Jerawat Memang Suka Bikin Repot. Ini Dia 7 Rekomendasi Obat Jerawat Agar Tampil Percaya Diri

bismillahirrahmanirrahim,

obat jerawat

7 Rekomendasi Obat Jerawat. Ayo ngaku, siapa yang begitu lihat ada jerawat muncul langsung reflek mengernyit sambil memikirkan obat jerawat yang harus segera digunakan? Tenang, aku yakin cukup banyak yang mengalami hal ini. Karena jerawat memang merupakan salah satu musuh terbesar kaum wanita. Aku pun termasuk yang begitu merasakan sensasi cenat cenut munculnya jerawat, langsung memikirkan cara menghilangkan jerawat.

Kalau menurut Alodokter, jerawat itu adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Selain kehadiran jerawat seringkali disertai dengan rona kemerahan dan rasa sakit yang di sekitarnya, jerawat juga mengganggu penampilan dan tak jarang membuat rasa percaya duru berukurang. Apalagi setelah jerawat berhasil kempes, sebuah masalah baru akan muncul, bekas jerawat yang terkadang sulit dihilangkan. Oh no! Itu sebabnya obat jerawat tak jarang menjadi sahabat bagi kaum wanita yang seringkali muncul jerawat seperti aku ini.

Cara Menghilangkah Jerawat

Jerawat memang harus dihilangkan. Tapi kenyataannya tidak semudah itu juga menghilangkan jerawat. Selain diperlukan obat jerawat, juga perlu perawatan agar jerawat tidak mudah muncul kembali.

1. Cuci wajah sehari dua kali

Jaga wajah agar tetap bersih untuk mencegah timbulnya jerawat.  Mencuci wajah juga akan menghilangkan debu, kotoran dan setiap kelebihan minyak yang terbentuk pada permukaan kulit. Cuci wajah cukup sehari dua kali dan keringkan dengan handuk bersih dan kering.

2. Gunakan pelembab yang tidak menyebabkan komedo (noncomedogenic)

Ada baiknya setelah mencuci wajah, kita menggunakan pelembab. Bagi yang gampang berjerawat seperti aku, pastikan menggunakan pelembab yang ada tulisannya “noncomedogenic” pada labelnya. Selain itu pilih juga produk yang sesuai dengan jenis kulit wajah, kalau aku sudah pasti kulit berminyak.

3. Jangan memencet jerawat

Duh, this is a big no no. Memang sih, ketika jerawat muncul rasanya meski sudah dikasih obat jerawat suka tetap aja gemes ingin mencet jerawat. Memencet jerawat bukannya akan menghilangkan jerawat, tapi justru akan memperpanjang waktu penyembuhan, menyebabkan infeksi, dan berakhir dengan meninggalkan noda. hicks… Seandainya aku tuh kuat nahan godaan mencetin jerawat dan nurut dengan obat jerawat saja ya, mungkin bekas-bekas jerawat enggak separah sekarang.

4. Gunakan obat jerawat

Last but not least, gunakan obat jerawat untuk menghilangkan jerawat. Sudah banyak merk obat jerawat yang tersedia di pasaran, tinggal kita pilih saja yang mana yang cocok dengan kita. Bingung milihnya? Tenang, Dian Ravi, akan memberikan 7 rekomendasi obat jerawat biar selalu percaya diri tanpa perlu dihantui jerawat. Pokoknya mah, bye bye acnes! 

7 Rekomendasi Obat Jerawat Agar Tampil Percaya Diri

1. The Body Shop – Tea Tree Oil

obat jerawat

pic source: IG: @thebodyshopindo

Sudah sejak lama Tea Tree Oil dipercaya berkhasiat untuk membunuh bakteri serta memberikan efek purifiying yang maksimal untuk melawan jerawat. The Body Shop sendiri merupakan sebuah brand yang dikenal selalu menggunakan bahan-bahan yang alami dan baik bagi kecantikan. Untuk cara menghilangkan jerawat, The Body Shop memiliki rangkaian poduk yang cukup beragam mulai dari facial wash, facial scrub, night cream, toner, lotion, hingga tea tree oil.

Kandungan anti bacterial dalam produk ini mampu membersihkan jerawat sampai ke akarnya. Produk ini dapat menahan tumbuhnya jerawat hanya dalam waktu 1 hari untuk jerawat yang baru mau tumbuh. Namun bila jerawat sudah matang, butuh sekitar 2-3 hari dengan pemakaian 2x sehari untuk cara menghilangkan jerawat.

Sayangnya meskipun Tea Tree Oil ini terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat, tapi produk ini hanya bisa digunakan 2 bulan pemakaian setelah botol dibuka. Padahal dengan harga Rp 119.000 untuk botol 10 ml, biasanya masih akan banyak sisa meski sudah 2 bulan digunakan.

2. ERHA21 – Acne Spot Gel

obat jerawat

ini nih, obat jerawat andalan aku

Acne Care Lab dari ERHA21 ini menjadi obat jerawat favorit aku. Kenapa? Sudah cukup lama aku mendapatkan testimoni dari teman dan keluarga kalau rahasia kecantikan kulit wajah mereka adalah dengan melakukan perawatan di ERHA CLINIC. Sayangnya, tahu bukan betapa pemalasnya aku untuk harus rutin berkunjung ke klinik kecantikan, sehingga baru sekarang akhirnya aku bisa menggunakan ranngkaian produk ERHA.

Sekarang ini sudah ada kemudahan untuk pembelian produk Erha OTC ( Over The Counter) tanpa resep dokter di Erhastore. Cukup belanja online saja produk yang kita butuhkan. Cepat dan enggak repot. Rangkaian produk Over the Counter (OTC)  ini merupakan inovasi baru produk perawatan kulit yang memadukan keahlian dermatologist yang berpengalaman dan pemahaman akan perbedaan kebutuhan masing-masing individu. Sedikit berbeda sih memang dengan kalau kita ke Erha Clinic yang mendapatkan resep dokter, tapi formula yang digunakan tetap yang terbaik dari dermatologist profesional ERHA hadirkan rangkaian produk terbaik untuk perawatan dan perlindungan kulit yang aman untuk dipakai sehari-hari.

Rangkaian Acne Care Lab ini ada tiga varian produk, yaitu ACNE CLEANSER SCRUB BETA PLUS  yang merupakan sabun jerawat yang mengandung Salicylic Acid yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan penyumbatan pori wajah. Sabun jerawat ini dilengkapi dengan Sulphur sebagai anti jerawat yang menjadikan wajah bersih dan terasa segar. Sebagai obat jerawat andalan aku ada ACNE Spot Gel, yang bekerja untuk mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan dan mencegah hiperpigmentasi pada spot jerawat aktif. Yang bikin aku senang, ACNE Spot Gel ini sudah terbukti secara klinis  sejak hari ketiga membantu mengurangi jerawat dan noda hitam bekas jerawat.

ACNE Spot Gel ini obat jerawat terfavorit aku banget, dengan harga Rp 55.000 selain bikin jerawat cepat kering, noda jearawat aku yang bandel juga mulai memudar. LUV LUV.

3. ETUDE HOUSE – AC Clean Up Pink Powder Spot

obat jerawat

Pic source: IG @happy.sunny.shop

Jerawat yang meradang biasanya selain bentuknya akan membesar, juga akan  membentuk benjolan merah berisi nanah dan bakteri. Cara paling ampuh utuk menghilangkan jerawat jenis ini adalah dengan eksfoliant kimiawi seperti AHA dan BHA. Etude House AC Clean Up Pink Powder Spot yang memiliki kandungan tea tree oil dan belerang sekaligus bisa menjadi solusi untuk membantu mengurangi peradangan jerawat dengan cepat.

Cara menggunakan AC Clean Up Pink Powder Spot ini sama dengan cara menggunakan Tea Tree Blemish dari The Body Shop, yaitu cukup dengan dioleskan kebagian yg berjerawat saja. Hanya saja untuk pemakaian satu botolnya terasa lebih awet karena mengikuti tanggal kadaluarsa sebagaimana tercantum pada kemasan produk. Selain untuk mengatasi jerawat yang meradang, AC Clean Up Pink Powder Spot ini  juga  berfungsi utk menyamarkan flek hitam bekas jerawat.

4. Acnes – Sealing Jell

obat jerawat

pic source: IG@acnesid

Sesuai dengan namanya, brand yang satu ini memang memfokuskan pada masalah jerawat. Kombinasi  Isopropylmethylphenol, Stearyl Glycyrrhetinate, Asam Salisilat, dan Sulfur menjadi paduan sempurna untuk mengobati jerawat. Produk ini hanya berfungsi sebagai obat jerawat yang bisa digunakan sebelum menggunakan make up tidak untuk menghilangkan bekas jerawat.

5. Wardah – Acnederm Acne Spot Treatment

obat jerawat

pic source: IG @wardah_beautyy

Merasa belum cukup puas dengan rekomendasi obat jerawat yang aku berikan? Bagaimana kalau mencoba Acnederm Acne Spot Treatment dari Wardah. Obat jerawat berbentuk gel ini  mampu mendinginkan dan menyegarkan kulit serta memiliki tekstur yang ringan. Produk ini mampu menyerap minyak berlebih dan menyembuhkan jerawat secara instan berkat berkat formulasi Triclosan, Salicylic Acid, Aloe Vera dan Allantoin yang tekadung di dalamnya.

6. Mario Badescu – Drying Lotion

obat jerawat

pic soruce: IG @mariobadescu

Mario Badescu, brand asal Amerika Serikat ini berasal dari  seorang chemist dan cosmetologist yang mulai membangun lini skin care sejak tahun 1967. Drying Lotion berisi kandungan salicylic acidcalamine dan bahan lainnya dapat membuat mata jerawat menyusut dalam semalam. Tak heran kalau produk ini menjadi salah satu produk best seller di Mario Badescu.

7. Viva Cosmetics – Acne Gel Triple Action

obat jerawat

pic source: IG @vivasumedang

Satu lagi obat jerawat dengan harga yang cukup terjangkau. Dibandrol dengan harga Rp 10.000, Acne Gel Triple Action dari Viva Cosmetics ini mengandung Sulphur, Asam Salisilat, dan Triclosan untuk membantu mengeringkan jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Acne Gel Triple Action ini juga diperkaya allantoin sebagai anti irritant dan menyejukkan kulit serta Provitamin B5 supaya kulit tidak kering. Sayangnya aku kurang suka dengan aroma sulphurnya yang kuat sekali.

Nah itu dia 7 rekomendasi obat jerawat biar selalu tampil percaya diri bebas jerawat dan tampil cantik. Kira-kira yang mana yang akan jadi favorit kalian? Kalau aku kan sudah jelas suka sekali dengan produk Erha. Apalagi sekarang beli produk Erha semakin mudah, aman,  dan harganya resmi kalau beli di Erha Official Ecommerce Store Buat yang suka diskonan kaya aku, ada voucher senilai Rp 30.000, kalau belanja dengan kode voucher: ERHASTOREXDIAN. Tambah semangat dong untuk belanja di Erha Official Ecommerce Store. Voucher ini hanya dapat digunakan dengan minimal transaksi Rp 200.000 (belum termasuk ongkos kirim). Yuk belanja di Erha Official Ecommerce Store, dan katakan: bye bye acnes!

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

23 Comments

  1. Acnes! Obat sejuta umat banget hehehe apalagi buat yang pengin cepet hilang dengan lowbudget. Kalau yg teatree sendiri pernah coba tapi nggak cocok sih bikin kering huhuw :3

  2. wah banyak juga ya pilihan obat untuk menghilangkan jerawat. Apakah produk2 ini untuk kaum wanita saja atau bisa digunakan juga untuk kaum pria?

  3. Jerawat memang terkadang membuat kesal, bahkan juga bisa mengganggu penampilan. Untungnya sudah banyak ragam pilihan obat jerawat dengan perawatan yang lengkap.

    Apalagi sudah bisa didapatkan dengan mudah, lewat belanja online yang menawarkan diskon menarik.

  4. saya waktu smp sering banget jerawatan.. tapi semenjak sering cuci muka setiap pagi dan sebelum tidur, muka jadi kurang jerawatan mba.. kalau istri pernah pake wardah klo gak salah utk obat jerawatnya ..

    btw gmn nasib kamera

    • nasib kamera harus diperiksa ke dokter, Mas. Kumau nangis rasanya mikirin biaya perawatannya…. hicks… tapi kesehatan dia adalah yang utama.

  5. Waah, kebetulan nih lagi cari obat jerawat, soalnya jerawat suka nongol pas mau haid, btw obat jerawat yang viva murah banget ya, jadi pengen coba, tapi belum pernah lihat di toko kosmetik

  6. Astagaaa.. Aku baru tau kalo tea tree oil TBS cuma berusia 2 bulan. Aku donk, baruuuu banget pake tea tree oil krn tiba2 ada calon jerawat di dagu, tp aku punya itu uda setahun lebih, tetep aku pake. Hiks.. Aku jarang bgt soalnya jerawatan. Setahun paling cuma 1-2x jerawat. Pdhl harganya mayan ya, terpaksa di buang deh

  7. Kalo aku tuh masalah kulit wajah adalah noda hitam bekas jerawat, dan bopeng-bopeng meski gak begitu kentara kalo gak dalam jarak dekat. Jadi enaknya pilih yang mana, nih, Mbak Dian? Apa Erha juga, ya? Hehehe. Belum pernah coba, sih 🙂

  8. Mbak aku pakai Erha yang obat jerawat tapi yg bentuknya cairan gtu, bukan gel. So far cocok,. Tiap muncul jerawat aku pakai itu esoknya langsung kempes. Yg kupakai masih saudaran sama si gel Erha itu kali ya hehe.

  9. Aku sebel juga saat menjelang datang bulan yang sekalian datengin jerawat. Kayaknya aku perlu coba treatment nya nih.

  10. Kalau sedang jerawatan bikin bete memang, ga pd kalau mau foto-foto. Mungkin tea tree oil bisa jadi pilihan

  11. cuman pernah coba acnes dulu,, dan sampe sekarang alhamdulillah jarang keganggu ama jerawat lagi,,, yang penting sih sering cuci muka ya kan mbak?

  12. Aku masih jerawat sampai sekarang tapi memang tidak sebanyak pas jaman puber sih. Beberapa produk sudah aku coba neh mbk based on listingan diatas.

  13. Kisaran harga obat2 diatas masih masuk dikantong gak ya? Secara biasanya jerawat itu agak2 riskan pengobatannya, salah produk fatal, malah tambah rumek ntar wajahnya.. Tapi kalau yg Erha sih aku percaya, soalnya produk2 mereka punya kualitas tidak diragukan.

  14. 7 rekomendasi obat jerawatnya lengkap banget nih, nanti tinggal dicoba aja mana yang cocok buat kulit ya, Kak. Kapan-kapan bolehlah rekomendasikan serum pemutih wajah juga biar bebas jerawat dan wajah jadi putih bersinar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *