Membeli rumah merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup, terutama bagi pasangan pengantin baru yang ingin memulai hidup bersama. Pengalaman beli rumah pertama bisa jadi menyenangkan sekaligus penuh dengan kebingungan. Prosesnya bisa rumit dan membutuhkan perencanaan yang matang. 

Tapi tenang, kalau kamu dan pasangan hendak membeli pertama, gak usah panik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu pengantin baru saat hendak membeli rumah:

7 Tips Saat Hendak Membeli Rumah

1. Tentukan anggaran yang realistis

Sebelum memulai proses pembelian rumah, cari tahu terlebih dahulu keuangan kamu bersama pasangan. Evaluasi pendapatan, tabungan, dan kewajiban keuangan lainnya. Dari situ, tetapkan anggaran yang realistis untuk membeli rumah, termasuk biaya-biaya tambahan seperti pajak properti, premi asuransi, dan biaya notaris.

2. Cari informasi tentang lokasi 

Cari informasi tentang lokasi yang diinginkan untuk membeli rumah. Pertimbangkan jarak rumah dari tempat kerja, akses ke fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Lokasi yang strategis akan memudahkan mobilitas kamu dan pasangan sehari-hari.

3. Manfaatkan kalkulator mortgage 

Sebelum mengajukan pinjaman, gunakan kalkulator mortgage untuk menghitung estimasi biaya-biaya yang terlibat. Dengan mengisi informasi seperti harga rumah, suku bunga, dan jangka waktu pinjaman, kalkulator tersebut akan memberikan nilai cicilan bulanan dan total biaya yang harus kamu bayar.

Di Mortgage ini, kamu bisa menghitung banyak hal. Mulai dari kelebihan pembayaran pinjaman, amortisasi, remortgage sampai menggunakan kalkulator affordability yang bisa cek hitungan sesuai dengan penghasilan yang kita miliki. Cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu buka webnya lalu masukkan angka di kalkulatornya. Dan selesai. Mudah banget bukan?!

4. Cari tahu tentang program subsidi perumahan

Beberapa negara memberikan program subsidi perumahan kepada pasangan pengantin baru. Cari tahu apakah kamu berhak mendapatkan program tersebut dan persyaratan yang harus dipenuhi. Program subsidi perumahan dapat membantu mengurangi beban finansial saat membeli rumah.

5. Gunakan jasa agen properti

Menggunakan jasa agen properti dapat memudahkan proses pencarian rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu dan pasangan. Agen properti juga dapat memberikan nasihat dan membantu kamu dalam negosiasi harga.

6. Periksa kondisi fisik rumah

Sebelum membeli rumah, pastikan untuk melakukan inspeksi fisik. Periksa kondisi struktur, instalasi listrik, air, dan kebocoran. Jika perlu, minta bantuan profesional dalam melakukan inspeksi agar kamu mendapatkan gambaran yang akurat tentang kondisi rumah.

7. Pertimbangkan masa depan

Ketika membeli rumah sebagai pengantin baru, pertimbangkan pula kebutuhan jangka panjang. Apakah rumah tersebut memiliki ruang yang cukup untuk keluarga yang akan beranjak berkembang? Apakah rumah tersebut dekat dengan sekolah? Pertimbangkan faktor-faktor ini agar rumah yang dibeli tetap relevan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Membeli rumah sebagai pengantin baru bisa menjadi pengalaman yang menarik namun juga menantang. Dengan perencanaan yang matang dan menggunakan beberapa tips di atas, kamu dan pasangan dapat membuat keputusan yang tepat dan menghindari masalah finansial di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *