Finance

6 Cara Top Up GoPay Enggak Pakai Ribet

24

bismillahirrahmanirrahim,

pic source: gojek

“Tadi jadinya pulang pakai apa?” pertanyaan itu langsung meluncur dari papa, persis di saat aku baru saja sampai di rumah. Aku belum sempat melepas sepatu, apalagi menikmati minuman pelepas dahaga dari panasnya cuaca di luar sana.

“Naik Gojek,” jawabku singkat.

“Mahal dong. Lumayan jauh itu.”

“Tadi dapat diskon karena pakai GoPay bayarnya,” jelasku sambil berjalan ke arah dapur, mencari pengganjal perut dan minuman pelepas dahaga. Aku pikir jawabanku sudah cukup memuaskan rasa penasaran papa. Tapi rupanya beliau terus mengikuti aku ke dapur. Entah kenapa, enggak biasanya.

Tadi memang saat pulang, aku sempat mengeluh di whatsapp kalau angkutan umum yang biasanya membawaku pulang sampai depan komplek mendadak sulit didapat. Cukup lama aku menunggu, tapi tak ada satu pun yang tampak. Akhirnya aku memutuskan untuk memesan Gojek. Alhamdulillah enggak pakai lama dan enggak pakai mahal karena aku membayar menggunakan GoPay. Kalau dihitung, selisihnya hanya Rp 3.000, bila dibanding aku naik angkutan umum. Ditambah lagi sampai di depan rumah. Enggak ada acara jalan kaki dari depan komplek ke rumah yang berjarak 1 km.

“Temen papa juga pada cerita itu pakai GoPay suka ada diskon. Gimana sih cara isi saldo GoPay? Ajarin papa dong.”

Reflek aku pun tertawa. Oh jadi ini rupanya yang bikin papa kepo sama cerita aku pulang. Karena ingin tahu cara isi saldo GoPay. Ah, papa, suka lucu. Padahal mama saja sudah biasa bayar pakai GoPay, tapi papa justru menjadi orang paling terakhir kenalan dengan GoPay di rumah aku. 

GoPay Cara Pembayaran yang Aman dan Bikin Hemat

pic source: gojek

Pembaca DianRavi tentunya sudah cukup mengenal dengan Gojek. Itu lho perusahaan teknologi yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Sampai sejauh ini Gojek sudah bisa ditemui di 50 kota  di Indonesia. Aku sendiri dibikin amazed ketika pulang ke Bondowoso saat lebaran kemarin, karena ternyata ada Gojek, meski dari Jember sih. 

GoRide bukan satu-satunya fitur yang ditawarkan oleh Gojek. Ada juga GoFood, GoMassage, GoClean, dll. Untuk fitur pembayarannya pun sudah ada GoPay. GoPay merupakan dompet virtual untuk menyimpan Gojek Credit kamu.  Lewat GoPay ini kamu bisa menggunakannya untuk membayar transaksi-transaksi yang berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi Gojek.

Tentunya dengan adanya GoPay ini jadi mempermudah proses transaksi dari sisi keamanan. Karena kamu tak perlu lagi menyediakan uang cash. Bukan itu saja, seringkali saat membayar menggunakan GoPay, kamu bisa mendapatkan diskon sehingga lebih murah. Apalagi sekarang GoPay bukan hanya bisa digunakan untuk membayar transaksi yang berkaitan di dalam aplikasi Gojek saja lho. Tapi sudah banyak merchant-merchant yang bekerja sama untuk bisa membayar dengan GoPay. Sst… Biasanya pun ada promo cashback yang akan membuat kamu jadi merasa hemat saat jajan.

6 Cara Top Up GoPay Enggak Pakai Ribet

Menarik banget kan menggunakan GoPay dalam bertransaksi itu?  Nah, permasalahannya bagaimanakan cara top up GoPay? Sebelumnya, pastikan dulu kalau kamu sudah memiliki aplikasi Gojek di smartphone kamu dan sudah melakukan registrasi. Karena GoPay ini adanya di dalam aplikasi tersebut. Untuk nomor rekening GoPay yang digunakan adalah nomor handphone kamu yang terdaftar di aplikasi ini. Nah bila kamu belum tahu cara isi saldo GoPay, berikut ini ada beberapa cara mudah untuk top up GoPay.

1. Top Up GoPay Via Driver

Menurut aku ini adalah cara termudah untuk isi saldo GoPay kamu. Tapi tentu saja ini baru bisa dilakukan saat kamu sedang order GoRide, GoCar, GoFood, GoMart, atau GoShop. Kamu hanya perlu bilang pada driver kalau kamu mau top up GoPay. Sebutkan nominal top up yang hendak kamu bayarkan, bayar uang secara tunai pada driver. Tidak ada biaya tambahan untuk isi saldo GoPay lewat driver. Tapi jangan lupa untuk memastikan jumlah saldo kamu terlebih dahulu ya. 

2. Top Up GoPay via Minimarket dan Penggadaian

Kamu juga bisa isi saldo GoPay lewat minimarket danPenggadaian. Minimarket yang sudah bekerja sama dengan Gojek untuk top up GoPay adalah Alfamart, Alfamidi, Lawson, serta Dan+Dan. Berbeda dengan top up melalui driver yang tidak dikenakan biaya admin, untuk top up GoPay di Minimarket dan Penggadaian ini dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.000. Untuk minimal pengisian saldo sebesar Rp 10.000.

Caranya tidak sulit. Kamu hanya perlu mendatangi kasir, dan mengatakan ingin top up GoPay. Sebutkan nomor telepon yang terdaftar dalam aplikasi Gojek, dan pilih nominal saldo yang ingin kamu tambah, apakah Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp200.000, Rp300.000, Rp400.000, atau Rp500.000. Jangan lupa tambahkan biaya admin sebesar Rp 2.000 saat kamu membayar. 

Setelah transaksi selesai, pastikan lagi kalau top up sudah berhasil masuk di dalam dompet GoPay-mu. Untuk berjaga-jaga bila ada masalah dalam proses transfer, selalu simpan struk pembayannya.

3. Top Up GoPay Via Mobile Banking

Kamu bisa mengisi saldo GoPay melalui mobile banking BCA, Mandiri, BRI, BNI, Permata Bank, CIMB Niaga, BTN, BRI Syariah, ATM Bersama, Digibank, Mayabank Indonesia, serta Bank Mega. Biaya admin yang dikenakan Rp 1.000 – Rp 2.000 per sekali transaksi, tergantung bank yang digunakan, dengan minimal pengisian Rp 10.000.

Cara top up GoPay lewat mobile banking sudah tentu tidak sulit. Kamu hanya perlu masuk ke dalam aplikasi mobile banking terlebih dahulu, memilih menu transfer pada m-BCA, atau pembelian di mobile banking lainnya. Pengisian saldo melalui mobile banking tentunya memudahkan kamu karena kamu jadi lebih leluasa melakukan top up GoPay dimanapun kamu sedang berada, selama smartphone kamu terhubung dengan internet.

4. Top Up GoPay via Internet Banking

Selain melalui mobile banking, kamu juga bisa melakukan isi saldo GoPay dengan internet banking. Bank yang sudah bekerja sama juga cukup banyak, seperti BCA, Mandiri, BNI, PermataBank, ATM Bersama, Bank Sinarmas, ATM Prima, CIMB Niaga, BTN, BRI Syariah, Alto, BJB, Danamon, Mayabank Indonesia, serta OCBC NISP.

Sama halnya dengan top up melalui mobile banking, biaya admin yang dikenakan antara Rp 1.000 – Rp 2.000 tergantung bank yang kamu gunakanan dalam bertransaksi. 

5. Top Up GoPay via ATM

Apakah bisa isi saldo GoPay melalui ATM? Tentu saja bisa juga. Untuk pembayaran via ATM, kamu harus masuk ke menu pembayaran atau pembelian. Masukan nomor virtual akun milikmu. Caranya bisa kamu dapatkan di aplikasi Gojek. Masuk ke menu top up/isi saldo, instruksi, ATM. Pilih bank yang akan kamu gunakan, nomor virual kamu akan telihat di bagian atas.

6. Top UP GoPay via SMS Banking

Enggak punya koneksi internet? Tidak masalah, kamu bisa melakukan isi saldo GoPay via SMS Banking. Caranya ketik :

Beli (spasi) GOPAY (spasi) 301341 (spasi) nomor handphone (spasi) nominal (Spasi) PIN mobile baking

Dan kirim ke SMS 3300 bilak kamu adalah nasabah BRI. Selain BRI, SMS banking ini tersedia untuk nasabah BNI, BJB, BRI Syariah, CIMB Niaga, dan Maybank Indonesia.

Gimana, mudah bukan top up saldo GoPay? Kamu tinggal sesuaikan mau menggunakan cara yang mana yang dirasa paling nyaman untuk kamu. Kalau aku paling senang dengan M-BCA, semetara aku tahu ada satu sahabatku yang paling suka isi saldo GoPay langsung di drivernya. Alasannya enggak ribet dan enggak ada biaya admin.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *