Wonderful Indonesia: Pesona Kawah Putih yang Romantis dan Eksotis

bismillahirrahmanirrahim,

wonderful Indonesia

Jam baru menunjukkan pukul 08.00 pagi ketika kendaraan putih kami terparkir di area parkiran Kawah Putih. Sebenarnya parkir di atas ini terbilang cukup mahal, Rp 150.000 untuk kendaraan roda empat, belum termasuk tiket masuk. Apalagi aku hanya berdua saja dengan Mas Metra.

Tapi pagi itu kami memang buru-buru, aku sudah tak sabar ingin menikmati keindahan Kawah Putih sebelum semakin banyak orang berdatangan. Mengingat hari itu hari Minggu, sudah pasti Kawah Putih akan dipadati oleh pengunjung. Aku sedang tak ingin menggunakan Ontang Anting, kendaraan umum yang tersedia untuk menuju Kawah Putih, meski hanya perlu membayar Rp  35.000 per orang sudah termasuk tiket masuk tempat wisata.

Udara dingin dan bau belerang langsung seakan menyambut kedatangan aku di Kawah Putih, begitu kaki ini melangkah keluar pintu mobil. Aku bersyukur belum melepaskan jaket dari semalam ketika memutuskan untuk berkemah di Ranca Upas.

Langkahku terhenti sesesaat ketika seorang pedangang menjajakan masker seharga Rp 5.000 menghampiri. Agak sedikit mahal memang. Tapi aku tak punya pilihan mengingat aku lupa membawa masker sendiri dari rumah. Padahal menggunakan masker sangat dianjurkan di sini, mengingat bau belerang yang sangat kuat dari dalam danau.

Pesona Kawah Putih yang Romantis dan Eksotis

wonderful indonesia kawah putih

Setelah menuruni anak tangga, akhirnya danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha itu menyambut kedatanganku. Berada di ketinggian 2434 Mdpl, tanah di sekitar kawah ini berwarna putih akibat tercampur belerang, sementara air di danau ini berwarna toska, dan kadang berubah menyesuaikan dengan kadar belerang yang ada air danaunya, serta cuaca dan suhu.

Aku tak bisa menemukan kata lain untuk menggambarkan pesona Kawah Putih ini selain cantik. Aku memang bukan tipe orang yang bisa mendeskripsikan sesuatu. Tapi yang pasti pemandangan di Kawah Putih ini sungguh breath taking. Dengan suhu sekitar 22 derajat celcius di siang hari yang membuat aku harus berjuang melawan rasa dingin, aku tak lantas minta buru-buru kembali ke tempat parkir. Padahal petugas setempat terus mengingatkan, kalau batas waktu di tempat ini adalah 15 menit, karena khawatir  bau belerang akan membuat sesak napas.

wonderful indonesia kawah putih

Selain kawahnya, hutan kecil dengan deretan pohon Cantigi juga menarik perhatianku. Seakan pohon-pohon ini memang sengaja tumbuh untuk membuat Kawah Putih semakin terlihat eksotis sekaligus romantis. Tak heran kalau banyak yang menjadikan objek wisata ini sebagai tempat untuk foto Pre Wedding. Aku pun tak ingin ketinggalan, ikut mengabadikan momen berduaan dengan suami tersayang.

wonderful indonesia kawah putih

Siapa yang sangka kalau tempat cantik ini dulunya dianggap tempat yang angker oleh masyarakat setempat. Mereka memiliki keyakinan kalau Kawah putih ini adalah  tempat bersemayamnya arwah para leluhur mereka dan menjadi pusat kerajaan bangsa Jin. Adanya burung yang terbang di kawasan ini dan jatuh mati memperkuat keyakinan ini. Kawasan Kawah Putih ini baru dibuka untuk publik tahun 1987.

wonderful indonesia kawah putih

Cara Menuju Kawah Putih

wonderful indonesia kawah putih

Indonesia memang penuh dengan tempat-tempat wisata yang memukau. Kawah Putih hanyalah salah satu dari bukti Wonderful Indonesia. Bagi yang ingin berwisata ke tempat ini, aksesnya juga cukup mudah kok.

Kawah Putih yang masuk wilayah Bandung Selatan ini terletak di jalan Raya Soreang – Ciwidey KM 25. Mudah sekali menuju tempat ini, apalagi jika membawa kendaraan pribadi. Karena kini sudah ada tol Pasir Koja- Soreang, dari Soreang tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Ciwidey. Tak perlu takut nyasar, karena papan  petunjuk arah menuju Ciwidey cukup banyak. Bila perjalanan lancar, tak sampai 2 jam untuk tiba di Kawah Putih dari kota Bandung.

Saran dari aku bila ingin mengunjungi Kawah Putih, bawa jaket juga masker. Siapkan sedikit stamina untuk turun dan naik tangga  menuju kawah. Bagi yang lanjut usia tak perlu khawatir tidak bisa menikmati Kawah Putih karena harus melewati tangga. Bisa kok menikmati keindahan Kawah Putih dari atas.

Untuk harga tiket masuk ke Kawah Putih dikenakan tarif sebesar Rp 18.000,- per orang, sementara untuk wisatawan asing sebesar Rp 50.000,-. Seperti yang sudah aku ceritakan, tempat parkir kendaraan terbagi dua, di atas seharga Rp 150.000,- untuk kendaraan roda empat, dan di bawah sebesar Rp 6.000,-Bila parkir di bawah tentunya harus naik Ontang Anting untuk sampai ke atas, harga tiketnya Rp 13.000,- untuk pulang pergi per orang. Menurut aku sih jelas lebih murah naik Ontang Anting.

So, sudah siap untuk menikmati wonderful Indonesia ke Kawah Putih? Aku sudah tak sabar untuk menjelajah ke tempat-tempat wisata lain di Indonesia. Alam Indonesia memang penuh pesona ya.

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Wonderful Indonesia Blog Competitions 2018. Ayo ikutan dan ceritakan kisah kamu menjelajah kecantikan alam Indonesia. Untuk pendaftaran bisa dilihat di sini ya.


wonderful indonesia blog competition

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

9 Comments

  1. Aku pernah ke kawah putih tspi gacpunya foto bagus2 karena ya masih baru2 pacaran, masi malu2 kucing kucingan gitu. Kawah putih ini ngangemin deh. Kalau kubilang beautiful disaster.

  2. Impian banget bisa ke Kawah Putih dan foto berdua sama suami kek gitu teeh…
    Belom…kami belom sampai sini.

    Bismilllah~
    Semoga aku bisa juga ke Ciwidey.

  3. Romantis gitu kok angker yaaa. Aku jadi bayangin kaya drama2 terus ada gadis cantik muncul dr kawah dan terbang, hahaha

  4. Ooh ternyata jatah waktunya cuma 15 menit ya. Pendek sih, tapi ya gimana, demi kesehatan

    Tapi ya aku tetep akan ke sana sih kalau ada kesempatan. Terkenal euy

    Dulu kayaknya pernah jadi tempat syuting film My Heart

  5. Wah aku dari dulu pengen banget ke siniii.
    Btw tempatnya dibioang angker mungkin karena suasananyaa..
    Semoga bisa ke sini nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *