Resep Membuat Kue Kering yang Crunchy

Bismillahirohmanirohim,

Cemilan merupakan makanan yang tidak bisa ditinggalkan untuk menemani kegiatan anggota keluarga. Dengan cemilan, berbagai suasana bisa lebih hangat dan nyaman sehingga siapa saja bisa lebih menikmati apa yang dikerjakan. Cemilan tertentu juga bisa dijadikan suguhan untuk tamu sehingga kitaa bisa menjadi tuan rumah yang menghormati mereka yang datang. Cemilan apa yang cocok digunakan baik untuk teman sehari-hari maupun untuk suguhan di rumah? Pastinya jawaban akan langsung tertuju pada kue kering  sebagai cemilan tersohor yang sudah lama digunakan sebagai suguhan andalan di berbagai hari besar dan mudah didapatkan dari membuat sendiri hingga memesannya melalui toko online.

Kue dengan tekstur kering lebih disukai sebagai stok cemilan maupun suguhan. Hal ini dikarenakan kue yang berbentuk kering lebih tahan lama dibandingkan kue basah. Selain itu kue itu juga memiliki banyak rasa dan bisa dicetak sesuai dengan keinginan pembuatnya. Namun, tak semua kue yang seharusnya kering bisa memiliki tekstur crunchy atau renyah. Hal itu tergantung dengan bahan makanan yang dicampurkan serta cara pembuatan si pembuat kue tersebut. Bagi Anda yang suka membuat kue pastinya memiliki rahasia-rahasia tertentu untuk membuat kue memiliki tekstur renyah dengan rasa yang gurih. Rahasia-rahasia tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari cara membuat kue si baker.

Lalu bagaimana dengan kita yang masih baru mau belajar membuat kue? Seringkali hanya mengikuti resep-resep di majalah atau internet tidak bisa menghasilkan kue yang diinginkan dan tidak memiliki tekstur rasa yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk kita sebagai pemula agar kue yang dihasilkan bisa sesuai dengan keinginan:

1. Perhatikan suhu pemanggangan.

Seringkali orang mengira bahwa suhu pemanggangan bisa dikira-kira dan disesuaikan dengan lamanya proses memanggang dalam oven. Hal tersebut memang ada benarnya namun tentu saja untuk menghasilkan kue kering terbaik memiliki aturan tersendiri. Gunakan suhu sedang dengan durasi pemanggangan lebih lama untuk menghasilkan kue yang matang sempurna dan memiliki tekstur renyah atau crunchy.

2. Tambahkan emplex secukupnya.

Penambahan emplex sebagai zat tambahan untuk membuat kue lebih renyah bisa menjadi solusi yang paling mudah. namun pastikan kita tidak terlalu banyak memberikannya karena terlalu banyak emplex akan menghasilkan kue yang pahit dan terlampau kering hingga ambyar.

3. Buat cetakan yang tipis atau memanjang.

Bentuk cetakan kue juga bisa membantu menghasilkan kue yang renyah. Jika kita membuat kue nastar misalnya, kue berbentuk kipas yang pipih akan bisa lebih renyah dibandingkan kue bulat atau keranjang. Jika membuat resep modifikasi sendiri, gunakan cetakan yang lebih pipih misalnya seperti lingkaran atau bulan sabit dengan ketebalan yang minim.

4. Penyimpanan.

Penyimpanan juga sangat mempengaruhi kegurihan dan kerenyahan kue apalagi jika ingin disimpan di waktu yang lama. Simpanlah dalam toples kedap udara yang bisa ditutup dengan sempurna sehingga kita akan mendapatkan kerenyahan yang lebih lama.

Itulah beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan kue kering yang renyah atau crunchy. Selain tekstur yang renyah, rasa juga lebih bisa dinikmati jika kue tersebut lebih pipih sesuai dengan tips di atas. Jangan lupa untuk mendinginkan kue terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke wadah penyimpanan agar panas tidak membuat kue lembab dan berpengaruh pada kerenyahan yang sudah kita usahakan saat membuat kue. Ketika mengambil sebaiknya langsung mengambil beberapa sehingga toples penyimpanan tidak sering dibuka tutup untuk menghindari udara yang masuk.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

  1. kebiasaan ibuku tiap mau ramadhan pasti bikin segala macam kue kering, kayak cheese stick, nastar dll maklum anaknya banyak, bisa buat stock cemilan ato suguhan tamu … aku belum pernah bikin kue kering sendiri, lebih suka bikin bolu kukus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *