Yuk Tanya Marlo Seputar HIV dan AIDS, Lebih Baik Tahu daripada Tidak Tahu

bismillahirrahmanirrahim,

tanya marlo

Kali ini aku ingin mengawali tulisan dengan sebuah informasi yang sedikit mengejutkan: Tahu enggak, kalau ternyata ada sekitar 640 ribu orang hidup dengan virus HIV di Indonesia? Dan baru 48% ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) yang mengetahui status HIV mereka. Lebih mengejutkan lagi, dari 48% itu, hanya 15yang mendapatkan sudah  akses pengobatan.

Kaget bukan? Padahal saat ini sudah ada bantuan dari pemerintah pengobatan untuk HIV, tapi belum banyak tahu soal ini. Masih ada rasa malu untuk mencari informasi seputar HIV dan AIDS menjadi salah satu penyebab kurangnya mendapatkan informasi. Tak jarang kita menjadi cuek dan memilih tidak mau tahu. Padahal lebih baik kita tahu daripada tidak tahu. Biar bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tanya Marlo, Chat-Bot Ramah yang Akan Menjawab Seputar HIV dan AIDS

tanya marlo

Selasa (18/12/2018) kemarin aku berkesempatan menghadiri acara peluncuran Tanya Marlo, sebuah platform chat mobile yang terintegrasi dengan aplikasi LINE, yang diluncurkan oleh UNAIDS bekerjasama dengan Nimbly Techlologies dan Botika.

Marlo, sebuah karakter cowok ganteng, berkacamata dengan sweater berwarna toska, menggambarkan anak muda zaman now. Kalangan anak muda memang menjadi target utama chat bot ini, mengingat jumlah infeksi baru HIV paling tinggi berada di kalangan anak muda dengan usia 15-24 tahun, yakni sebesar 52% dari total infeksi HIV baru.

tanya marlo

Aplikasi LINE dipilih bukan tanpa alasan tentunya, tapi karena LINE memiliki sekitar 90 juta pengguna, dan 80% diantaranya adalah remaja.

Tanya Marlo diharapkan bisa menjadi sahabat yang bisa diajak berbincang untuk mencari informasi seputar HIV dan AIDS. Tak perlu takut akan data kita tersebar, karena para konselor dibelakang layar Tanya Marlo ini akan menjamin kerahasiaan data kita.

4 Fitur Tanya Marlo

tanya marlo

Memangnya ada fitur apa saja di @TanyaMarlo yang bisa memberikan informasi seputar HIV dan AIDS? Ada 4 fitur utama di Tanya Marlo, yang sudah pasti bersifat edukatif :

1. Info HIV

Ini adalah fitur yang berisi segala macam informasi seputar HIV dan AIDS, yang disampaikan melalui konten-konten menarik berupa artikel, infografis,perbandingan antara mitos dan fakta seputar HIV AIDS, hingga video.

2. Kuis

Setelah mendapatkan banyak informasi, uji kemampuan kita lewat fitur kuis ini. Permainan kuis mengasyikan yang akan menantang pengetahuan dan pemahaman kita mengenai HIV dan AIDS , melalui pertanyaan-pertanyaan sederhana yang menyenangkan.

3. Konsultasi

Ingin berkonsultasi? Tanya Marlu juga menyeduakan fitur untuk berkonsultasi loh. Melalui fitur ini akan memberikan akses  untuk terhubung pada konselor terpercaya bila kita membutuhkan saran atau ingin bertanya seputar HIV dan AIDs lebih lanjut serta pengobatannya. Melalu fitur ini kita akan berkonsultasi lewat aplikasi whatsapp, tapi tak usah khawatir data kita tersebar, karena semua konselor sudah disumpah untuk menjaga kerahasiaan data kita.

4. Tes HIV

Bukan hanya informasi seputar HIV dan AIDS yang akan diberikan oleh Marlo, tapi bila kita Tanya Marlo juga akan memberikan informasi tentang klinik-klinik yang menyediakan jasa tes HIV, dari mulai lokasi, tata cara, serta jam operasional klinik. Bila kita ingin melakukan tes HIV di Jakarta, Tanya Marlo juga bisa membantu kita untuk membuat janji dengan klinik setempat. Lengkap sekali bukan?

“Sejalan dengan kebijakan Test and Treat HIV dan AIDS dari pemerintah untuk meningkatkan jumlah orang yang mengikuti test HIV, UNAIDS melalui Tanya Marlo menyediakan akses dan langkah-langkah mudah untuk menemukan klinik terpilih dan terdekat, yang memberikan layanan tes HIV, dengan jaminan privasi dan kenyamanan, tutur Krittayawan (Tina) Boonto,  UNAIDS Indonesia Country Director.

Dengan adanya aplikasi chat-bot Tanya Marlo ini, diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mengetahui gejala AIDS sejak dini. Karena dengan mengetahui kondisi kesehatan sejak dini, diharapkan tindakan pengobatan bisa segera dilakukan agar penyebaran HIV pun bisa diminimalisir.

Jadi, sudah siap untuk berTanya Marlo? Tinggal add saja @TanyaMarlo di aplikasi LINE kamu.

tanya marlo

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *