Business Lifestyle

5 Cara yang Mendapatkan Uang dari Internet Sesuai Hobi dan Passion

bismillahirrahmanirrahim,

yuk belajar seo

“Kupekerja kreatif, freelance kerjaanku, kadang orang mengira kalau aku menganggur….”

Setiap kali mendengar lagu itu di TikTok, aku tuh suka senyam-senyum sendiri karena merasa “Hei, itu aku banget.” Suka lucu sih kalau mengingat-ngingat gimana beberapa tahun yang lalu, ketika aku mulai serius membuat blog dianravi.com ini enggak sedikit komentar-komentar bernada nyinyir yang menanggap aku penulis tanpa surat kabar, menganggap aku kerjanya main-main aja, enggak menghasilkan.

But hey, sekarang seteleh beberapa tahun aku jadi full time bloger, kenyataanya aku bersyukur banget bisa mendapatkan penghasilan dari hobi. Rasanya aku bersyukur banget hidup di jaman dimana teknologi semakin maju, dengan adanya internet peluang untuk mendapatkan penghasilan semakin banyak. Bukan cuma dari blog aja.

5 Cara yang Mendapatkan Uang dari Internet

Kamu tertarik juga memiliki penghasilan sendiri? Sini, aku rekomendasikan cara mendapatkan uang dari internet. Modalnya selain keahlian yang kamu miliki ya akses internet. Yuk simak 5 pekerjaan yang mendapatkan uang dari internet, siapa tahu salah satunya sesuai dengan passion kamu.

1.      Blogger

furniture kantor

Yang pertama, kamu bisa jadi seorang blogger. Sama seperti aku.  Jadi seorang bloger enggak susah kok. Yang penting kamu mau terus belajar. Ada banyak panduan lengkap membuat blog yang bisa kamu pelajari.

Penghasilan dari blog cukup banyak alternatifnya, bisa dari memenangkan lomba blog, bisa juga dari kerjasama dengan sebuah perusahaan, bahkan kalau traffic blog kamu cukup tinggi, kamu juga bisa mendapatkan penghasil dari Adsense.

2.      Youtuber

Sepertinya pekerjaan yang satu ini udah jadi hal yang paling umum diketahui banyak orang sebagai cara mendapatkan uang dari internet. Bahkan sudah banyak anak-anak kecil sekarang ini yang ketika ditanya cita-citanya ingin jadi apa jawabannya adalah “Ingin jadi Youtuber”.

Ada dua cara mendapatkan uang dari internet melalui Youtube. Yang pertama menggunakan sistem iklan yang disediakan, kemudian cara kedua melalui kerjasama dengan brand-brand tertentu. Tentunya untuk mendapatkan uang dari internet melalui Youtube butuh proses waktu, bukan hal yang instan. Kamu harus konsisten dalam membuat konten video agar subsriber kamu terus bertambah.

3.      Jualan online

Baik bloger maupun youtuber memang dituntut dengan kreativitas tinggi. Mungkin kamu merasa itu bukan kamu, enggak apa-apa, masih ada cara mendapatkan uang dari internet yang lainnya. Kamu bisa jualan online.

Jualan online juga enggak selamanya butuh modal kok. Sekarang ini sudah ada sistem dropshipping, dimana kamu bisa berjualan tanpa harus memiliki barang tersebut terlebih dahulu. Namun, kamu tetap harus berhati-hati saat memilih partner untuk bisinis dropship ya. Pastikan kreadibilitas perusahaan itu terlelbih dahulu.

Selain bisnis dropship, kamu juga bisa berjualan barang-barang preloved milikmu. Modalnya sudah pasti tersedia di rumah kamu. Selain bisa menghasilkan uang, ini juga bagus biar kamar kamu enggak penuh dengan barang-barang yang sudah enggak kamu gunakan.

4.      Buzzzer

Hei, jangan langsung berpikiran negatif terlebih dahulu. Belakangan ini memang citra buzzer lebih erat dengan politik, tapi enggak selalu kok. Enggak sedikit brand-brand yang menggunakan jasa buzzer untuk mendengungkan produk-produk mereka di media sosial.

Pilih kerjasama yang memang sesuai sama hobi dan passion kamu. Misalkan kamu selalu tertarik dengan produk-produk kecantikan. Kamu bisa memulai dengan membiasakan untuk mereview produk yang kamu gunakan di sosial media. Atau kalau kamu senang menonton film, kamu juga bisa mengulasnya di sosial media.

5.      Jualan stok foto dan video

Kamu hobi fotografi? Kamu juga bisa menjual stok foto dan video kamu di internet sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet lho. Sekarang sudah cukup banyak situs-situ yang memungkinkan kamu menggunggah foto dan video hasil karya kamu untuk dijual.

Gimana, kamu tertarik juga untuk bisa mendapatkan uang dari internet? Modalnya cukup internet dan kemampuan yang kamu miliki. Enggak sulit menurut aku mengingat sebagian pekerjaan itu sesuai dengan hobi dan passion, tapi tetap perlu kerja keras dan konsisten untuk bisa berhasil. Kira-kira kamu lebih suka cara menghasilkan uang dari internet yang mana? Atau kamu punya cara lain? Ceritakan dong di kolom komentar, barangkali aku ingin mencoba juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.