Airy Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah

bismillahirrahmanirrahim,

Kerasa enggak sih kalau beberapa tahun terakhir ini yang namanya kegiantan traveling semakin marak? Aku juga termasuk salah satunya sih. Beberapa tahun terakhir ini traveling yang dulu rasanya butuh budget besar, kini semakin mudah untuk mengakalinya dengan memilih menginap di budget hotel.

Yup, daripada harus menginap di hotel yang mahal padahal tak jarang cuma buat numpang lurusin badan sambil memejamkan mata beberapa jam, lebih enak memilih menginap di budget hotel. Toh akan lebih banyak kegiatan di luar, mengeksplore tempat-tempat wisata dan kulinernya.

Penginapan murah bukan berarti murahan tapinya ya. Bukan lagi menginap di losmen yang tanpa AC, kamar mandi bau, handuk yang lebih menyerupai seperti kain pel, seperti yang aku alami beberapa tahun lalu ketika berkunjung ke Lasem. Bukan. Tapi budget hotel yang sudah memiliki standar kenyamanan dan dikelola oleh jaringan internasional. Hmmm sobat traveler pasti sudah akrab sama Airy? Ayo yang langsung senyam senyum pas baca brand aku sebutkan karena merasa “gue banget itu” ada berapa banyak?

Airy Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah

Sesekali Dian Ravi mau bahas soal trend traveling dari sisi ekonomi yuk? Bukan soal tips menghematnya, tapi bagaimana trend traveling yang terjadi sekarang ini memberikan dampak positif untuk pemberdayaan ekonomi daerah.

Rabu (3/7/2019), bertempat di Ruang Mawar, Balai Kartini, Jakarta, aku menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Airy dan KataData yang mengangkat tema: Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah.

Apa yang aku rasakan ternyata terwakili oleh KataData dimana data perjalanan wisatawan nusantara dan total pengeluaran sepanjang tahun 2013-2017 menunjukkan tren positif pada setiap tahunnya. Yup, terbukti kalau kegiatan traveling memang semakin naik daun.

Salah satu jenis perjalanan yang dapat mendongkrak pertumbuhan pariwisata adalah dengan mengoptimalisasi perkembangan tren budget travel. Budget travel menjadi pilihan berwisata bagi mereka yang mengutamakan anggaran dalam melakukan pengeluaran perjalanan, termasuk dalam memesan budget hotel, dalam hal ini Airy.

pic source: KataData

Lewat kerja sama Airy dan Katadata Indonesia, KataData Indonesia melakukan riset yang menunjukan kontribusi Airy di sektor pariwisata dan dampak yang dihasilkan di bidang ketenagakerjaan serta bagaimana kontribusi Airy bagi pemberdayaan ekonomi lokal.

Hasilnya? Peran Airy tak semata hanya smart budgeti hotel yang mengedepankan teknologi, namun Airy juga melakukan upgrading skill untuk karyawan-karyawan di jaringan Airy. Diharapkan dengan pemberdayaan dan penyerapan tenaga kerja di jariangan Airy yang tersebar di seluruh Indonesia, keberadaan Airy dapat membantu menekan tingkat pengangguran di Indonesia.

Airy Menggunakan Teknologi dalam Mendorong Peningkatan Kualitas Bisnis Penginapan

Melalui penerapan teknologi 4.0, Airy memiliki kualitas yang setara dengan kelas dunia dalam menerapkan full property mangament system yang memudahkan pemilik hotel, hotel technology support yang memudahkan konsumen dalam melakukan check-in, dan membantu membuka hotel di channel manager.

Kami tak henti inovasi untuk karyawan.

Danny Handoko , Chief Executive Officer (CEO) Airy

Menyadari penggunaan informasi dan teknologi mampu meningkatkan standar kompetensi tenaga kerja, Airy menggunaan sistem teknologi mengelola 5.270 mitra pegawai dari sekitar 1.000 ruangan yang bekerja sama.

Sebagai hotel lokal dengan jaringan terbesar di Indonesia, Airy juga melakukan kegiatan pelatihan untuk peningkatkan kapasitas tenaga kerja dengan nama “Airy Community.” Salah satu yang menjadi landasan kegiatan ini dikarenakan mayoritas karyawan di jaringan Airy tidak memiliki latar belakang dan keterampilan di bidang perhotelan.

pic source: KataData

Sampai saat ini Airy sudah melakukan pelatihan-pelatihan di berbagai kota di Indonesia dan menargetkan sebanyak 4.000 peserta di 2019 di 13 kota di Indonesia. Keberadaan Airy Community ini tentunya akan menjadi relevan dengan dibutuhkannya tenaga kerja terampil di bidang pariwisata.

Asik banget bukan? Semoga ke depannya semua hotel dalam jaringan Airy akan semakin baik pelayanannya. Tentunya kita para tukang jalan akan semakin nyaman memilih Airy sebagai tempat menginap. Bukan begitu?

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

4 Comments

  1. Semoga dgn adanya airy community, para karyawan airy bisa lebih Bagus lagi pelayanannya. Sejauh yg aku rasakan sih udh oke pelayanan airy, pasti nanti bisa semakin Bagus setelah pelatihan

  2. Thanks to Airy ya, yang bikin hotel budget jadi terjangkau juga nyaman. Dan yang saya suka, pilihannya makin banyak yaaa…
    Eh… tapi Airy ngga cuma memoles hotel budget ya, tapi meningkatkan kemampuan SDMnya dengan membentuk Airy Community ya.
    Good luck Airy, tambah sukses dan tambah banyak jaringan hotelnya yaa….

  3. Mungkin aku salah satu org yg bahagia dgn adanya app Airy, si R, dan si O. Jadinya kemana2 gak takut lagi mau bobok dimana hehe, murah pula yess kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *