7 Tempat Wisata Belitung yang Wajib Dikunjungi

bismillahirrahmanirrahim,

Siapa yang ingin beriwasata ke Belitung? Aku sih enggak nolak banget kalau ada yang mengajak apalagi bayarin ke Belitung. Membayangkan menikmati pantai-pantai Belitung yang begitu memesona, berspose di atas bebatuan di tepi pantai, loncat dari satu pulau ke pulau lain, mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata, hingga menikmati kopi di warung kopi menjadi agenda yang bermain di benak aku jika berwisata ke Belitung.

Belitung adalah tempat orang-orang bersenandung tentang keindahan. Tempat wisata di Belitung memang kecantikannya tak tanggung-tanggung. Kawasan yang berada di Pulau Sumatera ini semakin terkenal berkat sebuah film bertajuk Laskar Pelangi yang menceritakan sepak terjang anak-anak istimewa yang bangga dengan tanah kelahirannya. Bukan hanya melihat melalui film atau media sosial, aku pun ingin datang dan merasakan langsung bagaimana udara dan suasana Belitung agar menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Sebenarnya beberapa bulan yang lalu aku hampir saja berwisata ke Belitung. Berkat ajakan Mude yang ternyata sudah beli tiket ke Belitung seorang diri. Iya, judulnya aku nemenin Mude liburan ke Belitung. Jadi dia kebetulan sudah beli tiket ke Belitung untuk bulan Februari, mencari teman barangkali ada yang mau bareng. Berhubung sudah lama Belitung ada dalam wish list aku, langsung aku iya kan. Sayangnya, dua minggu sebelum rencana keberangkatan Mude malah batal berangkat karena sudah mulai mengemban tugas negara pulang kampung ke Ciamis. Jadilah mimpi beriwisata ke Belitung aku kembali tertunda.

7 Tempat Wisata Belitung yang Wajib Dikunjungi

Ketika merencanakan ke Belitung kemarin itu, aku sudah membuat list mau mengunjungi tempat wisata mana saja. Mau tau enggak tempat wisata apa saja yang rencananya mau aku kunjungi? Biar enggak mubazir cuma tercatat di buku catatan aku, lebih baik aku tulis di blog Dian Ravi, siapa tahu bisa bermanfaat bagi kalian yang juga sedang merencanakan untuk berwisata ke Belitung. Yuk intio dulu tempat wisata di Belitung yang menjadi inceran aku jika akhirnya mimpi ke Belitung bisa aku wujudkan.

1. Pulau Lengkuas

pic source: @ciamarcia09

Ini adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Belitung. Pulau Lengkuas. Berada di sebelah utara Pulau Belitung, sekitar sekitar 30 menit untuk menyeberang ke pulau ini. Yang paling menarik dari Pulau Lengkuas adalah mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau.

Mercusuar ini sudah berdiri sejak tahun 1882. Dari atas mercusuar ini, kita bisa menikmati pemandangan keindahan pantai-pantai di Belitung dari ketinggian.

2. Pantai Tajung Tinggi

picture credit @indahyuliyani04

Ini adalah salah satu pantai yang terkenal di Belitung yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Berpasir putih, air laut jernih, dan batu granit super besar adalah ciri khas dari pantai ini. Katanya ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif tenang sehingga kita bisa berenang tanpa harus takut terbawa ombak.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Letaknya di sebelah utara Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai kedua yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Batu Kelayang yang ada di pantai ini yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011.

Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari dua bagian, yaitu sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih nan cantik. Kita bisa menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan malakukan beragam atraksi air lainnya di pantai ini.

4. Pulau Pasir

Pulau Pasir sesungguhnya adalah sebuah tumpukan daratan yang hanya terdiri dari pasir. Saat air laut surut, tumpukan pasir ini akan terbentuk seperti pulau. Sedangkan saat air laut pasang, daratan ini seluruhnya akan tenggelam di bawah air laut. Pulau ini tidak terlalu luas, hanya sebesar setengah lapangan sepak sepak bola.

5. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong terletak di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Batu Lubang. Keindahan alam pantai ini hampir sama dengan keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, dengan gugusan batu granit yang bertebaran di tepi pantai. Bedanya, batu granit di pantai ini saling menyambung dan memanjang, menjorok ke arah laut sehingga membentuk seperti dermaga secara alami. Ombak di sini tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang, air pantai juga jernih dengan pasir putih yang lembut.

6. Danau Kaolin

picture credit @desiaprawita

Sebenarnya Danau Kaolin ini bukan tempat wisata umum. Danau Kaolin adalah salah satu tambang di pulau Belitung. Namun keindahan tempat ini yang merupakan perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih membuat wisatawan yang berkunjung ke Belitung memasukan Danau Kaolin ke dalam itinerary-nya. Pemandangannya mengingatkan aku akan Kawah Putih.

7. Museum Kata

picture credit @di.explorer

Last but not least, Museum Kata. Rasanya tak lengkap kalau berwisata ke Belitung tanpa mengunjungi Museum Kata milik Andrea Hirata yang karyanya sudah mempopulerkan pariwisata Belitung.

Museum Kata Andrea Hirata adalah museum literatur pertama di Indonesia. Di sini, selain kita bisa menyaksikan koleksi tentang film Laskar Pelangi, kita bisa menemukan berbagai karya Andrea Hirata di museum ini.

Mempersiapkan Wisata ke Belitung

Apa saja sih yang harus disiapkan jika ingin berwisata ke Belitung? Langkah pertama ketika aku menerima tawaran Mude untuk bareng sama dia ke Belitung adalah mencari tiket pesawat murah ke Belitung. Iyalah, dia sih sudah punya tiket, aku kan belum.

Seperti biasa aku langsung buka website PegiPegi untuk berburu tiket. Pilih ke menu Pesawat dan masukkan destinasi yang kita inginkan serta tanggalnya. Selanjutnya tinggal pilih deh jadwal keberangkatan yang cocok dengan agenda dan saldo kita. VOILA! Mudah banget bukan?

Ada 4 alasan kenapa aku mencari tiket di PegiPegi, mau tau enggak apa alasannya? Mau dong ya.

1. Kemudahan Pembayaran

Ada banyak cara metode pembayaran bisa kita pilih seuasi dengan keinginan dan kebiasaan kita. Seperti transfer, kartu kredit, pembayaran di swalayan, internet banking, dan cicilan. Kalau aku pribadi paling senang bertaransaki lewat mbaking. Tanpa harus minta berhenti di ATM, proses pemesanan bisa langsung diselesaikan saat itu juga, dimana pun.

2. Diskon dan Promo

Bagi member Pegipegi akan ada harga spesial. Selain itu juga terdapat beragam promo menarik lainnya.

3. PepePoin

Pegipegi ini punya poin yang disebut dengan PepePoin. Nah semakin sering mnggunakan Pegipegi, tentnya PepePoin akan terus bertambah dan bisa  mendapatkan potongan harga pada transaksi berikutnya.

4. Best Price Guarantee

Yang paling bikin susah untuk menolak menggunakan Pegipegi adalah harga yang diberikan karena Pegipegi menjamin Anda mendapatkan harga terbaik saat melakukan pemesanan.

Sudah tahu kan sekarang kenapa aku reflek mencari tiket pesawat di PegiPegi? Yah, gitu deh. Rasanya memang mudah dan nyaman mencari tiket murah di PegiPegi. Sayang saja akhirnya aku batal ke Belitung. Semoga aku akan segera berjodoh ke Belitung dalam waktu dekat. Doain ya.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

8 Comments

  1. Salah satu mimpiku adalah bisa menjejakkan kaki di Belitong, Mbak. Aku ingin menyaksikan keindahan alam tempat anak-anak Laskar Pelangi membangun mimpi-mimpinya. Selain pantai-pantai seperti di atas, aku ingin mengunjungi SD Muhammadiyah Gantong

  2. Belitung makin hits semenjak laskar pelangi ya, Mbak. Dan, masih pengen banget ke sana sama anak. Biar banyak belajar bahwa setiap daerah setiap anak itu memiliki potensi masing2.

  3. Aaamiiin~
    Semoga bisa segera ke Belitung, teh…
    Aku yang KZL niih, teh….suamiku bolak-balik aja gitu ke Bangka – Belitung….tapi akunya tak kunjung diajak.
    Yaakkk~
    Harus pakai rayuan PegiPegi sepertinya niih..

  4. pegi pegi adalah solusi kak. kemarin sempet keteteran pesan tiket ini itu dan kamar ini itu diberbagai lokasi. Pake pegi pegi walaupun mepet juga masih dapet harga bagus…. andalannnkuuuu

  5. Belitung ini rasanya makin hits berkat film Laskar Pelangi ya kyknya…
    Noted banget lokasi wisatanya, moga bisa segera ke sana sama keluarga. Pegi2 ada promo2 gak yaaa hehe, ngarep dapat tiket PP murce 😀

  6. Wajib nih dikunjungi tahun ini. Udah lama dengar ttg Belitung tapi masih butuh sesuatu buat diyakinkan nih..huhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *