Aku memang bukan seorang gamers, tapi tetap aja kalau lagi sumpek dengan pekerjaan yang menumpuk aku pasti akan memilih berelaksasi sejenak dengan bermain game. Game yang biasanya aku mainkan bukanlah jenis-jenis game bertarung, tapi cukup yang ringan-ringan seperti permainan solitaire. 

Buat yang mungkin belum mengenal apa itu solitaire aku jelaskan terlebih dahulu ya. Solitaire adalah permainan kartu yang populer yang dimainkan dengan satu set kartu remi. Permainan ini biasanya dimainkan sendirian, sehingga tidak diperlukan pemain lain. Pastinya solitaire merupakan permainan yang menyenangkan dan menantang yang melibatkan strategi dan kecerdasan.

Kalau dulu jaman kuliah aku suka bawa-bawa kartu remi untuk bisa memainkan permainan solitaire, sekarang zaman sudah semakin maju. Karena sekarang ini sudah ada online cards games dimana kita bisa bermain kartu secara online. Untuk bermain game card online pun cukup mudah dan tanpa harus instal aplikasi, karena bisa akses melalui web, salah satunya dengan mengunjungi situs solitaire.org.

7 Jenis Permainan Solitaire di Solitaire.org

Solitaire.org merupakan situs yang menawarkan kesempatan bagi pemain untuk bermain Solitaire secara online. Situs ini menyediakan berbagai variasi Solitaire, termasuk Solitaire Klondike dan banyak game Solitaire lainnya. Di situs ini, pemain dapat memainkan Solitaire gratis, tanpa memerlukan unduhan atau pendaftaran, sehingga pengalaman bermain Solitaire menjadi lebih mudah dan lebih nyaman.

Solitaire adalah permainan kartu yang menyenangkan dan menantang yang dapat dimainkan di mana saja dan kapan saja. Permainan ini melatih konsentrasi, strategi, dan analisis situasional. 

Permainan dimulai dengan satu set kartu yang diacak dan diatur dalam tujuh tumpukan di atas meja. Pemain kemudian dapat mulai memindahkan kartu dari satu kolom ke kolom lain, dengan aturan bahwa kartu yang dipindahkan harus memiliki nomor yang lebih rendah dan warna yang berlawanan dengan kartu teratas di kolom sasaran. Misalnya, jika kartu teratas di kolom sasaran adalah ratu hati, maka kartu yang dapat dipindahkan harus merupakan raja berwarna hitam.

Selain memindahkan kartu di antara kolom, pemain juga dapat membuka kartu baru dari deck. Deck adalah tumpukan kartu yang tersisa setelah tumpukan awal telah diatur, dan pemain dapat memilih untuk membuka kartu teratas dari tumpukan ini dan meletakkannya di atas kolom, asalkan kartu tersebut memenuhi aturan permainan.

Gara-gara situs solitaire.org ini aku jadi tahu kalau ternyata permaian solitaire dapat dimainkan dengan berbagai variasi. Selama ini aku tahunya cuma jenis Klasik dan Spider, padahal ternyata yang paling umum adalah Solitaire Klondike. Kemana aja ini aku baru tahu kalau ternyata ada beragam. Di solitaire.org sendiri terdapat 7 jenis permainan solitaire yang bisa kita mainkan.

Classic

Dalam Solitaire Classic, tujuan utama adalah mengurutkan seluruh kartu dalam empat tumpukan berdasarkan urutan angka dan simbolnya. Empat tumpukan ini disebut tumpukan rumah, dan masing-masing dimulai dengan kartu As.

Klondike

Papan game Klondike terbagi atas 3 bagian yaitu tumpukan kartu, ruang kosong untuk kartu sesuai urutan, dan table yang dibuat 7 tumpukan kartu. Sebenarnya ini sama saja dengan versi Classic, hanya tampilannya yang sedikit berbeda. Kamu harus mengurutkan kartu-kartu selang seling dengan warna yang berbeda. Tujuan utama dari permainan ini sama-sama mengurutkan kartu dari AS paling bawah hingga King paling atas.

Spider

Ada 3 pilihan tingkat kesulitan, Easy, Medium, Hard yang bisa kamu pilih untuk memainkan Solitaire Spider ini. Permainan ini menggunakan dua deck kartu dengan tujuan kartu secara berurutan dari King ke As yaitu K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, AS.

Meski terlihat mudah, namun ternyata permainan solitaire ini memerlukan strategi dan ketelitian setiap hendak memindahkan kartu yang tepat agar tidak cepat terblokir.

Freecell

Pada game Freecell terdapat 3 papan dengan 2 papan kosong dan 1 papan berisi kartu. Semua kartu ditempatkan di atas meja, dan kamu sebagai pemain memiliki kebebasan untuk memindah-mindahkan ke empat sel kosong (FreeCell) di sudut meja.

Tapi kamu perlu memperhatikan salah satu papan yang kosong kita hanya bisa menempatkan kartu sesuai jenisnya.

Pyramid Solitaire

Sesuai namanya game Solitaire ditempatkan berbentuk piramid dengan 7 tumpuk. Tujuan dari game ini adalah mengosongkan bentuk piramid dengan cara menggabungkan kartu dengan total nilai 13, seperti kartu AS dan kartu Queen, atau kartu dengan angka 10 dan kartu dengan angka 3. 

Tripeaks Solitaire

Variasi solitaire kali ini berupa 3 piramida dengan masing-masing enam kartu. Cara mainnya menurut aku sih jauh lebih susah dari variasi solitaire lainnya. 

Cara memainkannya adalah dengan menghapus kartu-kartu dengan mencocokkan angka mereka secara berurutan dengan kartu yang terbuka di tumpukan terbuka di tengah. Kartu pada piramida akan tertutup, kecuali yang paling bawah sudah terbuka. 

Golf

Ini bukan permainan golf seperti di lapangan yang menggunakan stik ya. Ini masih permainan kartu yang bisa dibilang sangat menantang.

Pada permainan jenis Golf ini dibagi menjadi 3 bagian, kartu terbuka yang ditempatkan pada 7 kolom, sisa kartu tertutup diletakan pada deck, serta ada kolom kosong untuk menempatkan semua jenis kartu.

Tantangannya adalah kamu harus bermain dengan cepat,  karena semakin cepat kamu menempatkan kartu di kolom kosong poin yang akan kamu dapatkan. 

Seru banget bukan bermain solitaire ini? Meski mungkin dirasa ini adalah permainan lawas, tapi tetap menantang.Keseluruhan permainan Solitaire bukan hanya tentang peruntungan, tetapi juga melibatkan pemikiran strategis. Pemain harus mempertimbangkan dengan cermat setiap langkahnya, memilih kartu mana yang akan dipindahkan, dan pendekatan yang diambil untuk mencapai tujuan akhir. Dalam beberapa kasus, pemain mungkin harus berani membalikkan kartu yang belum terbuka untuk mengakses kartu di bawahnya.

Jadi, jika kamu suka permainan kartu dan mencari tantangan baru, kunjungi solitaire.org dan nikmati keseruan main Solitaire!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *