Event

Narobil, Solusi Cara Menagih Tanpa Digalakin Lagi

Bismillahirrahmanirrahim,

Wajah yang tadinya sumringah itu mendadak ditekuk. Fokusnya kini tertuju pada layar smartphonenya. Ketika aku tanya ada masalah apa, dia hanya menjawab singkat: “Aku tuh cuma lagi bingung aja harus pakai cara menagih gimana lagi ini untuk iuran kaos kelas.”

cara menagih

Suka Duka Para Bendahara

Yang pernah menjadi bendahara pasti tahu sekali betapa sulitnya menagih iuran. Rasanya full of drama. Selalu ada saja alasan untuk telat membayar iuran. Sampai tak jarang kita yang bendahara berpikir: “Jangan-jangan cara menagih kita ini salah.”

Eh tapi memang harusnya gimana sih cara menagih itu? Kan cuma tinggal ngingetin: “Ayo jangan lupa bayar iuran ya.” Rasanya mudah ya. Tapi kenyataannya tidak semudah itu, Fulgoso. Karena ketika kita menagih baik-baik kemudian ada saja yang akan membalas dengan jawaban galak: “Iya, nanti gue bayar. Bawel banget sih.” Atau berakhir dengan mendengarkan curhatan, “Elo sih enak belum ada anak, bayar Rp 50.000 arisan mudah. Lah gue kan anak dua, bayar sekolah mahal, Rp 50.000 itu berat banget.”

cara menagih

Soal susah cara menagih utang ini sudah menjadi rahasia umum sih. Sampai banyak meme soal yang ditagih lebih galak daripada yang nagih. Sedih banget kan?

Melihat ada banyaknya permasalahan seputar bayar tagihan dalam sektor informal, Jatelindo, yang selama 14 tahun ini dikenal sebagai biller agregator, kini memberikan solusi praktis menagih lewat Narobil.

Narobil, Solusi Cara Menagih Tanpa Digalakin Lagi

cara menagih

Kabar gembira buat yang suka merasa pusing dalam menagih uang arisan, iuran kaos kelas, iuran warga, dan segala bentuk iuran non formal lainnya, kini sudah ada cara mudah menagih tanpa harus digalakin sama yang ditagih. The drama is now over.

Ini dia solusi praktis menagih. Narobil, sebuah platform berbasis website akan memudahkan kita dalam membuat dan menarik tagihan sekaligus melakukan proses pembayaan dengan berbagai channel.

Merasa baru kenal dengan Narobil? Enggak usah buru-buru merasa enggak up to date, karena memang Narobil ini masih terbilang baru. Kebetulan, aku diundang untuk menghadiri Media Gathering Narobil, pada 14 Februari 2019 lalu. Makanya aku jadi sedikit lebih tahu soal Narobil ini.

Selama 14 tahun sebagai biller agregator, Jatelindo sudah pasti sangat pasti sangat mengedepankan profesionalisme dan integritas dalam seluruh aspek pelayanan. Jadi siapa saja yang berhak menggunakan jasa Narobil?

cara menagih

Semua sektor informal bisa menggunakan layanan Narobil loh. Mulai dari RT, RW, arisan, komunitas, hingga alumni bisa dengan mudah menggunakan Narobil. Yang harus diingat, Narobil ini adalah perantara dalam menagih sehingga tidak perlu semua anggota ikut daftar Narobil, cukup yang jadi bendahara atau ketua yang bertugas menagih.

Pic by: Novitania

Hadirnya Narobil, diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi penarikan dan pembayaran tagihan yang cepat, mudah, tidak bikin repot, apalagi sampai membuat kegiatan dan hubungan komunikasi di masyarakat jadi terhambat.

Armanto Idham Hadju, Direktur Utama PT Jatelindo Perkasa Abadi

Cara Menagih Mudah Ala Narobil

cara menagih

Ada dua macam layanan yang ditawarkan oleh Narobil, yaitu Self Service dan Custom Service. Tapi untuk iuran skala arisan, uang komunitas, iuran RT/RW disarankan untuk menggunakan layanan Self Service yang langsung bisa digunakan begitu kita sukses mendaftarkan diri di Narobil.

Bagaimana cara menagih di Narobil? Mudah sekali. Akan aku jelaskan langkah-langkahnya biar kalian makin yakin kalau mudah.

  1. Kunjungi website Narobil.id, masuk menu Self Service dan daftar.
  2. Isi data diri, pelajari syarat dan ketentuan sebelum menekan tombol DAFTAR.
  3. Verifikasi data akan dikirimkan melalui email. Klik link yang ada di email
  4. Lengkapi dokumen yang diminta, seperti No rekening, foto buku rekening, foto NPWP, dan foto KTP
  5. Setelah sukses mendaftar, kita akan akan mendapatkan no ID dan Password.
  6. Gunakan no ID dan Password dari Narobil untuk mengkoordinir bayaran. Tinggal input nama, no handphone, serta email tertagih.

Mudah sekali bukan? Kalau langkah 1-6 sudah kita lewati, kita tinggal menikmati aktivitas seperti biasa dan biarkan Narobil yang menagih. Oh iya, dalam satu event, kita bisa memasukan lebih dari 100 nama loh.

Siapa yang senang dengan kehadiran Narobil? Aku sih senang sekali. Beberapa tahun terakhir ini aku sampai trauma enggak mau ikut arisan gara-gara arisan yang terakhir aku ikuti berakhir dengan susah ditagih. Sekarang aku tinggal ngajuin pakai Narobil saja untuk bayar tagihan online. Acara kumpul-kumpul sudah pasti jadi semakin menyenangkan, enggak pakai sindir-sindiran soal bayar tagihan.

cara menagih
Pic by: Novitania

Narobil, Mudah Nagihnya, Mudah Bayarnya!

17 thoughts on “Narobil, Solusi Cara Menagih Tanpa Digalakin Lagi”

  1. salut dengan yang punya ide buat buat nih aplikasi, tahu banget kalau kejadian yang ditagih lebih galak dari yang nagih sering terjadi 😀

    1. Tolong tolong, ini bisa buat nagih utang juga kan? Udh hampir setaun cuma makan janji manis nih, kalo ditanya galak banget! Terakhir malah cuci tangan pake blokir segala, bayklaaaa

  2. Akuuu jadi bendahara kelas dan dikatain rentenir coba. Lelah hayati deh! Dan sekarang ini memang lbh galak yg utang daripada yg ngutangin. Next time nyoba Narobil

  3. Tolong tolong, ini bisa buat nagih utang juga kan? Udh hampir setaun cuma makan janji manis nih, kalo ditanya galak banget! Terakhir malah cuci tangan pake blokir segala, bayklaaaa

  4. Waaah bagus nih ada narobill, jd gak ribet tagih menagihnyaaa. Urusan jd bendahara lumayan teringankaan baru tauu akuu mbak dian kalau ada aplikasi macam narobil ini hehhee makasih yaak sharingnyaa, lama banget rasanyaa aku nggak mampir kesinii. . Makin kecee ajaa mbak

  5. Kalo handphone yang ditagih masih zadul, bisa juga gak, teh Di…pake apps ini?
    Khawatir mesti sama-sama instal apps ini baru bisa efektif digunakan.

    Tapii…
    Meme nya lucu, teh…
    Bhahaha~

  6. Boleh juga nih aplikasinya. Cocok buat bendahara yang kebetulan pemalu. Nagih utang menurut aku lebih ngeselin dari nagih iuran rutin. Ada sensasi emosional yang seringkali bikin bimbang sampai perut mules. Siplah kalau sudah ada cara mudah mengatasinya.

  7. Ini berarti yg ditagih pun harus minimal ada email gtu ya mbak? Eh apa bisa lewat SMS jg ya?
    Cocok nih buat iuran RT atau arisan emak2 milenial haha. Emang duka jd bendahara kyk nagih2 gtu ya mbak jdnya kyk nagih utang, pdhl kan kewajiban yaa yg ditagih dan harusnya udah kesadaran masing2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.