Business

Peran Remittance dalam Pengembangan Bisnis di Era Digital

Pic Source: PEXELS

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, dunia bisnis juga mengalami banyak perkembangan, salah satunya adalah tumbuhnya industri digital di berbagai negara. 

Hal ini dikarenakan, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses berbagai informasi dari internet sehingga untuk melakukan bisnis dengan warga negara asing yang berpeluang cuan adalah hal yang sangat memungkinkan. 

Apalagi dengan munculnya cara transfer uang ke luar negeri yang bisa dilakukan dengan mudah melalui layanan remittance, pastinya akan membuat bisnis yang Anda lakukan dengan partner beda negara akan mudah berkembang. 

Namun, ada catatan yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Sekalipun kehadiran remittance sebagai layanan perbankan masa kini. Anda butuh pemahaman mengenai remittance atau transfer valas dengan baik. Kenapa demikian? Simak ulasannya di bawah ini. 

Mengapa Remittance itu Penting untuk Pengembangan Bisnis?

Untuk semua sektor bisnis yang telah atau akan dikembangkan secara global, penting sekali memahami apa yang dimaksud dengan remittance, fungsi sekaligus perannya untuk bisnis.

Berbisnis di pasar mancanegara berbeda dengan yang dilakukan di dalam negeri. Pasalnya, transaksi antar negara membutuhkan mata uang berbeda. Karenanya, pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya di luar negeri juga perlu memahami cara bertransaksi dengan valuta asing (valas) atau istilahnya remittance

Hal ini dikarenakan untuk bisnis skala internasional tentu berbeda dengan bisnis dalam negeri. Pasalnya, transaksi antar negara butuh mata uang berbeda. Oleh karenanya, sebagai pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya ke kancah internasional, tak cukup rasanya sekadar tahu tentang cara transfer uang ke luar negeri atau biaya transfer uang ke luar negeri saja. 

Namun, sebaiknya pebisnis juga mengetahui istilah dan jenis-jenis layanan perbankan dari remittance yang cocok digunakan untuk bisnis Anda. 

Jenis Cross Border Remittance dalam Dunia Bisnis

Dari pemaparan singkat di atas, sebenarnya bisa dilihat jika remittance ini terbagi menjadi dua jenis, yakni cross border inward remittance dan cross border outward remittance. 

  • Cross Border Inward Remittance

Inward remittance berarti proses pengiriman atau transfer uang ke dalam negeri. 

Pengiriman uang dapat dikreditkan pada bank asing yang ditunjuk sesuai dengan instruksi bank negara pengirim atau rekening penerima yang ditunjuk.

  • Cross Border Outward Remittance

Sedangkan outward remittance adalah proses transfer uang ke luar negeri. Pengiriman uang sendiri juga bisa dikreditkan pada bank yang ditunjuk oleh pengirim dari pemohon pengiriman uang.

Meskipun semua transaksi dilakukan secara virtual, tetapi untuk proses remittance sendiri tetap membutuhkan waktu. Itulah mengapa, jika dibandingkan dengan pengiriman uang antar daerah dalam negeri, remittance terbilang sedikit lebih lama. 

Apa Peran Remittance dalam Pengembangan Bisnis?

Sudah jelas jika remittance memiliki peran yang sangat penting untuk kemajuan bisnis antar negara. Remittance tidak hanya memudahkan dalam hal transaksi, tetapi bagi para pebisnis juga bisa menjangkau pasar global dan melayani lebih banyak konsumen dari berbagai negara. 

Mari kita simak beberapa keuntungan atau peran remittance yang bisa dinikmati oleh para pebisnis, antara lain: 

  • Mempermudah ekspansi bisnis ke luar negeri.
  • Mempermudah transaksi antar negara.
  • Mendukung dan meningkatkan keuntungan perdagangan masing-masing negara.
  • Peluang mendapatkan akses pendanaan bisnis lebih luas.
  • Melakukan transaksi internasional dengan lebih cepat.
  • Membuka kesempatan masyarakat untuk lebih mengenal transaksi perbankan dalam bisnisnya.
  • Menekan biaya produksi, karena biaya pengiriman terbilang lebih terjangkau.
  • Memberikan rasa aman saat melakukan transaksi internasional.
  • Membantu kegiatan ekspor impor agar lebih mudah.

Setelah mengetahui berbagai keuntungan remittance bagi bisnis internasional, mungkin Anda juga bertanya, bagaimana agar bisa mendapatkan layanan remittance yang baik dari layanan perbankan?

Jawabannya adalah pilih penyedia layanan Remittance terpercaya dan aman. Dalam hal ini, tentunya Anda harus jeli. Setidaknya, Anda pastikan terlebih dahulu jika aplikasi perbankan tersebut benar-benar aman dan berada langsung di pengawasan lembaga pemerintahan.

Pic Source: PEXELS

Transfer Uang ke Luar Negeri untuk Bisnis Dengan Aman

Remittance merupakan cara bijak untuk melakukan pembayaran pembelian barang, baik secara impor maupun ekspor. Karena kemudahan ini, setiap pebisnis dari berbagai negara bisa melakukan transaksi sesuai kebutuhan, dengan biaya transfer uang ke luar negeri sesuai tujuan.

Hal ini pula yang diberikan oleh digibank by DBS melalui kemudahan transfer untuk semua pengguna. Ada beberapa keunggulan transfer valas menggunakan digibank by DBS, antara lain : 

  • Transfer uang lebih praktis bisa kapanpun selama 24/7 lewat Aplikasi digibank by DBS.
  • Bebas biaya transfer uang ke luar negeri lebih dari 20 negara untuk 7 mata uang berbeda yaitu SGD, EUR, AUD, USD, HKD, CAD dan GBP.
  • Menawarkan FX rate yang kompetitif
  • Sampai di hari yang sama untuk transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Melakukan remittance atau transfer uang ke luar negeri, kini semakin mudah dengan digibank by DBS. Hanya menggunakan ponsel saja, keperluan pembayaran pengembangan bisnis Anda bisa diselesaikan dengan cepat, mudah dan aman.

Tunggu apa lagi? Sudah punya Aplikasi digibank by DBS di smartphone Anda? Yuk unduh jika belum. Agar Anda juga ikut merasakan jika remittance salah satu inovasi luar biasa yang memudahkan bisnis skala internasional. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *