Asuransi jiwa syariah adalah bentuk asuransi yang mematuhi prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam asuransi jiwa syariah, prinsip-prinsip syariah digunakan dalam seluruh proses bisnisnya, mulai dari pengumpulan dana, pengelolaan dana, hingga pembagian hasil. Tentunya asuransi jiwa syariah memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik kepada pesertanya dan masyarakat, serta menghindari riba dan spekulasi dalam pengelolaan dana.

Sudah pasti, cara kerja asuransi jiwa syariah berbeda dengan asuransi konvensional pada umumnya. Asuransi jiwa syariah bekerja berdasarkan prinsip tabarru’, yaitu saling membantu antara peserta asuransi. Jadi peserta asuransi akan membayar kontribusi atau kontribusi untuk membantu peserta lain yang mengalami musibah atau kerugian.

5 Manfaat Asuransi Jiwa Syariah

Tapi meski cara kerja asuransi jiwa syariah berbeda, asuransi jiwa syariah tetap memberikan banyak manfaat bagi umat Islam. Ada banyak alasan mengapa umat Islam sebaiknya memilih bentuk asuransi ini. Berikut ini adalah 5 manfaat asuransi syariah dan alasan mengapa umat Islam sebaiknya memilih asuransi syariah.

1. Tidak Ada Skema Hangus

Berbeda dengan asuransi jiwa syariah yang memiliki resiko dana hangus jika telat melakukan pembayaran, asuransi syariah justru tetap menjaga dana kamu untuk dapat diterima secara utuh meski terlambat ataupun gagal dalam melakukan pembayaran karena menggunakan konsep dana titipan. Konsep dana titipan ini dikenal dengan istilah wadiah, yaitu memastikan agar para peserta bisa mendapatkan kembali dana yang telah diinvestasikan. 

2. Prinsip Tolong Menolong

Prinsip dasar asuransi jiwa syariah adalah prinsip tolong menolong berdasarkan Fatwa dari Dewan Syariah Nasional No. 21/DSN-MUI/X/2001 yang menyatakan bahwa asuransi syariah yakni sebuah usaha yang saling melindungi dan tolong menolong antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang kemudian bertujuan untuk memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang disesuaikan dengan syariat Islam.

Dengan adanya prinsip tolong menolong ini, kita sebagai peserta bisa saling membantu menutup risiko antar peserta/anggota hingga menjadi lebih ringan dan cepat selesai, mempererat persaudaraan, hingga menumbuhkan kerukunan antar sesama seperti yang diajarkan dalam agama.

3. Memiliki Kemungkinan Double Claim

Yang dimaksud dengan double claim pada asuransi syariah adalah dimana peserta asuransi bisa menggunakan dua jenis layanan proteksi yang dimiliki untuk menanggung risiko pembayaran layanan proteksi. Sebagai contoh, jika biaya pengobatan telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan sebanyak 80 persen, maka kita bisa mengajukan layanan pembayaran sisanya menggunakan asuransi jiwa syariah yang dimiliki. Tapi tentunya kita perlu untuk menanyakan lebih detail kepada pihak penyelenggara asuransi syariah terlebih dahulu.

4. Tidak Ada Bunga atau Riba

Asuransi syariah bebas dari riba atau bunga. Hal ini berarti, kontribusi yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi tidak didasarkan pada tingkat bunga atau keuntungan. Sebagai gantinya, perusahaan asuransi menginvestasikan dana peserta dengan cara yang sesuai dengan syariah, memberikan keuntungan yang halal bagi peserta.

5. Memenuhi Syarat Agama Islam

Dalam Islam, ada banyak ketentuan tentang bagaimana seseorang harus mengelola keuangan mereka. Asuransi syariah sesuai dengan ajaran Islam, dan mengikuti prinsip-prinsip syariah yang diatur oleh ulama dan otoritas keuangan syariah. Dengan selaras dalam agama Islam, peserta merasa nyaman dan aman karena telah memenuhi syarat agama.

Dalam rangka kepentingan perlindungan keuangan bagi umat Islam, memilih asuransi syariah memberikan banyak manfaat mulai dari proteksi hingga merencanakan keuangan jangka panjang. Umumnya perusahaan asuransi syariah juga mengusung filosofi pemasaran berorientasi kepada kepuasan pelanggan dengan cara pelayanan yang lebih ramah, transparan, aman dan nyaman bagi peserta. Oleh karena itu, asuransi syariah menjadi pilihan terbaik bagi umat Islam dalam menjaga kebutuhan proteksi keuangannya.
Salah satu asuransi murni syariah yang bisa kamu pilih adalah melalui Prudential Syariah. Prudential Syariah menawarkan rangkaian solusi perlindungan jiwa, kesehatan dan finansial berbasis Syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *