tentunya masing-masing zona memiliki fasilitas yang berbeda.

Kota Lama

Kota Lama sudah pasti masih akan menjadi salah satu tempat yang wajib aku kunjungi di Semarang. Tak pernah bosan rasanya menikmati Kota Lama, sama halnya ketika aku yang betah berada di jalan Braga kota Bandung, juga Kota Tua di Jakarta.

Meski sudah berusia ratusan tahun, tapi bangunan di Kota Lama masih banyak yang berdiri tegak. Memberikan kecantikan tersendiri. Apalagi sekarang sudah banyak coffee shop di sekitar Kota Lama. Menikmati wisata Semarang di kawasan ini jadi semakin bikin betah.

Keleteng Sam Poo Kong

Bangunan peninggalan Cheng Ho ini menjadi salah satu destinasi wisata Semarang favorit aku. Rasanya harus kembali ke Keleteng Sam Poo Kong bila sedang berlibur di kota ini.

Apalagi harga tiket masuk Sam Poo Kong cukup ramah dompet. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 untuk dewasa, dan kita bisa puas mengeksplore gua batu besar bernuansa merah ini.

Pasar Semawis

Mari kita manjakan isi perut sejenak dengan wisata kuliner di Pasar Semawis. Dulunya Pasar Malam Semawis, yang berada di Pecinan Semarang ini adalah pasar malam yang diadakan beberapa hari menjelang perayaan Imlek pada tahun 2004. Sekarang, pasar jajanan ini selalu diadakan di akhir pekan, tepatnya di hari Jumat sampai Minggu di kawasan pecinan Kota Semarang, tepatnya di sepanjang jalan Gang Warung.

Lawang Sewu

Last but not least, Lawang Sewu. Sama seperti Kota Lama dan Keleteng Sam Poo Kong, bangunan tua bekas kantor kereta api yang dibangun pada tahun 1904 ini juga wajib dikunjungi.

Lupakan sejenak kisah mistis dari bangunan ini. Mari fokus pada seribu pintu yang terdapat di bangunan ini yang meminta diajak foto bersama. Harga tiket masuk pun ramah dompet kok, Rp 10.000.

Itu dia 9 wisata Semarang yang menurut aku instagramable. Kok rasanya jadi enggak sabar untuk bertualang ke ibukota Jawa Tengah ini. Ada yang traveling bareng aku?

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

3 Comments

  1. Terakhir ke Semarang teh… TK. Lama juga sih di sana. Ada 2 tahun mah. Tapi da masih TK, gak inget pernah kemana saja. Rencana mau ke sana lagi nostalgia sama Abah, culik tempat wisata icaran Dian aahhh…

  2. Kebetulan Agustus ini mau ke Semarang, baru tau ada spot foto sejarah sama bunga, Mau lah nanti ke kampung batik, kalo ke kota lama aku jg nggak pernah bosen tehh. Suka sm atmosfirnyaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *