5 Hal Yang Ga Disuka Ketika Traveling

Bismillahirohmanirohim,
5 Hal yang Ga Disukai Saat Traveling - dianravi.com

Happiness is traveling around the world

Kalimat itu aku temui kala sedang asik melihat-lihat quotes di Pinterest. Aku setuju mengelilingi dunia pasti bikin bahagia. Jangankan mengelilingi dunia, buat aku yang rute jalan-jalannya baru sebatas pulau Jawa aja rasanya selalu senang setiap kali rencana berpergian itu datang. Dan yang pasti, jalan-jalan itu selalu bikin aku ketagihan mau lagi dan lagi. Apa kalian juga candu terhadap traveling? Kalau iya, kita satu hati.

Katanya traveling itu baik untuk jiwa. Bisa menenangkan hati dan bikin segar pikiran. Bahkan sampai ada guyonan kalau ada yang lagi bete dibilangnya “kurang piknik”.  Tapi apa iya pulang liburan itu bakal jaminan bikin hati bahagia? Karena ada kalanya ada hal-hal yang belum tentu bikin kita senang saat traveling itu. Salah-salah malah bikin kapok.

Tiap perjalanan pasti punya kisahnya sendiri. Perjalananku pun ga selalu berjalan mulus dan menyenangkan. Biasanya sih aku selalu memang selalu menyiapkan diri dengan segala kemungkinan adanya hal-hal yang ga menyenangkan hati. Biasanya juga, aku selalu berusaha mentolelir kejadian ga enak itu. Anggap aja kerikil dalam kisah petualangan aku. Tapi ada beberapa hal yang ga aku suka, dan kalau boleh berdoa sama Allah jangan sampai hal-hal yang ga aku suka itu keulang lagi.

Nah di tulisan ini, aku pengen curhat dikit soal beberapa hal yang aku ga suka ketika lagi traveling:

1. Di telepon kantor

5 Hal yang Ga Disukai Saat Traveling - dianravi.com


Udah ngajuin cuti jauh-jauh hari masih ada dicariin orang kantor

Meski pun berharapnya ini ga pernah kejadian lagi, sayangnya ini yang paling sering terjadi. Bukan aku sih yang di telepon, aku kan pengangguran kelas kakap, melainkan suami. Kalau di teleponnya kondisi lagi santai sih ga apa-apa. Tapi beberapa kali justru kejadiannya di saat lagi:

  • Nyetir. Ih kan ga baik ya nerima telepon sambil mengemudi itu. Aku sebel banget kalau ini udah kejadian. Malasahnya, aku tipe yang agak gampang was-was di kendaraan. Jadi kebayangkan gimana perasaan aku ketika suami terpaksa nerima telepon (dan dilanjuti sambil diskusi kerjaan), padahal kita lagi ngelewatin jalanan tanjakan berliku.
  • Nungguin kendaraan umum. Masih inget banget kejadian ini. Udah semangat mau memulai petualangan jelajah kota Semarang, lagi nungguin trans Semarang datang, tahu-tahu handphone suami bunyi. Kantor. Dan pakai lama lagi ngobrolin kerjaannya.

2. Di sasarin google map ke jalan ajaib

5 Hal yang Ga Disukai Saat Traveling - dianravi.com

Kejadian ini sebenarnya antara pengen ketawa kalau diinget tapi juga bikin kapok. Gara-gara nurut banget sama peta di layar handphone, aku sukses menggiring mobil ceper kami ke…..jalanan sawah!!! Hasil akhirnya bisa ditebak, ban mobil selip. Mau ga mau aku pun terpaksa turun buat dorong.

Gara-gara kejadian ini, aku mulai semakin waspada baca peta. Pastiin dulu jalanan yang ditunjukin sama google map jalan besar bukan. Terutama kalau lagi traveling ke pelosok-pelosok. Cuma berani ikutin jalan utama aja.

3. Di palak rumah makan

5 Hal yang Ga Disukai Saat Traveling - dianravi.com

Ini kejadiannya waktu mudik terakhir bulan Agustus lalu. Rasanya apes banget beberapa kali aku sama suami terpaksa makan di tempat makan yang modelnya prasmanan tanpa daftar harga. Bayarnya pun harus belakangan setelah selesai makan. Harganya? Duh jangan ditanya, bikin sedih karena berasa mahal banget, padahal lagi di daerah. Aku dan suami langsung nge-black list tempat-tempat makan itu, ga lagi-lagi pokoknya makan di situ.

4. Di buru-buru ketika lagi menikmati suatu tempat wisata

5 Hal yang Ga Disukai Saat Traveling - dianravi.com


Selfi dan foto-foto kilat, setiap satu langkah siap berpoto

Ini kejadiannya waktu ke Korea, April lalu. Namanya juga liburan pakai travel. Ya ga akan sesuai dengan kebiasaan aku yang kalau liburan suka ngatur sendiri. Kali ini aku yang diatur. Kebayang sampai Pulau Nami, cuma dikasih waktu 1 jam. Padahal aku masih harus ke mushola dulu buat menunaikan kewajiban buat Bos Besar. Yang ga shalat aja ngerasa waktunya kurang, apalagi aku. Berasa ngebut poto-poto sambil sok-sok nikmatin pulau yang katanya romantis itu.

5. Temen traveling yang beda gaya

5 Hal yang Ga Disukai Saat Traveling - dianravi.com


pemandangan cantik  gini diabaikan aja, padahal aku maunya berhenti nikmatin

Nah ini puncak yang paling benar-benar ga aku suka. Traveling bareng orang yang ternyata gaya travelingnya beda sama kita. Aku dan suami itu kalo petualang dibikin santai. Aku tetap bikin itinerary, tapi itu sekedar buat acuan aja. Belum tentu sama persis. Terus aku dan suami senangnya nikmatin perjalanan, ngerasa capek ya udah cari tempat istirahat bisa tempat makan, objek wisata, atau masjid. Yang penting berhenti dulu. Intinya kami tipe yang jalan-jalan untuk menikmati suasana. Kami ga terlalu suka belanja.

Masalahnya kami pernah traveling sama orang yang justru gaya travelingnya hampir bertolak belakang dari kami. Mereka sukanya belanja, diperjalanan maunya buru-buru sampai, kaya ga ada enjoy-enjoynya gitu. Dan lebih ga enaknya lagi mereka pun sebenarnya ga suka dengan gaya jalan-jalan aku dan suami. Pulang liburan, omongan ga enak yang terdengarnya. Bener-bener rasanya langsung bikin kapok.

5 list di atas itulah hal-hal yang ga aku sukai kalau lagi traveling. Rasanya pengen langsung cemberut. Untungnya aku sadar, kalau moment lagi liburan itu terlalu sayang dikasih raut muka cemberut. Nanti hasil-hasil fotonya dikira lagi bergaya duck face lagi. Bete lagi liburan itu rasanya rugi. Lebih baik disimpan aja dulu betenya, nanti pulang ke ibukota baru deh dikeluarin. Tapi dijadiin pelajaran ke depannya, supaya hal-hal yang ga aku suka ini ga akan keulang lagi.

5 Hal yang Ga Disukai Saat Traveling - dianravi.com

Masih banyak hal-hal yang ga disukai dari tiap orang. Contohnya bisa dibaca di sini:

  1. 4 Hal yang ga disukai dari teman traveling
  2. 7 Hal tidak disukai, yang sering dikatakan pada perempuan belum menikah
  3. 4 Hal ini bikin grup Whatsapp tidak menyenangkan
  4. 6 Hal yang tak disukai yang  mungkin dijumpai
  5. 4 Hal yang ga disukai dari deadline
  6. Pengalam menjalani kehamilan

 

Hal-hal yang ga disukai ini merupakan tema untuk project menulis bareng blogger sharing telegram.

Jangan lupa tersenyum,

dianravi.com

15 Comments

  1. Wakakakakakaakak.
    Disasarin gugel maps itu iya banget.
    Ngeselin sih emang.
    Insting kudu jalan juga mbak. Jadi nggak disasarin gugel maps.

  2. Hahaaa.. masih untung mba jalannya jelek. Saya pernah malah berakhir di jalan buntu. Buntunya berakhir di sungai. Emang tuh mbah google mau kita nyebur sungai bareng2.. hihii

    • Hah? sampai berakhir dengan buntu di sungai? Serem banget itu, Mbak. Bener-bener mesti lihat-lihat lagi ya jalanan yang disuruh sama si peta google itu

  3. Aku juga pernah disasarin sama maps. Kebetulan ketika itu lagi pergi sama teman dan satu diantaranya anak Geografi, lalu dia sempat kasih teori kalau titik koordinat gmaps tuh akurasinya berapa persen gitu ckck :’D

    • Sama, suami aku juga selalu pake titik koordinat, karena emang kerjaannya mapping gitu. Tapi kan kadang kita mau pergi ke suatu tempat yang blom pernah kita tuju, Luck. Ga tau titik koordinatnya.

  4. Wahahahaha disasarin sama google map itu lucu…

    Aku malah kagok sama google map, mbak. Kemaren ke Jakarta coba pake google maps tapi bingung ngasih tau sopir taksinya lewat mana. Dan akhirnya keliling ga jelas dan bayar taksi 150ribu bhahaha

    Next time travelling kemana-mana harus percaya pada insting dan berpedoman pada google maps dah..

    Kok ini malah curhat ya? Yaudah deh segitu dulu hehe 😀

  5. Kalo saya jalan ke luar kota lebih memilih mengandalkan bertanya ke penduduk setempat, lebih akurat daripada google maps mbak. Hahahaha

  6. Hahaha..
    Disasarin google map memang ngeselin banget

    Jangan lupa
    *kekurangan uang waktu traveling juga ga kalah nyebelin loh..

  7. saya malah gak suka di buru buru kalau lagi menikmati suasana wisata.
    apalagi temen yang egoisnya minta ampun. #tepok jidat

    salam kenal mba

  8. Samaaa!! Samaan deh semuanya xD

    Tapi yang teman jalan ga enak belum pernah ngalamin sih, soalnya males kalo ga sam travelmate wkwkw. Gaya jalan”ku juga berubah kalo sama keluarga, yaiyalaah secara bawa adek kecil”, hehe.

    • aku juga kalo bawa adeku beda gaya. Soalnya dia bukan tipe yang adventurer kaya aku. Harus liburan cantik, dan banyak makan-makannya

  9. Ditelpon bos sama diburu” buat pulang itu yg gak sukaa bangeet pas traveling. . pengen ngunyah rasanya wkwkw kalau disasarin google map antara pengen marah dan pengen balik pulang aja mbak. Pernah sampe akhirnya berhenti lamaa karena hampir putus asa sampe lewat gang” nakutin :”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *