tips menjaga psikis anak sejak dini
Event, Review

8 Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini Bersama Halodoc agar Membentuk Karakter dan Moral Anak

tips menaga psikis anak sejak dini

Di Acara Halodoc “Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini”

Rasanya bukan rahasia lagi kalau menjadi ibu masih merupakan impian terbesar aku sampai saat ini. Meski saat ini aku tengah berhenti dari segala asupan obat hormon, tapi bukan berarti aku berhenti mempersiapkan diri untuk menjadi orangtua yang baik bagi calon-calon buah hati aku kelak.

Baca juga: My IVF Story

Seperti yang pada hari Selasa, 31 Juli 2018 lalu. Tak perlu berpikir lama bagi aku untuk menerima ajakan dari Moms Blogger Community untuk menghadiri acara Halodoc Bloggers Gathering yang bertema “Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini”. Ini jelas investasi ilmu buat aku.

Bahkan saking semangatnya, meski undangan tertera pukul 09.30, belum ada jam 08.30 aku sudah tiba di Paradigma Cafe, tempat acara dilangsungkan. Karena menurut aku, ilmu adalah investasi yang pasti akan selau bermanfaat. Meski mungkin aku belum bisa menjadi seorang ibu, tapi mungkin aku bisa mempraktekan ilmu menjaga psikis anak sejak dini dari Halodoc ini buat keponakan-keponakan aku.

Halodoc Bloggers Gathering

tips menjaga psikis anak sejak dini

“Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini” diangkat menjadi tema talkshow hari itu dalam rangka memperingati hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli. Sebenarnya acara ini ditujukan bagi orangtua yang sudah memiliki balita. Tapi seperti yang sebelumnya aku bilang, yang namanya ilmu adalah investasi. Siapa tahu tak lama lagi aku akan dikaruniai buah hati, aamiin.

Diharapkan dengan diadakannya talk show Halodoc Bloggers Gathering ini, agar para orangtua dapat mendidik anak-anaknya dengan cara yang lebih baik dan tentunya lebih sehat menurut anjuran dokter. Agar para orangtua lebih memperhatikan kesehatan anak. Karena penting bagi anak untuk tumbuh denan baik agar bisa menjadi penerus bangsa yang sehat baik secara fisik maupun mental di kemudian hari.

Setiap orangtua sudah tentu menginginkan anak-anaknya tumbuh dengan baik. Namun tidak sedikit orangtua yang lebih fokus pada pertumbuhan anak secara fisik dan melewatkan perilaku dan psikis anak. Padahal pembentukan perilaku dan psikis anak adalah fondasi bagi anak untuk tumbuh di lingkungan sosialnya nanti.

Untuk pertumbuhan fisik bagi anak bisa didorong dengan makanan yang sehat dan bergizi. Namun, bagaimana dengan kesehatan psikis anak? Apa yang harus dilakukan untuk menjaga psikis anak sejak dini?

Survei, dari 1,176 orang menemukan dua per tiga dari orang dewasa yang percaya bahwa nilai moral dari anak telah menurun cukup banyak sejak saat mereka masih muda.

“Umumnya orangtua mendidik anak sesuai dengan norma dan budaya yang ada di masyarakat saat ini. Tapi belum tentu itu hal yang dibenarkan secara medis. Apalagi sekarang zamannya sudah mulai berubah. Anak sudah aware dengan teknologi. Jadi sebagai orangtua perlu arahan untuk mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman,” tutur Blessy, Offline Marketing Manager Halodoc.

Dr. Tjin Wiguna Sp.KJ, seorang psikiater spesialis anak dan remaja di RSCM, hadir menjadi narasumber di talkshow #HalodocHariAnak untuk menyampaikan bahwa peran orangtua sangatlah penting dalam perkembangan karakter dan moral anak.

8 Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini

tips menjaga psikis anak sejak dini

dr. Tjin Wiguna Sp.KJ memberikan tips menjaga psikis anak sejak dini

pic source: Moms Blogger Community

Children see, children do

Anak biasanya mencari panutan dalam membentuk bahasa, perilaku, dan sikap mereka. Itulah sebabnya penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa bahasa, sikap, dan perilaku mereka dapat menjadi panutan yang positif bagi anak.

Aku yakin semua orang dewasa pasti meyakini hal itu. Permasalahnnya, it’s easier to say than done. Memberikan contoh sikap positif itu susah-susah gampang. Coba kita ingat-ingat sejenak, pernahkah kita berbohong pada anak? “Tokonya lagi tutup, besok saja jajannya,” padahal sebenarnya toko itu tidak tutup.

Atau pernahkah kita meminta agar anak kecil berhohong lewat telepon seolah kita tidak di tempat, atau malah pada pramuniaga yang datang ke rumah untuk menawarkan barang dagangannya? Aku pernah melakukan hal ini pada adikku. Meminta tolong agar dia mengangat telepon dan berkata kalau yang dicari sedang tidak ada di rumah.

Bagaimana dengan mengenalkan anak pada jalan pintas dan melanggar peraturan? Seperti bangga ketika anaknya yang belum cukup usia tapi sudah bisa membawa kendaraan bermotor?

Semua itu adalah contoh hal-hal sepele yang mungkin tanpa sadar sering kita lakukan terhadap anak-anak kita. Sepele tapi akan membuat dampak yang besar pada psikis anak. Karena secara tidak langsung kita sebagai orangtua justru mengajarkan semua hal-hal itu boleh dilakukan dan tidak apa-apa.

it takes a village to raise a child
-African Proverb

Asah, Asih, dan Asuh. Program 3A itu sebenarnya telah lama digaunkan oleh pemerintah dan kembali diingatkan oleh dr. Tjhin. Sebagai orangtua sudah tentu harus mengasah kemampuan anak dengan memberikan stimulasi, mengasihi dan menyanyangi, serta mengasuhnya dengan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya.

Sekali dr. Tjin mengingatkan kami semua para peserta yang hadir di Halodoc Bloggers Gathering, untuk bisa menjadi panutan buat anak-anaknya. Membesarkan anak bukan hanya memperhatikan menjaga kesehatan fisiknya semata, tapi juga menjaga psikisnya.

Ini dia 8 tips untuk menjaga psikis anak sejak dini yang diberikan oleh dr Tjin Wiguna Sp. KJ di acara Halodoc Bloggers Gathering:

1. Tunjukan sikap positif bagi anak

Fokus menjadi panutan yang baik dan positif bagi anak, seperti:

  • Tunjukan pada anak bahwa kita selaku orangtua terus menunjukan sikap dan perilaku yang positif.
  • Tunjukan pada anak bahwa kita selalu orangtua selalu berorientasi pada tujuan dan perencanaan yang baik.

2. Temukan panutan minat anak

Arahkan anak-anak kita dalam menemukan panutan dalam bidang yang disukainya. Kenalkan pada orang tersebut. Ini bisa membantu menjaga psikis anak seperti apa kiranya nanti bila dia menekuni bidang yang disukainya.

3. Bicara tentang orang-orang yang telah bekerja

Bicara dengan anak tentang orang-orang yang telah bekerja untuk membuat perubahan positif dalam kehidupan atau di sekitar mereka. Kenali makna profesi seperti guru atau rekan kerja kita pada anak agar menjaga psikis anak kita nanti siap memasuki dunia bekerja

4. Bekali ilmu agama

Hadirkan susana dalam rumah tangga dengan nilai-nilai keagaaman. Ajarkan pada anak untuk selalu percaya pada Allah swt. Beri contoh selalu. Ajak beribadah bersama-sama. Dengan sendirinya anak akan terbiasa berpegang teguh pada ajaran agama dan menjaga psikis anak hingga dewasa

5. Beri pujian

Ketika melihat ada sikap, perilaku, atau bahasa yang positif jangan pelit untuk memberikan pujian. Biar bagaimana pun anak butuh pujian untuk menjaga psikis anak agar tidak menjadi pribadi yang cenderung minderan. Aku merasakan sekali dibesarkan dengan gaya orangtua yang pelit pujian sehingga tanpa sadar psikis anak (aku) menjadi enggak percaya diri.

6. Gali ikatan batin

Sebagai orangtua diharapkan mampu mengenali perasaan sendiri dan perasaan anak. Mampu memotivasi diri sendiri dan mengolah emosi dengan baik. Semangati anak untuk selalu bersikap dan berperilaku positif.

7. Beri contoh tata krama

Mengingatkan serta memberikan contoh dalam menjalankan tata krama dalam kehidupan sehari-hari, seperti bersyukur, berterima kasih, memaafkan, meminta maaf, tanggung jawab, menolong, memberi salam, dan lain sebagainya.

8. Mengembangkan empati pada anak

Kembangkan empati pada anak kita. Caranya bsia dengan mengajaknya menjenguk orang sakit, memaknai penderitaan orang lain.

Halodoc, Simplifying Healthcare

tips menjaga psikis anak sejak dini

pic source: Moms Blogger Community

Pernahkah kita mengeluh merasa butuh bantuan medis seperti konsultasi dengan dokter atau membeli obat-obatan, tapi merasa malas untuk keluar rumah? Aku sering banget. Ketika melihat stock obat alergi aku tinggal sedikit, aku memilih berdoa agar alergi tidak kambuh-kambuh biar obatnya tidak perlu habis. Tapi dengan kondisi perubahan cuaca yang tak menentu seperti saat ini, justru sinusitis aku lebih rajin kambuh.

Buat aku, harus ke rumah sakit untuk bertemu dokter, mengantri lama untuk konsultasi dan dilanjutkan dengan kembali mengantri untuk menebus obat itu terasa pekerjaan berat. Mungkin hanya ketika aku tengah menjalani program bayi tabung saja aku merasa ikhlas harus berjuang jam 3 pagi untuk suntik ke rumah sakit. Selain itu sebisa mungkin aku memilih malas berobat.

Tentu saja itu bukan solusi yang baik. Masa sudah waktunya minum obat aku malah tetap menahan sakit. Untungnya sekarang sudah ada solusi yang terbaik dari Halodoc. Sebagaimana tagline mereka, simplifying healthcare, Halodoc memberikan solusi kesehatan menjadi langkah mudah.

Halodoc adalah aplikasi kesehatan terpadu berbasis online yang memberikan kesehatan lengkap dan terpercaya dalam memenuhi kebutuhan kesehatan bagi penggunanya. Aplikasi Halodoc ini dilengkapi dengan tiga fitur utama, yaitu:

1. Apotik antar

tips menjaga psikis anak

Sebuah layanan yang dapat mempermudah kita para penggunanya aplikadi Halodoc dalam membeli suplemen, vitamin, dan obat sesuai dengan resep dokter. Halodoc ekerja sama dengan Go-Jek, sehingga kita bisa mendapatkan obat-obatan yang kita perlukan dalam kurun waktu sekitar 60 menit. Cepat bukan? Menariknya, bebas ongkos kirim dan bisa dilakukan 24 jam.

Jadi tak perlu lagi kita memikirkan biaya parkir atau biaya jajan saat tengah menunggu obat kita disiapkan. Sudah pasti terasa lebih hemat. Soal harga pun lebih miring loh. Saat di acara Halodoc Bloggers Gathering kemarin, ada seorang teman blogger yang menanyakan hal ini.

Kenapa bisa lebih murah, karena Halodoc sudah bekerja sama dengan apotik dan Watson. Tak perlu khawatir dengan kondisi obat-obatannya, insya Allah semua aman untuk dikonsumsi asal sesuai dengan takarannya. Pokoknya pastikan saja semua obat yang kita terima masih terbungkus plastik dengan segel merah.

2. Hubungi Dokter

tips menjaga psikis anak

Bisa konsultasi dokter dengan online? Wah ini sih nikmat banget. Kalau #PakeHalodoc tersedia layanan yang memfasilitasi kita untuk berinteraksi secara langsung dengan ribuan dokter. Bisa melalui voice call, video call, atau sekedar chat.

Halodoc memiliki tim medis yang cukup banyak, mulai dari dokter umum, spesialis anak, internis, obgyn, pskikiater,  hingga spesialis mata. Dan semuanya siap online 24 jam. Bergantian tentu saja.

Tak perlu khawatir bila kita butuh berkonsultasi tapi dokter yang kita butuhkan sedan tidak available. Karena dengan adanya fitur “Notify When Available”, handphone kita memberikan notifikasi begitu dokter tersebut availbale. Praktis banget bukan?

Hubungi Dokter ini sudah pasti saat bermanfaat dimana pun kita berada selama tersedia jaringan internet. Buat seorang travel blogger kaya aku, aplikasi Halodoc harus terunduh di smatphone. Yang namanya sakit kadang kita tak tahu kapan akan datangnya, termasuk saat sedang traveling. Yang bisa kita lakukan adalah selalu menyiapkan diri untuk segala kemungkinan.

3. Lab Service

tips menjaga psikis anak

Halodoc bekerja sama Prodia sehingga memberikan kemudahan untuk bisa melakukan pengecekan kesehatan di rumah maupun di kantor. Pilihan lab service ini pun cukup beragam, seperti anemia screening, basic check up, healthy life, dengue fever check, hingga preamarital for women and man.

Namun saat ini untuk fitur Lab Service baru tersedia khusus wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan saja. Yuk ah, doakan agar segera bisa merata menjangkau seluruh kawasan Jabodetabek. aamiin.

Itu dia 3 fitur yang ditawarkan di aplikasi Halodoc. Sebagai mana tagline-nya simplifying healthcare, Halodoc memang benar-benar mempermudah seputar urusan kesehatan. Untuk pembayaran pun, bila kita ingin menggunakan asuransi bisa loh. Caranya tinggal aktifkan menu “Link your insurance“.

Selain 3 fitur utama itu, Halodoc juga menyediakan beragam artikel kesehatan yang bisa kita baca-baca agar pengetahuan kita soal kesehatan semakin banyak. Ingat, orangtua yang cerdas akan dicontoh oleh anaknya untuk jadi cerdas juga.

Bila ingin informasi lebih lanjut tentang Halodoc, selain mengunjungi website mereka, bisa juga dengan mengunjungi akun instagram @Halodoc.

Hari selasa yang berfaedah banget ya. Alhamdulillah thanks to #HalodocxMBC aku mendapat ilmu baru lagi. Semoga dengan aku menuliskan tips menjaga psikis anak sejak dini di blog ini, bisa bermanfaat juga buat kalian pengunjung kesayangan.

tips menjaga psikis anak sejak dini

Bersama teman blogger usai dapat ilmu “Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini”

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

13 Comments

  1. Kalau ada apps Halodoc, kok jadi ingat drama Jepang yang Code Blue yaa…
    Bener membantu karena kadang kalau ngliat orang tersayang sakit sudah panik duluan.

    Semoga diberi kesehatan selalu…

  2. Wah udh kerjasama dg watson dan prodia ya. Kereeennn

  3. Setelah ikut event itu, saya juga jadi nambah melek nih kalau ternyata penting banget jaga psikis anak sejak dini.

    Btw saya udah pake Halodoc. Membantu bgt sih buat buibu macem saya yg suka kepo pengen tanya2 ke dokter tapi males kalau harus ke Rs/klinik wkwkwk

  4. wah menarik nih. berinteraksi dgn org2 yang sama minatnya, membuat anak lbh bagus psikisnya nanti saat terjun ke bidang tersebut ya. mantap!

  5. banyak ilmu dan informasi penting yang dishareee ya mbaaa

  6. Anak akan mencontoh orang tuanya ya, kita harus bersikap positif juga. Aku suka nih aplikasi halodoc.

  7. orang tua emang contoh nyata bagi anak ya mbak. Tapi untuk baik 100% dihadapan anak rasanya susah banget. Semoga anak-anak kita menjadi anak yang lebih postif yak 😀

  8. Asah Asih Asuh ingat banget istilah ini zaman dulu. Terutama saat kepemimpinan Pak Suharto.

  9. Banyak, ya, fitur Halodoc. Membantu banget.

  10. Aplikasinya kayaknya keren nih. Itu buat konsultasinya bayar ya, mbak?

  11. Memberi contoh yang baik ini masih terus ikhtiar. Dari tulisan ini sekali lagi diingatkan untuk mendidik anak dengan cinta.

  12. Penting banget ya menjaga psikis anak sejak dini agar tumbuh kembangnya baik..

  13. Penasaran dengan Holdoc ya banyak fitur yang bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *