Business

3 Cara yang Bisa Kamu Lakukan dalam Mendukung UMKM

bismillahirrahmanirrahim,

Masa pandemi yang berlangsung di awal tahun 2020 meninggalkan banyak masalah dalam perekonomian.  Kayaknya hampir semua sektor terkena imbasnya. Ekonomi menurun. 

Tapi sekarang ini kondisi perlahan mulai  membaik. Ada 2 yang bisa membantu untuk kembali meningkatkan  perekonomian, daya beli masyarakat dan UMKM. Pelaku UMKM memiliki peran yang luar biasa penting di dalam perekonomian Indonesia. Makanya, sebaiknya kita terus mendorong dan mendukung UMKM ini, biar ekonomi nasional juga pulih. Nggak susah kok mendukung UMKM itu. Kamu juga bisa melakukannya.

3 Cara Memberi Dukungan UMKM

Beli produk UMKM

Cara pertama sudah tentu, dengan membeli produk-produk UMKM. Adanya marketplace yang banyak saat ini, sangat memudahkan kita untuk membeli produk. Benar gak sih? Bahkan bukan cuma produk dari dalam negeri aja, tapi juga dari luar negeri. 

Mungkin kamu merasa menggunakan produk luar membuat kamu merasa semakin percaya diri dan bangga. Padahhal, membeli produk lokal justru lebih membanggakan lho. Dengan kamu membeli produk lokal, maka kamu telah mendukung UMKM lokal. Apalagi kualitas produk lokal juga tidak kalah keren. Aku sendiri termasuk yang senang beli produk lokal, OOTD aku selalu keren kan?

Follow Media Sosial UMKM 

Beruntung sekarang ini zaman serba digital. Sehingga meski masa pandemi, kita masih bisa terhubung satu sama lain lewat sosial media. UMKM pun sekarang memiliki media sosialnya sendiri. Nah, kamu bisa mendukung UMKM lokal dengan cara ikuti atau follow media sosial mereka. Lalu, aktif berinteraksi di postingan mereka. Semakin banyak interaksi pada postingan mereka, maka kamu membantu mereka meningkatkan engagement dan memperluas jangkauan usaha mereka.

Membantu Mempromosikan UMKM

Selain membeli produk dan memfollow media sosialnya, kamu juga bisa membantu mempromosikan UMKM dengan cara yang sederhana. Kamu bisa merekomendasikan produk atau jasa UMKM ke teman dan keluargamu. Atau kamu bisa membantu menyebarkan informasi tentang produk atau jasa UMKM tersebut di media sosial kamu. 

3 cara itu bisa kamu lakukan dalam mendukung UMKM. Sesimple itu. Berbuat sedikit kebaikan gak ada ruginya kan buat kamu, bahkan malah bisa mendatangkan pahala. Yokkk sama-sama saling membantu agar perekonomian nasional bisa bangkit kembali. Kan kita sama-sama diuntungkan kalau sudah begitu.

Semua orang bisa kok mundukung UMKM agar terus maju dan berhasil. Kalau tadi cara yang bisa dilakukan untuk kita, JNE juga punya cara sendiri dalam mendukung UMKM. 

JNE percaya bahwa produk-produk hasil karya masyarakat memiliki nilai jual dan berpotensi besar untuk dikembangkan, karena memiliki keunikan tersendiri sesuai karakteristik daerah asalnya di seluruh nusantara. Oleh karena itu JNE pun agresif dalam menyelenggarakan program atau acara pemberdayaan komunitas, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas para UKM di berbagai daerah sebagai produsen atau pemasar dari produk khas nusantara.

Dukung UMKM Sorong Go Digital, JNE Hadirkan Goll.. Aborasi Bisnis Online Kota Sorong

Seperti yang baru ini dilakukan oleh JNE kota Sorong. Sebagai mitra UKMM, JNE kota Sorong mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong yang dihadiri lebih dari 100 UMKM setempat, dengan narasumber

Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari selaku Owner Nami Craft, dan Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooipapua.

“Mooi papua kan bergerak di bidang skincare, saat pandemi omset kita justru meningkat karena kebiasaan masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah. Peningkatan omzetnya mencapai 280% atau hampir tiga kali lipat.” Siapa coba yang gak terperangah mendengar penuturan dari Teguh Hidayat Iskandar selaku CMO Mooipapua. Pasti diam-diam ingin berkomentar “Kok bisa?” 

Di saat pandemi yang katanya ekonomi menurun, tapi Mooipapua justru meningkat hampir tiga kali lipat. Mooipapua telah memasarkan produk yang eco-friendly dan social conscious. Dua hal ini menjadi value proposition sekaligus diferensiasi Mooipapua dibandingkan kompetitornya. “Kami tidak terlalu banyak iklan tapi terbesar di value proposition. Produk kami eco-friendly karena bahan bakunya berasal dari alam, mulai dari buah merah, pala fakfak, dan hasil alam lainnya,” tambah Teguh.

Sementara itu, Ratna Sari selaku Owner Nami Craft yang membangun bisnisnya di sektor kriya menyampaikan pentingnya optimalisasi media sosial untuk memasarkan produk, seperti memaksimalkan produksi konten yang menarik hingga menggunakan hashtag atau tagar pada copywriting yang digunakan.

Ratna menambahkan pentingnya diferensiasi dalam memasarkan produknya “Diferensiasi sangat penting ditambah saat ini kompetitor kita tidak sedikit yang awalnya bisa dihitung jari. Kami berfokus pada cara pengemasan yang berbeda dan menyediakan banyak kategori pengemasan seperti Korean Wrapping yang banyak digemari konsumen”, ujarnya.

Bentuk acara seperti ini adalah salah bentuk dukungan JNE terhadap UMKM. Dengan adanya acara sharing, berbagi pengalaman usaha tentunya akan membuat pelaku UMKM juga semakin semangat dalam menjalankan usahanya. 

Kota Sorong merupakan kota ke-28 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Sorong, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Manado pada 18 Juli 2022.

Nah, kalau JNE sudah mendukung UMKM, jangan lupa, kamu juga terus dukung UMKM ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.