Kuliner

Inspirasi 30 Hari Menu Ramadhan Bersama Kobe, Jurus Anti Ribet Mikirin Menu di Rumah

bismillahirrahmanirrahim,

Ramadan tiba!! Bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya akhirnya datang juga. Suasana bulan Ramadan itu memang selalu bikin kangen, mulai dari puasanya itu sendiri, sampai kumpul keluarga sahur bareng. Apalagi buat aku yang sehari-hari kalau makan suka sendirian aja, karena jam makan selalu menyesuaikan dengan jam kesibukan masing-masing. Cuma saat buka puasa dan sahur kami bisa kompak.

Tapi, kalau boleh jujur, ada satu hal yang paling aku enggak suka dari bulan Ramadan ini. Aku paling enggak suka harus mengatur menu 1 bulan penuh. Ini tuh pekerjaan rumah tangga yang paling malas, kalau nanya ke orang rumah mau dibuatin apa, pasti jawabannya antara “terserah” atau “bebas mau makan apa aja,” Mana ada dua menu itu di pasar? Nanya sama orang pasar itu bahan-bahannya apa juga enggak ada yang tau. Hufhttt….

Ada yang sama enggak sih sama aku, pusing mikirin selama bulan Ramadan? Kalau ada, kita sefrekuensi. Toss dulu! Tapi alhamdulillah, tahun ini aku sudah enggak pusing lagi mikirin menu Ramadhan. Aku sudah punya primbon yang membantu aku memntukan mau masak apa selama satu bulan ini. Kunci jawabannya tuh ada di Inspirasi 30 Hari Menu Ramadhan bersama Kobe.

Inspirasi 30 Hari Menu Ramadhan Bersama Kobe, Jurus Anti Ribet Mikirin Menu di Rumah

Sumpah, rasanya bahagia banget ketemu sama Inspirasi 30 Hari Menu Ramadhan bersama Kobe ini. Puasa tahun ini enggak ada lagi deh tuh drama bengong mikirin mau masak apa ya hari ini, karena sudah siap menu buat selama sebulan. Dan karena sudah siap menu untuk satu bulan penuh, jadi aku pun bisa belanja untuk kebutuhan 2 hari sekaligus. Hemat tenaga, enggak perlu tiap hari ke pasar.

Menu yang ada di 30 Hari Menu Ramadhan ini umumnya juga menu yang enggak ribet masaknya, cukup praktis menurut aku yang anti ribet di dapur. Plus, makannya juga menu-menu favorit yang dijamin bakal disukai sama anggota keluarga.

Seperti kemarin nih, contohnya, aku bikin Kripik Tempe Kobe buat menemani makan malam dan menu sahur. Tahu sendiri kan kalau sahur tuh kadang males-malesan mau makan lahap juga, karena kalah sama rasa kantuk. Tapi Kripik Tempe Kobe ini laris manis. Padahal aku bikin dari ½ papan tempe, jadi 1 toples. Pada minta dibuatin lagi.

Ini nih resep Kripik Tempe Kobe yang kemarin aku buat, kali aja ada yang mau contek:

RESEP KERIPIK TEMPE KOBE

Bahan:

1/2 Papan Tempe

1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk (70gr)

125 ml air

3 lembar daun jeruk, iris halus

500 ml Minyak goreng

Cara membuat:

1. Iris tipis tempe, lalu goreng sampai matang dan kering, tiriskan.

2. Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan air, aduk hingga larut

3. Tambahkan irisan daun jeruk dan aduk rata

4. Masukkan tempe yang sudah digoreng  ke dalam adonan basah

5. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.

6.Angkat dan biarkan dingin, setelah dingin simpan dalam toples.

Gampang banget kan bikinnya. Testimoni orang rumah tuh pada bilang renyahnya pas banget, juga rasa gurihnya bikin nagih. Aku senyum bangga dong, berasa pintar masak. Padahal rahasia yang bikin renyah dan gurih itu ya karena aku pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk. Formulasi untuk gorengan tempe dengan ketumbar asli sehingga menghasilkan rasa gurih dan renyah.

Enggak salah memang kalau Kobe ini menggunakan tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! Soalnya selain memiliki varian tepung yang banyak pilihan, tiap variannya punya formula yang bikin makanan jadi terasa istimewa. Seperti tempe kriuk buatan aku yang jadi renyah dan gurih berkat Kobe Tepung Tempe Kriuk, kita juga bisa membuat ayam Kentucky sendiri dengan menggunakan Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy. Dijamin deh, rasanya bakal super cripsy dan tahan sampai 8 jam.

Buat aku sih wajib banget nyetok tepung Kobe di rumah. Apalagi harganya juga cukup terjangkau. Satu bungkus paling kisaran Rp 5.000 – Rp 10.000, tergantung jenisnya. Sudah enggak bikin kantong jebol, tapi bikin makanan jadi enak.

Btw, selama ini aku kira Kobe itu perusahaan Jepang lho. Ternyata Kobe ini asli Indonesia, dimulai dari industri rumahan di Semarang pada tahun 1979. Produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia. Dan ternyata, nama Kobe itu sendiri sebuah singkatan, Kata Orang Banyak Enak. Wakakaka….. Siapa yang baru tahu? Sama kalau gitu. Tapi sesuai sih sama namanya, karena memang Kobe ini bikin makanan jadi enak.

Balik lagi ngomongin soal menu Ramadan, aku sih merasa tertolong banget berkat adanya Inspirasi 30 Hari Menu Ramadhan. Enggak ada lagi acara duduk bingung mikirin harus masak apa hari ini, atau bertanya ke sana sini dan mendapat jawaban “Terserah”. Yok, mumpung puasa baru berjalan semingguan, kalian langsung aja contek Inspirasi 30 Hari Menu Ramadhan buat menu selama bulan puasa ini. Bebaskan diri dari kejelimetan mikirin menu di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.