cara klaim asuransi kendaraan
Finance

Mobil Lecet? Ini Cara Klaim Asuransi Kendaraan AXA Mandiri

bismillahirrahmanirrahim,

cara klaim asuransi kendaraan

Sebagai moda transportasi yang sering digunakan setiap hari, mobil memang punya tingkat rawan yang cukup tinggi terhadap potensi kerusakan. Contohnya adalah rusak ataupun lecet di bagian body mobil akibat kecelakaan. Lalu, apa yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan atau lecet pada mobil saat berkendara?

Jawabannya adalah dengan klaim asuransi mobil dari AXA Mandiri. Cara klaim asuransi mobil lecet dari AXA Mandiri juga terbilang sangat mudah. Apalagi ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh nasabah, seperti adanya layanan bengkel resmi, layanan di jalan raya, customer service 24 jam, dan sebagainya.

Langkah-langkah Klaim Asuransi Mobil Lecet

Dalam rangka mengklaim asuransi mobil yang lecet, maka ada beberapa tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu oleh para pemegang polis. Tentunya, tidak semua mobil lecet akan dikabulkan semua permohonan klaimnya. Akan tetapi, harus melalui serangkaian pemeriksaan kelayakannya dulu. Inilah beberapa cara klaim asuransi mobil lecet dari AXA Mandiri:

1. Menyiapkan Dokumen dan Memfoto Mobil

Ketika mobil yang akan diajukan klaim asuransinya lecet, langkah awal yang harus dilakukan adalah memfoto kerusakan atau lecet mobil tersebut sedetail mungkin. Lalu, siapkanlah dokumen-dokumen yang sekiranya dibutuhkan saat proses pengajuan klaim dana pertanggungjawaban perbaikan mobil.

Pastikan dokumen dan foto sudah lengkap sebelum nasabah menghubungi pihak asuransi. Sebab, jika ada satu saja yang tertinggal hal itu bisa menyebabkan penolakan klaim oleh perusahaan.

2. Menghubungi Kantor Perusahaan Asuransi

Ketika semua dokumen persyaratan klaim asuransi mobil lecet sudah siap beserta foto keadaan mobil, nasabah harus segera menghubungi kantor asuransi untuk meminta klaim tindak lanjut. Hal ini harus dilakukan secepat mungkin agar tidak melampaui batas waktu maksimal pengajuannya.

Dalam fase ini, pihak perusahaan asuransi akan memberikan pengarahan terkait dengan hal-hal yang harus dilakukan oleh nasabah agar klaim yang diajukan diterima.

3. Mengisi Formulir Klaim

Setelah mengirim foto mobil dan menghubungi kantor asuransi, nasabah juga harus mengisi formulir klaim asuransi yang disediakan pihak AXA Mandiri. Di sana, berikan keterangan detail terkait penyebab lecetnya mobil yang akan diasuransikan itu. Setelah itu, kirimkanlah formulir tersebut beserta dokumen lain yang bisa menguatkan klaim asuransi agar bisa diterima.

4. Menghubungi Pihak Ketiga

Jika sebab lecetnya cat mobil disebabkan oleh pihak ketiga atau orang selain pemegang polis, nasabah wajib menghubungi pihak tersebut untuk turut mendukung klaim asuransi. Hal ini harus dilakukan secepatnya setelah kerusakan mobil terjadi.

Dokumen yang didapat dari pihak ketiga ini akan sangat mendukung pencairan klaim oleh perusahaan asuransi. Dalam hal ini nasabah juga harus menggunakan buku polis asuransi. Jika hal tersebut hilang, jangan khawatir karena AXA Mandiri memberikan prosedur cara mengatasi buku polis yang hilang, sehingga sangat memudahkan nasabahnya yang kehilangan buku polis.

5. Mendatangi Bengkel Rekanan

Langkah terakhir tentang cara klaim asuransi mobil lecet yakni dengan datang ke bengkel yang menjadi rekanan dari perusahaan asuransi AXA Mandiri. Isilah formulir yang ada di bengkel tersebut untuk pengajuan klaim.

Jika klaim disetujui, kerusakan dari mobil yang lecet itu akan segera diperbaiki dengan dana pertanggungjawaban asuransi. Dijamin cat mobil akan kembali seperti semula dan kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Mempelajari prosedur dan cara klaim asuransi mobil lecet di AXA Mandiri memanglah sangat diperlukan khususnya bagi nasabah asuransi mobil. Jika hal tersebut tidak dipahami, maka bisa jadi dana pertanggungjawaban akan hangus tanpa nasabah mendapatkan keuntungannya. Yang perlu diperhatikan ketika berurusan dengan pencairan dana adalah harus melengkapi semua persyaratan dan jangan melewati batas waktu maksimal yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.