Healthy

7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Bisa Dilakukan Sehari-Hari

bismillahirrahmanirrahim,

Kalau dipikir-pikir enggak sedikit hal positif yang diajarkan selama masa pandemi ini. Salah satunya yang aku rasa adalah belajar untuk lebih peduli sama kesehatan tubuh. Harus aku akui, sebelum masa pandemi, aku suka agak abai terhadap kesehatan. Kalau belum ambruk, artinya aku masih sehat. Padahal belum tentu juga. Sering banget aku memforsir tubuh dalam bekerja. Ada yang sama nggak sama aku?

Makanya sekarang aku belajar untuk lebih mendengarkan kondisi tubuh. Aku juga mulai rajin mencari tips-tips untuk menjaga imun tubuh. Biar gimana pun pasti maunya kan sehat-sehat selalu ya. Nah, lewat tulisan ini aku mau berbagi tips tentang cara meningkatkan imun tubuh yang bisa dilakukan sehari-hari biar enggak gampang terkena penyakit.

7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh

1. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup merupaka salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Caranya juga enggak sulit. Tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, bisa membuat tubuh kita rentan terkena penyakit.

Usahakan untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap harinya atau 2 liter, biar cairan dalam tubuh selalu tercukupi. Mau air hangat ataupun air dingin tak jadi masalah.

2. Istirahat yang cukup

Siapa yang rajin begadang? Hati-hati, istirahat yang kurang bisa mengakibatkan daya tahan tubuh turun lho. Bagi orang dewasa, sebaiknya tidur 7-8 jam setiap harinya, sementara bagi anak-anak 10-12 jam sehari. Tidur kurang dari 6 jam bisa membuat tubuh rentan terkena flu.

Saat kita tidur, tubu akan memperbaik sel-sel yang rusak serta membentuk sistem imun secara alami. Jadi, yuk biasakan istirahat yang cukup setiap harinya. Jangan terlalu memforsir tubuh kita.

3. Olahraga yang teratur

Yuk, mulai berolahraga secara rutin, paling tidak 30 menit setiap harinya atau minimal 3-5 kali dalam seminggu. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
Ketika kita melakukan rolahraga, tubuh akan melepaskan banyak hormon yang bisa membantu tubuh meredakan stres dan memperkuat otot dalam tubuh. Olahraga enggak harus ke gym atau mengeluarkan biaya mahal kok. kamu bisa melakukan jenis olahraga yang kamu sukai dan mudah, seperti jalan kaki, lari, atau juga lompat tali.

4. Berjemur

Tips cara meningkatkan imun tubuh berikutnya adalah dengan cara berjemur. Enggak perlu dilakukan setiap hari, tapi paling tidak 3 kali dalam seminggu, antara pukul 09.00 – 10.00 selama 10 – 15 menit. Berjemur di pagi seperti ini bisa memicu Vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Makan makanan yang sehat

Pola makan juga harus dijaga agar tubuh tidak rentan terkena penyakit. Perbanyak makan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin. Dan hindari makan makanan siap saji. Kalau cuma sesekali sih tidak apa-apa. Asal jangan sering-sering.

Selain asupan makanan, jangan lupa makan yang teratur. Makanlah 3 kali sehari dengan gizi yang seimbang agar tubuh selalu sehat.

6. Kelola stres

Stres dan terlalu banyak pikiran ternyata juga bisa menurunkan daya tahan tubuh, enggak baik buat kesehatan. Sebaiknya belajar untuk mengelola stres biar tubuh sehat. Tapi memang enggak mudah.
Kelola stres bisa dilakukan dengan cara meditasi, beribadah, atau juga dengan melakukan hobi kamu. Bila kamu sedang mengalami masalah yang cukup berat, tak ada salahnya untuk minta bantuan ahlinya. Kesehatan harus selalu jadi nomor satu.

7. Konsumsi suplemen

Sebagai pelengkap dari semua cara-cara meningkatkan daya tahan tubuh sebelumnya, sebaiknya kamu juga tetap konsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama yang mengandung Vitamin C.

Salah satu suplemen andalan aku adalah Redoxon yang mengandung Vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imun. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, Redoxon juga dapat digunakan sebagai suplemen atau tambahan untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin dan mineral. Redoxxon ini juga bisa vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil.

Nah, itu tadi beberapa tips cara meningkatkan daya tahan tubuh sehari-hari yang bisa kamu ikuti juga. Semoga bermanfaat ya. Semoga teman-teman semua diberi kesehatan selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.