bismillahirrahmanirrahim,  

Sekarang ini bisnis startup semakin berkembang di Indonesia. Bisnis startup biasanya dimulai dari ide-ide yang sederhana. Bisnis startup memang berbeda dengan bisnis pada umumnya. Bisnis yang umum biasanya menjual apa yang diinginkan oleh pasar atau masyarakat, namun pada bisnis startup menekankan pada memberikan solusi atau dikenal juga problem solving untuk suatu permasalahan tertentu dengan lebih memanfaatkan teknologi.

Sayangnya, seringkali bisnis startup terbentuk dalam ketidakpastian. Tak sedikit yang membangun bisnis ini sekadar ikut-ikutan tanpa memahami dasar-dasar yang harus dilakukan. Tak sedikit yang model bisnis, target pasar, bahkan hingga ide produk tidak dipikirkan dengan pasti saat hendak memulai bisnis startup ini. Untuk itu, bila kamu ingin memulai bisnis yang satu ini, berikut ini beberapa tips langkah awal untuk membuat bisnis startup dari konsep ide sederhana yang kamu miliki.

5 Langkah Membangun Bisnis Startup

Membuat ide

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisnis startup merupakan bisnis yang menggunakan teknologi untuk menyelesaikan masalah yang ditemui sehari-hari dalam masyarakat kita. Karenanya ide bisnis bisa kamu dapatkan kapan saja dan dimana saja. Namun, yang seringkali terjadi adalah proses eksekusi dari ide tidak sesuai dengan yang dipikirkan.

Untuk menghindari kesalahan itu, ada baiknya kamu mencari orang-orang yang dirugikan dengan permasalahan yang ingin kamu selesaikan tersebut. Ajak mereka berdiskusi terlebih dahulu dengan ide-ide yang kamu miliki untuk membuat kesimpulan apakah ide kamu tadi layak untuk dieksekusi atau tidak.

Membuat rencana bisnis

Setelah kamu yakin ide kamu layak untuk dieksekusi, kini saatnya kamu membuat rencana bisnis yang matang. Tidak perlu membuat rencana yang rumit, kamu bisa menjalankan bisnis startup dengan konsep yang sederhana. Cobalah memikirkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan dengan detail. Strategi yang sederhana bila dilakukan dengan target pasar yang tepat hasilnya akan membuat bisnis startup digital yang sukses.

Memiliki wawasan tentang teknologi

Bisnis startup dibangun dengan memanfaatkan teknologi, untuk itu kamu harus terus menambah wawasan kamu tentang teknologi. Jangan cepat merasa puas dengan ilmu yang kamu miliki. Apalagi teknologi terus berkembang pesat.

Kamu bisa mengikuti Start Summit Tokopedia di Jakarta untuk menambah wawasan kamu tentang teknologi. Acara konfresnsi teknologi pertama yang diadakan oleh Tokopedia ini akan mengungkap berbagai inovasi teknologi yang telah dibuat Tokopedia dalam dekade terakhir. Tentunya akan banyak ilmu-ilmu baru berkaitan dengan teknologi yang bisa kamu dapatkan.

Terus berinovasi

Sebagai pemilik usaha, kamu dituntut untuk terus kreatif dan selalu memiliki strategi-strategi baru juga memperbaiki strategi yang ada. Kamu harus selalu memiliki konsistensi sehingga pelanggan mudah mengenali bisnis yang kamu miliki.

Jangan pernah cepat merasa puas dengan keberhasilan yang kamu raih. Kamu harus bisa berinovasi mengembangkan ide-ide baru. Inovasi selalu dibutuhkan karena target pasar juga selalu berkembang.

Bangun relasi dan berkolaborasi

Dalam membangun bisnis startup agar bisa terus survive dan berkembang, kamu juga membutuhkan pihak lain. Kamu harus terus membangun networking. Dengan memiliki networking yang luas, kamu memiliki banyak opsi kesempatan untuk berkolaborasi dengan pihak lain yang sama-sama menguntungkan.

Salah satu cara membangun networking adalah dengan menhadiri Start Summit Tokopedia. Melalui acara ini, selain kamu mendapatkan wawasan tentang teknologi, kamu juga berkesempatan untuk membangun networking karena ada lebih dari 2000 penggemar teknologi dan komunitas yang akan hadir di acara ini. Yang perlu kamu lakukan hanyalah beli tiket Events Start Summit dan perbanyak networking.

Nah itu tadi 5 langkah dalam membangun bisnis startup bagi pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Meskipun membangun usaha ini merupakan passion yang kamu miliki, tapi membangun usaha yang sesuai dengan minat tetap diperlukan kerja keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *