Itinerary Keliling 4 Negara, 7 Kota Tour Halal Eropa Timur Bersama Cheria Holiday Selama 9 Hari yang Sulit untuk Ditolak

Peringatan! Tulisan ini memamerkan keindahan Eropa Timur yang dapat membuat pembacanya ingin mencari Tour Halal Eropa Timur

 

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Bismillahirrahmanirrahim,

Aku berdecak kagum kala layar putih itu menghadirkan pemandangan Old Town di kota Praha. Beberapa bangunan tua yang penuh pesona itu sukses membuat jantungku berdegup kencang. Di saat para penonton lain terhipnotis oleh kegantengan para pemain di Negeri Van Orange, aku justru tak bisa berhenti mengagumi keindahan kota Praha yang menjadi salah laku lokasi shooting film tersebut.

“Sayang, suatu hari nanti ajak aku ke sana ya,” bisikku pada pria di sebelahku. Dia mengangguk pelan seraya berucap kata “aamiin.”

Negeri Van Orange bukan satu-satunya film yang membuat aku terhipnotis oleh kecantikan Eropa Timur. Baru-baru ini Surga yang Tak Dirindukan 2 juga sukses membuat aku ingin melarikan diri ke Budapest. Eropa Timur sepertinya mengandung mantra sihir yang mampu membuat orang yang melihatnya ingin menjejakkan kaki, mengunjunginya.

Sambil berdoa dan menabung akan terwujudnya impian mengunjungi kota-kota eksotis di Eropa Timur, jari-jari ini pun mulai mengetikan kata “Tour Eropa Timur” di mesin pencarian, hingga akhirnya aku menemukan Paket Tour Halal Eropa Timur 9 Hari yang ditawarkan oleh Cheria Halal Holiday.

Paket Tour Halal Eropa Timur Cheria Halal Holiday

9 hari, 4 negara, 7 kota di Eropa Timur. Aku mupeng berat ketika membaca rincian itinerary paket tour halal Eropa Timur dari Cheria Halal Holiday ini. Meski tabungan belum terkumpul, aku sudah berkhayal akan bisa menikmati perjalanan di 7 kota yang eksotis di wilayah Eropa Timur didampingi oleh tour guide yang berpengalaman.

Jadi akan ke kota mana sajakah bila ikut Tour Halal Eropa Timur dengan Cheria Holiday?

1. Vienna

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Vienna, ibukota Federal Republik Austria ini selama berabad-abad berperan sebagai ibukota Kekaisaran Hasburg. Yang paling menarik dari Vienna adalah arsitektur bangungan-bangunannya yang merefleksikan bentuk terbaiknya dari berbagai zaman, mulai dari periode Gothik, Barok, hingga modern.

Hal yang wajib dilakukan saat mengunjungi Viena adalah menyusuri Ringstrasse, sebuah jalan berbentuk tapal kuda yang dibuat sejak tahun 1857. Di jalan ini kita akan bisa menemui Stephansdom atau juga dikenal sebagai Katedral St. Stephen, sebuah gereja bergaya Gothik yang berada di pusat kota; Kartner Strasse, sebuah pusat perbelanjaan yang terbentang di alun-alun Stephenplatz tepat di depan Katedral Stephansdom; serta Wiener Staatsoper (Gedung Opera Wien) yang sudah ada sejak abad ke-19.

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Tempat lain yang wajib dikunjungi saat di Vienna adalah Hofburg Palace, bekas kekaisaran yang berada di pusat kota. Saat ini Hofburg Palace menjadi kediaman resmi dan tempat kerja Presiden Austri. Tapi pada masa Habsburg, Hofburg Palace merupakan istana musim dingin kekaisaran.

2. Bratislava

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Vienna, Bratislava terkenal akan old town-nya. Hlavne Namestie, begitu sebutan untuk alun-alun kota ini, yang selalu ramai oleh para turis untuk bisa menikmati bangunan Katedral St. Martin, Menara Old Town Square, juga Slovak National Theater. Saat berada di Bratislava, coba perhatikan rumah-rumah yang ada. Konon kita masih bisa menikmati pemandangan rumah-rumah bergaya Eropa yang masih beratap merah marun, ciri khas rumah tua di Eropa.

Jika berada di ibukota Slovakia ini, berfoto di Bratislava Castle adalah sebuah kewajiban. Ini adalah kastil utama di kota Bratislava, sebuah kastil besar berbentuk segiempat dengan empat menara di setiap sudutnya. Letaknya ada puncak bukit berbatu, menghadap sungai Donau di pusat kota Bratislava. Dari kejauhan kastil ini mendominasi pemandangan di Bratislava selama berabad-abad.

3. Budapest

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Ini dia lokasi dari film Surga yang Tak Dirindukan 2. Ibukota Hongaria. Kota seluas 525,16 km persegi ini merupakan  warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO sejak tahun 1987. Hingga saat ini Budapest memang masih mempertahankan warisan budayanya lewat berbagai bangunan kuno, museum, hingga memorial yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Aku membayangkan diriku mulai bekeliling , seperti melihat Buda Castle, sebuah komplek istana yang berada di atas bukit, aku pun mungkin akan berkhayal menjadi seorang putri. Aku akan menikmati kota Budapest dari ketinggian di Fisherman’s Bastion, kemudian melewati Matthias Church, gereja bergaya Gothik yang dibangun pertama kali pada 1015. Dari Matthias Church aku akan menuju Heroe’s Square, alun-alun kota terbesar yang sudah dibangung sejak 1896 untuk memperingati 1000 tahun sejarah suku Magyar.

Setelah puas berpoto, aku pun melanjutkan perjalanan melewati Parliement House, menyusuri sungai Danube, sungai panjang yang melintasi 10 negara di Eropa dan berakhir di laut hitam, mendaki Gellert Hill untuk melihat Citadel, sebuah benteng yang dibangun oleh Dinasti Hasburg setelah mengalahkan Hongaria pada perang tahun 1849.

Last but not least, sebagai seorang muslimah traveler, sudah tentu aku tak boleh melupakan untuk mengunjungi Islamic Center Budapest, sebuah masjid yang dibangun oleh Komunitas Organisasi Hungaria (MEE), beribadah sambil mengenal bagaimana Islam di Eropa Timur.

4. Salzburg

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Pemandangan kota terbesar ke-empat di Austria ini cukup familiar di mata aku lewat berbagai adegan Maria dan keluarga Von Trapp di film Sound’s of Music. Kota yang juga terdaftar dalam  Situs Kebudayaan Dunia oleh UNESCO ini juga merupakan kota tempat lahirnya Mozart.

Mengunjungi Mozart’s Birth Palace, kediaman masa kecil Wolfgang Amadeus Mozart dzan Mirabell Garden, salah satu lokasi shooting Sound’s of Music adalah hal yang wajib dilakukan bila berada di kota ini. Doakan saja, saat aku menjejakkan kaki di Mirabell Garden, aku enggak hanyut terbawa suasana dan ikut bernyanyi lagu Do Re Mi seperti dalam adegan film.

Selain menawarkan tempat-tempat bersejerah, kota Salzburg juga menawarkan pemandangan alam yang luar biasa cantik. Pegunungan Alpen yang berada di bagian utara dan selatan kota ini pasti akan membuat kita mehapan napas sejenak, mengagumi kecantikan karya Allah.

5. Hallstat

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Paket tour wisata halal Eropa Timur dari Cheria Halal Holiday ini akan mengajak persertanya untuk mengunjungi sebuah desa yang terletak di wilayah Salzkammergut, Austria. Sebuah desa yang berada di dekat danau Hallstatter.

Hallstat menawarkan pemandangan yang cantik yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di dunia. Di wilayah ini kita akan disuguhi pemandangan berupa rumah-rumah tradisional di tepi danau dengan latar belakang pegunungan Alpen. Oke, harus aku akui, baru menuliskan ini saja rasanya raga tak sabar ingin bisa dibawa ke sana. Mengabadikan sendiri pemandangan cantik itu lewat mata dan lensa kamera.

6. Cesky Krumlov

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Selamat datang di negeri dongeng di bagian Republik Ceko. Saat datang mengunjungi Cesky Krumlov, katanya kita akan merasa terbawa mundur ke masa silam. Kota ini adalah kota tua yang berhasil melestarikan sejarahnya.

Chesly Krumlov contoh luar biasa sebuah kota kecil di Eropa dari Abad Pertengahan dimana warisan arsitekturnya utuh terjaga.

-UNESCO

Berada di Cesky Krumlov adalah saatnya melupakan sejenak tentang kehidupan modern. Nikmati suasana tenang di Cesky Castle dan hanyutkan diri dalam suasana kota tuanya.

7. Praha

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Kota terakhir yang akan dikunjungi dalam tour halal Eropa Timur ini adalah Praha. Ibukota dari Republik Ceko rasanya sudah tak perlu digambarkan lagi seperti apa ya. Sudah banyak sekali film-film yang menjadikan Praha sebagai lokasi syutingnya. Di Indonesia saja selain Negeri Van Orange, ada Surat dari Praha yang menjadikan kecantikan kota Praha sebagai lokasi film.

Kastil Praha, jembatan Charles, old town square, St. Vitus Cathedral adalah sejumlah tempat yang wajib dikunjungi saat di Praha. Jangan lupa untuk mengabadikan Astronomical Clock yang terkenal yang terletak di old town square. Jam ini dibuat oleh seorang pembuat jam, Master Hanus pada tahun 1410. Berdasarkan asal-usul yang ada, setelah selesai membuat jam ini, Master Hanus dibuat buta oleh dewan kota Praha agar tidak ada jam yang sama di kota-kota lain di Eropa.

Itu dia ke-7 kota yang akan dikunjungi saat mengikuti tour halal Eropa Timur bersama Cheria Halal Holiday. Sudah pasti akan jadi 9 hari yang berkesan dan sulit dilupakan. Lihat saja para perserta tour muslim Eropa Cheria Halal Holiday ini, semuanya pada ceria.

Harga Paket Tour Halal Eropa Timur Cheria Halal Holiday

If you keep believing, the dream that you wish will come true

-Cinderella

Hari ini aku mungkin masih hanya bisa bermimpi untuk mengikuti tour halal Eropa Timur Cheria Halal Holiday. Tabunganku masih belum cukup untuk mewujudkan mimpi itu di tahun ini. Mari berdoa saja di 2019 nanti siapa tahu ada rejeki untuk aku mewujudkan mimpi ini. aamiin.

Tapi bagi kalian yang memiliki mimpi sama dan sudah memiliki tabungan yang mencukup, ini aku kasih informasi mengenai harga paket tour halal Eropa Timur Cheria Holiday.

tour halal wisata eropa timur cheria halal holiday

Dengan rincian sebagai berikut:

Akomodasi:

  • By Etihad Airways/ Turkish Airlines/ Qatar Airways
  • Accord Grouds *3/ setaraf

Harga Paket termasuk:

  • Tiket penerbangan Jakarta – Vienna // Praha – Jakarta Ekonomi Class
  • Hotel Accord Group *3
  • Transportasi selama tour dengan bus excecutive
  • Tour leader pendamping dari Jakarta

Harga Tidak Termasuk:

  • Makan selama perjalanan
  • Entrence fee ke objek wisata yang akan dikunjungi
  • Pengeluaran pribadi seperti laundry, telephone, internet, minibar, ect
  • Biaya porter di hotel, airport atau tempat transportasi lain
  • Optional tour seperti ke factory outlet dan tempat lain (bila ada waktu), kendaraan khusus atau kereta kuda menuju castle atau spot tertentu.

tour halal eropa timur cheria halal holiday

itinerary Tour Halal Eropa Timur Cheria Halal Holiday

Note: Rute, program perjalanan, fasilitas & harga paket dapat mengalami perubahan, menyesuaikan situasi & kondisi di lapangan, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Apabila ada revisi atau perubahan terbaru, itinerary atau jadwal perjalanan ini tidak berlaku lagi.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat ke Eropa

Tentunya kita semua menginginkan perjalanan yang lancar tanpa ada masalah. Agar perjalanan lancar selama di Eropa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum keberangkatan.

1. Cuaca

Pastikan bagaimana cuaca di negara yang akan kita kunjungi. Apakah sedang musim dingin, musim panas, musim gugur, atau musim semi. Siapkan pakaian sesuai dengan musimnya. Enggak mau kan kalau sampai salah kostum? Jangan sampai kita masih kurang hangat saat di musim dingin, atau justru kepanasan akibat akibat pakaian yang terlalu tebal di musim panas.

2. Kelengkapan Dokumen

Pastikan segala kelengkapan dokumen sudah tersedia dan dibawa. Seperti paspor, visa, tiket, dan lain sebagainya.

3. Mata uang

Bawa mata uang Euro dari Indonesia. Bila ada rencana untuk menggunakan kartu kredit, pastikan kursnya terlebih dahulu.

4. Bawa aneka bumbu siap saji dari dalam negeri

Kadang kita tidak tahu apakah lidah kita akan cocok dengan makanan yang akan kita temui. Untuk menghindari hal itu, bawa aneka bumbu siap saji seperti saus sambal, rendang, abon, juga mie instan.

5. Ukuran koper

Saat melakukan tour lintas negara dan kota seperti tour halal Eropa Timur ini, kita akan seringkali melakukan wisata hop-on, hop-off. Karenanya pastikan agar tidak membawa koper yang terlalu besar yang akan membuat kita repot sendiri nantinya.

6. Obat-obatan

Jangan lupa untuk membawa vitamin dan obat-obatan yang biasa kita konsumsi selama perjalanan.

Nyaman Traveling Bersama Cheria Halal Holiday

Sama seperti ketika aku membangun mimpi untuk bisa kembali ke Korea Selatan, saat mencari tour halal Eropa Timur pun, aku sudah menetapkan pilihan pada Cheria Halal Holiday. Sebagai serorang muslimah, tentu saja adanya  travel wisata halal menjadi sebuah pertimbangan yang wajib dipilih. Biar bagaimana pun kewajiban beribadah dan memastikan makan makanan yang halal wajib dilakukan dimanapun kita berada.

Sejak 2012, Cheria Halal Holiday sudah hadir dalam rangka memenuhi kebutuhan umat muslim saat melakukan perjalanan wisata, yaitu pentingnya menu halal di setiap kunjungan wisata dan kemudahan untuk tetap menjalankan shalat meski di negara non muslim sekalipun.

Hingga saat ini Cheria Halal Holiday sudah melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik dengan harga bersaing dan garansi kepuasaan bagi para peserta rombongan tournya. Cheria Halal Holiday  telah menjadi leader dalam industri tour halal di Indonesia bahkan menjadi tempat belajar untuk travel agent dengan aktif memberikan training untuk mempopulerkan wisata halal di Indonesia.

Sebagai lembaga perjalanan wisata keluarga, Cheria Halal Holiday memfokuskan pada 3 hal, yaitu:

  1. Pengalaman. Cheria Halal Holiday memiliki reputasi yang sempurna bagi pelayanan personal maupun grup. Kualitas dan nilai yang menemuh perjalanan panjang dan database yang komprehensif di back up dengan pengalaman dalam industri pariwisata dan marketing selama sekian tahun.
  2. Pelayanan. Konsultan Cheria Halal Holiday sangat ramah,profesional, dan berpengalaman dalam mengkoordinir bagi peserta travel musiman ataupun bagi  orang yang sama sekali baru dalam dalam dunia travel.
  3. Nilai. Cheria Halal Holiday memiliki rumusan dasar “mengerti bagaimana” kebutuhan dan keinganan para pelanggan, dan sebagai agensi sales penjualan untuk hampir porsi besar bagi biro perjalan tour domestik dan internasional. Cheia Halal Holiday juga “mengerti bagaimana” melalui harga yang sangat kompetitif mampu meraih peluang maskimal untuk segala pilihan dan fleksibilitas.

Segala fokus yang ada pada Cheria Halal Holiday tersebut terangkum dalam visi dan misi mereka sebagai berikut:

tour halal eropa timur cheria halal holiday

7 Alasan Memilih Cheria Halal Holiday

Jadi kenapa harus mempercayakan rencana perjalan dengan Cheria Halal Holiday? Aku yakin banyak pembaca yang bertanya-tanya soal hal ini. Ada banyak alasan yang juga menjadi nilai lebih Cheria Halal Holiday dibanding yang lain. Penasaran apa saja itu? Simak dulu yuk 7 alasan memilih Cheria Halal Holiday

tour halal eropa timur cheria halal holiday

1. Legalitas yang jelas

Sejak didirikan oleh Bapak Cheriatna,  Cheria Halal Holiday telah mengantongi lisensi  Konsorsium dengan legalitas SK Departemen Agama RI No. D/577/2011 Umrah Depag RI D/836-2012 dan BPW/SIUP: 2365/2012 serta dikategorikan sebagai biro resmi perjalanan haji dan umrah di Indonesia. Tak perlu khawatir untuk  legalitas dari Cheria Halal Holiday ini. Insya Allah perjalanan kita dilancarkan.

2. Terjaga kehalanannya

Selain legalitas, bolak-balik aku akan tegaskan pentingnya menjaga kehalalan segala makanan dan minuman kita selama dalam perjalanan. Trus terang kala pergi-pergi sendiri, sering kali aku ragu akan kehalalan suatu jajanan.

Bersama Cheria Halal Holiday ini aku tak perlu lagi dilanda rasa cemas. Karena kami berangkat dengan tour leader yang berpengalaman dan sudah pasti mengetahui soal makanan dan minuman yang halal. Bukan hanya di negara muslim saja, tapi untuk di semua paket wisata yang ada termasuk tour halal Eropa Timur pun aku bisa merasanya tenang.

3. Banyak pilihan paket tour dan destinasi wisata

Jadi, mau liburan ke mana? Cheria Halal Holiday memiliki banyak pilihan paket tour dan destinasi wisata, baik mancanegara maupun domestik. Bahkan untuk ibadah haji dan umroh pun tersedia di Cheria Halal Holiday.

4. Pelayanan dan itinerary yang memuaskan

Kepuasaan customer memang relatif. Tapi melihat banyaknya testimoni dari customer yang menggunakan jasa Cheria Halal Holiday mengatakan kepuasaanya, itu sudah jadi tolak ukur yang cukup buat aku tentang bagaimana kualitas pelayanan dari Cheria Halal Holiday. Simak deh testimoni berikut ini:

5. Anggota Tour Halal Konsersium Indonesia

Tour Halal Konsersium Indonesian (THKI) adalah suatu wadah bertemunya travel agent yang sama-sama memiliki tujuan untuk menggalakan wisata halal, baik dalam negeri maupun internasional. THKI ini baru 25 April 2016 dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, seperti perbankan syariah, tour and travel, universitas, asuransi, hotel, dan lain sebagainya.

Dengan bergabungnya Cheria Halal Holiday dalam Tour Halal Konsersium Indonesia ini, menunjukkan komitmennya sebagai penyedia travel wisata halal.

tour halal eropa timur cheria halal holiday

travel-travel yang membentuk Tour Halal Konsersium Indonesia

6. Memiliki prestasi yang gemilang

2016 lalu diajang kompetisi wisata halal nasional yang diselenggarakan oleh Kemeterian Pariwisata, Cheria Halal Holiday berhasil memperoleh peringkat 3 terbaik dalam 2 kategori, yaitu:

  • Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik
  • Website Travel Ramah Wisatan Muslim Terbaik

Aku yakin dengan kinerja Cheria Halal Holiday yang selalu menjunjung tinggi kepuasan customernya, bukan tak mungkin untuk tahun-tahun berikutnya, Cheria Halal Holiday akan terus mendapatkan lebih banyak pernghargaan lagi.

cheria halal holiday
Ibu Farida Ningsih pada malam penganugerahan penghargaan wisata halal terbaik 
Hotel Sahati, 7 Oktober 2016

7. Sudah tersedia aplikasi berbasis mobile

 

tour halal eropa timur cheria halal holiday  tour halal eropa timur cheria halal holiday tour halal eropa timur cheria halal holiday  tour halal eropa timur cheria halal holiday

Cheria Halal Holiday adalah yang pertama meluncurkan aplikasi mobile Tour Halal berbasis Android di Indonesia. Dengan adanya aplikasi mobile ini, Cheria Halal Holiday memberikan kemudahan dalam bisnis dan pelayanan tour halal.

Aplikasi mobile Konsorsium Halal ini dapat diunduh di android, dan sedang dikembangkan untuk versi IOS, dan akan menawarkan ratusan produk tour halal baik domestik maupun mancanegara. Tentunya dengan adanya aplikasi mobile ini akan memudahkan kita sebagai customer dalam bertransaksi.

Bisa menikmati tour halal Eropa Timur menjadi salah satu impianku. Meski mungkin belum untuk tahun ini. Bila kalian ada yang berminat mengikut Tour Halal Eropa Timur Cheria Halal Holiday, silakan langsung hubungi Cheria Halal Holiday untuk mendapatkan informasi lebih akurat.

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Alamat:

Gedung Twink Lt. 3 Jl. Kapten P. Tendean No, 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

No. Telp:

021 7900216 (hunting operator)

021 7900218

021 7900201

Fax:

021 79182408

Email:

info@travel-cheria.com

Website:

https://www.travel-cheria.com

Akhir kata, semoga tulisan aku mengenai tour halal Eropa Timur ini bisa berguna dan bermafaat. Bila ternyata membuat kalian jadi ikut bermimpi untuk bisa ke Eropa Timur juga, mohon maaf. Aku doakan semoga rejeki kalian berlimpah, dan bisa segera mewujudkan impiannya untuk ikut tour halal Eropa Timur bersama Cheria Halal Holiday. aamiin.

Kenapa Cheria Halal Holiday? Karena sesuai dengan jiggle mereka berikut ini:

Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog yang diadakan oleh 
Cheria Halal Holiday

tour halal eropa timur cheria halal holiday

Picture source:

-Cheria Halal Holiday

-Wikipedia

-Unsplash

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

70 Comments

  1. Semoga suatu aat Nadus bisa keliling eropa.. Ada sih mimpi ke sana
    Semoga terwujud yaah..
    Bagus mbak tempat² wisatanya

  2. Hallstat! Dari dulu pengin ke sana ya ampuuunn kan anin heboh kan jadinya. Kecenya macem di negeri dongeng.. Kemudian gegara postingan ini aku jadi tambah mupeng pengin ke Eropa Timur nih huhu. Abis ini mesti kepoin webnya Cheria nih. Wajib pokoknya.

  3. Dan beneran! Engkau telah membuatku ingin kembali touring the Europe! Dan memang pengen ke 7 destinasi itu. Hiks..

    Semoga ada rezeki dan kesempatan untuk berkunjung kesana suatu hari ke depan nanti. Aamiin. Thanks for make me put them in the list, Dian. Hehe.

  4. Pengen banget keliling2 Eropa eui… Sennag ya kalau pakai paket tour halal, soal sholat dan makanan udah gak bingung2 lagi 😀
    9 hari cukup lumayan, tapi bisa membekas selamanya dalam ingatan, hadeeeh jd pengen traveling nih 😀

  5. Emg perlu bgt tour guide yg dapat memastikan kehalalan makanan kita selama traveling.. Nuhun ya dian.. mungkin akan jadi salah satu pertimbangan juga utk pake cheria ini buat traveling berikutnya.. ❤❤❤

  6. I love Central and Eastern European countries! When we visited those places back in 2009-2010, we haven’t really looked for halal tour but those countries have moslem population as well, so we just asked around for mosque and halal restaurants. For sure the views are incredible.

  7. Eropa sangat menggiurkan. Setelah asia pasifik sempat kepikiran untuk kerja ke eropa. Sudah ada rekomendasi dari boss. Edalah, bukan nasib… Malah pulang dan berkeluarga.
    Ke eropanya beneran kudu liburan doang ini mah…

  8. saya kalau dengar kata eropa timur kok selalu terbayang kota dengan nuansa suram dan masa lampau ya? hihi. padahal austria itu keren banget negaranya

  9. Oh udah ada aplikasinya ya mba? Btw jadinya 9 hari itu berapa duit mba? Hehehe.. tertarik juga aku mau jalan jalan. Yang pasti selalu sedia indomie di koper hehhee

  10. Jadi pengen kesana deh. Ah, tapi…. Jateng aja baru beberapa yang aku kunjungi, masa udah mau jauh-jauh ke Europe.

    Emang gak papa sih, tapi liat aja nanti deh. Semoga bisa kemana-mana. Hehe

  11. Mimpi aku adalah bisa menginjakan kaki di Eropah. Tapi, aku maunya ke UK sih lihat-lihat kerajaan dari dekat.
    DP nya 10000 USD ?? Sepertinya saya belum sanggup untuk DP nya aja..

  12. ya ampun mbak, kalau lihat yang ginian pengennya travelling aja. apalagi kalau ada yang siap ngjakin kita jalan plus jaminan makanan halal
    *mupeng deh suer

  13. Eropa Timur memang terkenal dengan tempat-tempt dengan bangunan indahnya, duh lihat foto-fotonya beneran bikin mupeng, oh iya di sana ada kastiil dracula juga khan ya

  14. Berbagai negara di Eropa Timur memang menghadirkan keindahan bangunan dan pemandangan. Perlu mulai menabung dahulu untuk mewujudkan keinginan pergi ke sana.

  15. Waduh, Mbak Dian.. aku jadi ikutan bermimpi, nih. Bagus-bagus banget ya destinasi wisata di Eropa Timur. Apalagi tournya dengan paket tour yang sudah jelas halal. Jadi tenang ya pastinya 🙂

  16. Hallstat dan praha… Insyaallah suatu hari aku bakal kesana. Itinerary nya paling menarik di hari ke 7 hahaha. Btw itu judulnya typo deh mba kayanya..

  17. Aku ingin ke Budapest! Dan kota2 di Eropa Timurblainnya. Itinerarynya keren mbak Dian, nanti aku contek ya kalau sudah cukuo modalny Utk keliling eropa. Hihi

  18. Daerah Eropa itu bangunannya uwo bangettt. Kalau cuma sehari di masing2 kota kayanya kurang yaa, hahaha

    semoga sukses yaaa

  19. What a blog post, sangat detail kukagum sekali kak Diii, ah kalau kota aku pgn ngunjungin Praha sama Budapest. Teringat film surat dari praha dan indah sekali :3

  20. Negeri van oranje emang racun banget, sih! Aku aja ampe beli novelnya biar tau lebih detail ceritanya wkwkw jadi pengen ke sana huhu

  21. Eropa selalu menarik. Baik Timur maupun Barat menawarkan keindahan arsitektur dan bentang alam yang tak dimiliki nusantara. Untukku pribadi, Eropa Barat lebih menarik karena pernah belajar sejarah, adat, budaya, literatur & gastronominya ketika kuliah dulu.

  22. Wah… Eropa! Bagaimanapun, Eropa selalu menarik, baik Eropa TImur maupun Barat. Kalau aku Tim Barat. at least harus ke sana dulu sebelum ke Timur. Hihihi

  23. Wah… Eropa Timur gak kalah menarik dari Eropa Barat ya.
    Tapi lebih menariknya lagi, kalo eksplor Eropa nya bareng sama Cheria Holiday ya mbak.
    Jadi makin komplit dan gak ribet.. 🙂

  24. Selalu pengin jalan-jalan ke Eropa Timur, terutama Hallstatt ampuun kerennya.. Semoga kita bisa segera ke sana ya mbak.. Amiiin..

  25. Wow
    Ga sabar pengen ikutan tour Eropa Timur iniii….apalagi sama sahabat2 tercinta…
    Semoga mimpi ini bisa terwujud dgn CERIA bersama Cheria Holiday Tour

  26. Duh Mba Dian, jadi makin ngidam aja nih keliling eropaaah .. Informatif banget sih tulisannya..

  27. MasyaAllah… senangnya kl bs keliling eropa tanpa takut ttg kehalalan sesuatunya, doakan aq agar bs ikutan jalan2 halal keliling eropa yaa.. tulisannya menjelaskan dengan detail dan cukup buat saya, jadi punya gambaran apa2 saja yg akan diperlukan, dilalui dan didapatkan kl mau jalan2 halal seperti Dian Ravi…
    Barakallah sharingnya ya sayaaang

  28. baca ini, jadi pengen tur eropa deh…slm ini ga kepikiran tur eropa…
    semoga someday gw bisa sampe sanaa… amin..

  29. Wow… many thanks buat infonya yah dian… kebetulan lagi cari referensi buat jelong2 ke eropah. Jadi bisa prepare budget nih….

  30. Masya Allah keren2 banget ya sist…aku ikut dong….infonya lengkap bgt…Insya Allah bisa kesana aamiin…untuk mensyukuri dan menikmati ciptaan Allah

  31. Okeee…tulisannya udah berhasil bikin ngiler pengen kesana. Hiks…bagus2 ya apalagi PRAHA!Lgs inget salah satu filmnya James Bond sih haha
    Semoga bisa cepat ksnaaaa…Aamiin. mari kerja keras menabuuung haha

  32. Kakak, tulisanmu bikin aku pengen wujudin segera nih keliling Eropa, terutama ke Praha dan Hallstat. Foto-foto dua negara ini udah lama menghiasi jurnalku. Begitu tabungan cukup, langsung kontak Cheria ah.

  33. Nabung yang rajin aahhh, biar bisa travelling keliling eropa begini.. Amin ya allah.. Apalagi ada Cheria Halal tour Holiday gini jadi punya bayangan mau kemana aja

  34. Pokoknya sebelum ke Mekkah aku mau banget ke negara2 Eropa impian bnget inimah teh smoga bisa ya kesana pakai paket tourhalal dari Cheria aamiin

  35. Halooo mbak Dian Aku sukaaa tulisannya bagus dan lengkap. Bikin aku kepengen halan2 ke Eropa dengan jasa Cheria yg halal ke mana2 dan ngapa2in aja. Itinerary nya asik nih. 9 hari rasanya cukup lah buat refreshing. Nabung dulu ah moga2 kesampaian aamiin

  36. waaw impian bgt bisa travelling ke eropa . Yukkks semoga yaa kita ngebolang bareng ke eropa

  37. Pergi ke Eropa Timur-nya sama aku ya, Nol. Biar rasanya makin romantis.

  38. Baca tulisan ini jadi pngen banget ke eropa,, duuh Indah banget yaa pemandangannya.
    Semoga Kita bisa berkunjung kesini ya.. AMIIN

  39. Abis baca tulisannya Kak Dian, jadi niat banget nih nabung biar nanti bisa ikutan Cheria tour ke Praha dan ke negara-negara Eropa lainnya. Harga paket tournya juga bersahabat banget itu loh.

  40. Keliling Eropa jadi impian terdalam nih, dan pengen banget diwujudkan segera. Colek Cheria bisa nih buat bantuin wujudin rencana karena harga paket wisatanya bersahabat banget kan ya

  41. praha cantik banget ya. dan pilihan pesawatnya juga lumayan oke pake etihad uhuy.
    semoga yang lain bisa menyicipi cuaca dingin di Eropa yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *