Resep Sup Telur Puyuh Praktis Favorit Keluarga

bismillahirrahmanirrahim,

Setiap pagi kembali datang, lagi-lagi aku dibikin bingung memikirkan: “Masak apa ya hari ini?” Ada yang punya pengalaman sama dengan aku? Aku yakin, I’m not alone. Pasti semua ibu rumah tangga memikirkan hal yang sama.

Beberapa tahun terakhir ini, sudah menjadi tugas aku mengurus urusan rumah yang diisi dengan 8 orang. Besar ya rumah aku, dalam satu rumah saja terdiri dari 3 Kartu Keluarga lho. Ahahaha….

Mari kembali ke permasalahan utama, memikirkan menu masakan. Aku tahu ada baiknya bikin menu itu untuk sebulan. Aku pernah mencoba begitu juga, tapi ternyata aku memang bukan manusia yang cocok hidup dalam sebuah perencanaan, lebih senang hidup serba dadakan, termasuk memikirkan menu harian.

Cuaca Jakarta beberapa hari terkahir ini terasa sejuk. Yang ada di dalam kepala aku makanan yang berkuah dan hangat pasti nikmat untuk menu makan malam. Tapi bikin apa ya?

resep sup telur puyuh

Dengan jumlah anggota keluarga yang besar, sudah tentu seleranya juga berbeda-beda. Adikku aku suka makan daging, tapi mama, papa, serta Mas Metra justru mengeluh kalau dikasih menu daging, ayam saja hanya bisa sesekali tersajikan di rumah, padahal rumah aku berjualan ayam kampung siap saji. Repot ya? Telur menjadi satu-satunya yang selalu tidak pernah membuat kecewa orang rumah.

Oke, kalau begitu aku akan membuat sup telur puyuh saja untuk malam ini. Kalian pada suka juga enggak sama sup telur puyuh? Aku mau berbagi resep sup telur puyuh ya, biar bisa pada ikutan bikin.

Resep Sup Telur Puyuh

Bahan

  • 30 buah telur puyuh
  • Buncis
  • Wortel
  • Jamur
  • Kol
  • Air
  • Masako Kaldu Ayam
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Daun Bawang
  • Seledri
  • Bawang putih

Cara membuat Sup Telur Puyuh

  1. Rebus telur puyuh terlebih dahulu, kupas cangkangnya.
  2. Siangi buncis, potong sekitar 3 cm.
  3. Potong wortel bentuk bulat
  4. Iris kol
  5. Tumis bawang putih hingga harum
  6. Rebus air yang telah disiapkan
  7. Setelah air mendidih, masukan bawang putih, buncis, wortel, kol, dan telur puyuh.
  8. Masak semua bahan sampai setengah matang, tambahkan jamur, Masako Kaldu Ayam, gula pasir, garam, merica bubuk, dan pala bubuk.
  9. Aduk semua bahan hingga matang.
  10. Sebelum diangkat, tambahkan daun bawang dan seledri, aduk sebentar, angkat.

Cukup praktis bukan resep sup telur puyuh yang aku bikin untuk hidangan makan malam ini? Oh iya, di rumah aku masak itu hanya untuk makan malam saja. Kalau untuk siang tergantung ada orang atau enggak, biasanya hanya menyajikan sisa makan malam.

Masak itu buat aku sebisa mungkin enggak bikin repot. Maklum, aku enggak jago masak, dan meski sering kali ada di rumah tapi aku juga punya kesibukan sendiri. Kalau enggak dikejar deadline, aku ditemani setumpuk jahitan. Karenanya aku suka banget masak pakai Masako, bumbu penyedap masak yang praktis untuk urusan kaldu.

4 Keunggulan Masako, Bumbu Penyedap Masak

Masako. Teman-teman pembaca DianRavi tentunya sudah pada kenal sama bumbu penyedap masak keluaran Ajinomoto ini dong. Masako ini bumbu penyedap masak andalan aku banget. Dengan dua varian rasanya, daging dan ayam, menjadi pelengkap dalam menu masakan aku.

Kenapa aku memilih Masako jadi bumbu penyedap masak? ini nih 4 keunggulan Masako, yang bikin aku memilih produk ini.

1. Alami dan Lengkap

Masako dibuat dengan daging ayam & sapi berkualitas dengan kandungan ekstrak daging yang banyak, dan diperkaya bumbu rempah pilihan. Intip deh komposisi Masako berikut ini:

2. Rasa Kaldu Lebih Lezat

Menurut aku, Masako itu memiliki rasa dan aroma kaldu yang kuat, diperkaya dengan rasa bumbu serta dengan rasa gurih yang pas.

3. Praktis & Ekonomis

Masako, bumbu penyedap masak ini terjangkau banget harganya. Enggak sulit lagi untuk mendapatkannya. Aku bisa sekalian belanja di pasar dengan harga Rp 1.000 per 2 bungkus.

Apalagi masaknya praktis. Aku enggak ribet harus bikin kaldu dulu terlebih dahulu.

4. Halal

The most important thing, Halal. Sebagai umat muslim sudah tentu dong aku wajib memastikan semua yang aku sajikan adalah makanan yang halal. Nah, Masako ini sudah mengantongi sertifikat Halal dari MUI, so no worries.

Itu dia 4 alasan aku kenapa memilih Masako jadi bumbu penyedap masakan di rumah aku. Apalagi setahu aku, Masako itu yang pertama dan satu-satunya perusahaan di dunia yang menampilkan proses produksi “Masako” secara live.

Kalau aku sudah share resep sup telur puyuh, kalian masak apa nih? Jangan lupa pakai Masako, bumbu penyedap rasa ya.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

31 Comments

  1. Belum pernah nyoba kalo ditambah telur puyuh mbak, tapi kayaknya enak banget gitu ya, pagi-pagi liat postingan tentang makanan bikin laperrr

  2. Enak nih sup telurnya. Kalau aku pengen masak sup ceker ayam nih kayaknya. Aku suka stok Masako juga nih di rumah karena harganya murah meriah dan bisa dibeli di warung terdekat.

  3. Wah makanan jadi lebih lezat. Pagi pagi baca postingan kak Dian jadi laper. Cukup ga itu kak buat sekeluarga, saya kalau liat telur puyuh ni agak gmn. Mau ngabisin

  4. Mirip kayak istri saya kadang suka bingung mau masak apa. Alhasil browsing dulu untuk nyari menu makanan yang gak sama dalam 1 minggu, biar bervariasi gitu lah.

    Tapi boljug nih resep telur puyuhnya, cocok buat musim dingin kayak sekarang ini.

    BTW ditunggu komennya di artikel terbaru tentang Aplikasi Club Alacarte. Makasih ya mba Dian

  5. Aku jg paling suka so buatan mamah aku, tp kalau sup telur puyuh blm pernah coba. Nanti aku coba buat sndiri ahh, apalgi pas musim hujan, angeet enak.

  6. aku sama ibu kalo masak bareng juga kadang suka nambahin telur puyuh. sedap banget yaa mbak. apalagi pake masako. aku juga sedia masako lho di dapur. biar makin gurih nikmat masakannya. dan praktis pula tinggal sobek, tuang deeeh. hhi

  7. Maafkan saya mbak, jika selama membaca tulisan tentang sop telur puyuh ini yang terjadi adalah khayalan perihal bagaimana menikmati sop telur puyuh.
    Saya membayangkan betapa nikmatnya, menikmatinya dengan ditemani sepiring nasi hangat, dengan sambal terasi plus potongan tempe serapah (goreng) dan tahu goreng, lalu dinikmati bersama keluarga, sungguh nikmatnya aduhai betul..

    Membayangkan saja, saya jadi ingat keluarga di kampung halaman, yang mana setiap sore sering melakukan ritual itu, hanya bedanya kami seringnya menikmati sop sayur biasa, kadang sop sayur yang dicampur gajih ayam, atau sop sayur yg ditambah teman makaroni..

    Sungguh, itu nikmat betul :9

  8. Nah, aku suka telurnya, tapi malas mengupas. Hihi
    Apapun masakannya, yang simpel dan gampang akan aku cobain. Haha
    Thanks mba resepnya

  9. Aku belum pernah bikin sup telur puyuh, biasanya kukecapin atau dikasih santan. Yang bening gini boleh juga dicoba di rumah. Tambah Masako juga enak

  10. aduh enaknya makan sup telur puyuh gini pake nasi anget, terus minumnya teh tawar anget, nikmaaatt.. aku juga stok masako dong di rumah

  11. Wadu.. Udh lama jg ga masak pake telur puyuh yaaa.. Dan blm pernah bikin dikasih masako, kapan2 mau coba ahhhh..

  12. Duh kaaak. Ini simpel dan enak banget. Tahu aja sih bikin orang ngiler. Walaupun ngga pake ayam pasti kaldunya bakal berasa banget. Jadi kepengen seruput kuahnya deh… Sedeeeep

  13. anakku suka banget sama telur puyuh, kalau dimasakin telur puyuh pasti di ambil telur puyuhnya aja hihihi.
    Btw, resepnya simpel banget mbak, bisa di contoh..

  14. Aku bikin rencana masak seminggu aja gak tercapai gimana sebulan. Wkwkwk. Kadang bahannya itu susah menyesuaikan dan faktor mood. Etapi aku kalo bikin sop itu bumbunya pake bawang merah pas tumis. Belum pernah coba yg bawang putih doank

  15. Wow…teteh,
    aku jadi pingin masak Sup telur puyuh.
    Biasanya teteh beli telur puyuh yang sudah matang atau di godog dulu?

    Aku suka jamuuurr…
    Yumm~ banget teteeeh…

  16. Telur puyuh kesukaan anak-anak, kalau dibikin sup, pasti dipilihin telur puyuhnya buat dimakan duluan, hihihi, masako juga jadi andalanku untuk masak, masakan jadi terasa lebih gurih dan enak, deh

  17. Baru aja kemarin mama aku masak sup telur puyuh. Nanti aku co2kin deh resepnya. Siapa tau kalo mama aku belum dipakein Masako. Biar rasanya makin nikmat harus dikasi penyedap yang pas*

  18. Aku cowok tapi bisa masak juga lho!…
    Dan setiap kali masak apapun gak sedep kalao belum pake masako..
    Emang mantab lah bumbu masakan yang satu ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *