Personal Life

Kenali Cara Kerja Web Programming untuk Merancang Website yang Handal

bismillahirrahmanirrahim,

Mempelajari cara kerja web programming sangat penting dilakukan agar perancangan atau desain website bisa dilakukan dengan baik. Sebenarnya, kita sudah sering mendengar istilah web programming karena memang sekarang ini pemilik website perlu memahaminya agar bisa mendesain website dengan handal sesuai yang diinginkan. Sayangnya, banyak penjelasan yang justru membuat kita merasa bingung. 

Bagi kamu yang bekerja di bidang pemrograman, mungkin tidak sulit untuk memahami pengertian web programming, manfaat, prinsip kerja hingga tahapan kerjanya. Mengingat pentingnya web programming dalam mengelola website, mau tidak mau kamu harus memahami hal ini dengan baik. Untuk memahaminya, kamu harus menyimak ulasan ini hingga akhir. 

Pengertian Web Programming

Web programming merupakan proses pembuatan suatu program yang akan diaplikasikan pada suatu website agar bisa digunakan. Website sendiri merupakan suatu situs yang digunakan oleh pengunjungnya untuk mencari informasi atau bercengkrama dengan orang lain. 

Beberapa contoh website yang terkenal antara lain kompas, amazon, facebook, twitter, gmail dan lain sebagainya. Pemrograman web juga dibutuhkan oleh situs tersebut agar bisa dilihat seperti sekarang ini. 

Melakukan programming web berarti melakukan suatu proses pemrograman tertentu agar website mudah diakses, tampil lebih baik dan bisa digunakan pengunjung seperti website yang kita ketahui seperti sekarang ini. 

Salah satu hasil dari kerja seorang web programmer adalah menyediakan fitur dan membuat tampilan website. Berbeda fitur dan tampilan maka proses pemrograman yang dilakukan juga berbeda. Itulah mengapa pentingnya memahami cara kerja web programming.

Manfaat Web Programming 

Tampilan atau desain website sangat berpengaruh untuk memikat banyak pengunjung yang datang. Hal ini bisa dilakukan apabila kita memahami web programming. Namun, untuk membuat desain website yang memikat, tentu tidak mudah. Diperlukan skill web programming yang mumpuni. Tidak ada salahnya Anda mempelajari skill tersebut untuk membuat desain website yang lebih menarik. 

Selain itu, seorang web programmer juga memiliki tugas sebagai web administrator, web developer, web master dan web designer sehingga dengan menguasai skill web programming, maka kamu sudah menguasai berbagai skill lain yang diperlukan dalam membuat, mengelola dan mengembangkan suatu website. Hasil pemrograman situs pun juga menjadi lebih dinamis.

Bagi seorang pemula, menguasai web programming akan memberikan banyak manfaat. Mempelajari web programming berarti kamu akan mempelajari konsep-konsep teknologi web, format tabel, format text, format multimedia, format formulir, format halaman, hingga format tampilan. Dengan begitu, Anda bisa mengelola dan mengembangkan website menjadi lebih baik karena menyewa jasa web developer pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. 

Manfaat lain yang akan kamu dapatkan dari mempelajari web programming adalah mengembangkan kreativitas. Dengan menguasai skill ini maka kamu dituntut untuk memiliki kreativitas agar website yang dihasilkan memiliki tampilan yang menarik dan unik. Oleh karena itu, kreativitas dalam merancang website bisa lebih maksimal karena kamu tidak perlu jasa web programming. 

Cara Kerja Web Programming

Dari banyaknya materi yang harus kita pahami saat mempelajari web programming, cara kerja web hosting murah untuk programming sangat penting untuk dikuasai. Kamu bisa melihat cara kerja ini dengan melihat bagian html situs milik kamu. Namun, jika tidak memiliki website, kamu juga bisa melihat bagian html situs dari website milik orang lain dengan cara klik kanan situs, lalu pilih view page source. 

Web server bertugas untuk merespon permintaan pengunjung situs dengan melakukan pembacaan isi html yang terprogram. Apabila sudah menemukan perintah pemrograman yang dimaksud, server akan melakukan perintahnya dengan mengirimkan hasilnya ke browser sehingga situs yang muncul menjadi seperti website yang sudah dibuat oleh web programmer. 

Kamu bisa melakukan variasi pada bagian interaksi pengguna, pengiriman data atau pun pencarian data agar website menjadi lebih interaktif, dinamis, menarik dan mudah digunakan sehingga bisa memikat banyak pengunjung, terlepas dari konten yang ada. Jadi, kamu bisa memiliki website yang dinamis dan memiliki perintah sederhana sehingga cukup mudah untuk digunakan. 

Selain itu, pemrograman juga bisa terhubung dengan basis data, seperti SQL server, MySQL, Oracle dan macam database lainnya. Ketika kamu sedang mengembangkan suatu website atau bahkan sedang dalam tahap pembuatan, maka penting untuk menguasai skill web programming agar kinerja kamu menjadi lebih mudah. 

Bahasa Pemograman dalam Web Programming

Mempelajari web programming tidak bisa lepas dari bahasa pemrograman yang digunakan. Terlebih kita telah mengenal banyak bahasa pemrograman dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu memilih bahasa pemrograman yang mampu diakses oleh web server, seperti HTML, XML, XHTML, CSS, JSP, PHP, Java, Phyton, ASP Classic, Ruby on Rails, Perl, dan ASP.NET. 

Itulah tadi informasi mengenai pengertian, manfaat, cara kerja dan bahasa pemrograman yang dilakukan saat melakukan web programming. Pentingnya memahami cara kerja web programming membuat kamu harus menguasainya dengan baik. Selamat berkarya!





dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

1 Comment

  1. saya dan tim banget nih yang beginian ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *