Itinerary Menikmati Wisata Sumatera Barat 5 Hari 4 Malam

bismillahirrahmanirrahim,  

“Teh, abis Nina ujian kita jadi ke Sumatera Barat ya. Mama bisa libur seminggu nih. Tolong bikin itinerary dan urus segalanya.”

Sudah sejak lama mamaku menginginkan wisata ke Sumatera Barat. Dalam kamus beliau, tinggal provinsi ini di pulau Sumatera yang belum pernah dikunjungi. Kalau aku sebagai tukang main, tentunya menyambut bahagia titah beliau untuk membuat rencana menikmati wisata Sumatera Barat selama seminggu.

Itinerary Menikmati Wisata Sumatera Barat 5 Hari 4 Malam

Enggak heran kalau mamaku ingin sekali berkunjung ke Sumatera Barat, karena wisata di Sumatera Barat ternyata indah-indah tempatnya. Aku sempat bingung mengatur itinerary perjalanan. Untung saja kami punya cukup waktu untuk mengeksplore sebagian besar wisata Sumatera Barat.

5 hari terasa cukup puas buat aku menikmati wisata Sumatera Barat. Meski sudah tentu, enggak nolak kalau bisa lebih lama lagi (ehhh ngelunjak). Jadi kemana saja kami selama 5 hari di Sumatera Barat? Ini dia itinerary yang bisa kamu contek kalau kamu berencana ke Sumatera Barat juga.

Hari Pertama: Jakarta – Padang

Aku berhasil mendapatkan penerbangan pagi hari menuju Padang, sekitar jam 9 pagi aku sudah tiba di bandara udara Minangkabau. Tanpa ingin menyia-nyiakan waktu, aku pun langsung mengagendakan ke Pantai Air Manis, itu lho tempat legenda Malin Kundang dikutuk menjadi batu.

Tapi sebelum menuju Pantai Air Manis, kami disarankan untuk bersantai sejenak di sebuah tempat makan yang menawarkan pemandangan Teluk Bayur. Sebenarnya perutku masih terasa kenyang, tapi tak ada salahnya menikmati secangkir kopi sambil menatap laut lepas. It’s always great.

Saat adzan dzuhur berkumandang, aku memilih untuk melaksanakan di Masjid Raya Ganting, sebelum menuju hotel untuk check in dan beristirahat. Masjid ini merupakan salah satu cagar budaya.

Puas beristirahat, sore hari kami baru mulai melanjutkan wisata Sumatera Barat. Kelenteng See Hien Kiong menjadi destinasi wisata berikutnya. Sambil tak lupa menikmati Kopmil Om Ping Pondok.

Tak terlalu lama waktu kami habiskan di sana, karena berikutnya aku mengajak ke Kota Tua Padang sebelum melanjutkan ke jembatan Siti Nurbaya dan menikmati senja di pantai.

Hari Kedua: Padang – Pesisir Selatan – Padang

Hari kedua ini agenda bermain di Kabupaten Pesisir Selatan. Jembatan Akar, Pantai Carocok, dan Bukit Langkisau menjadi wisata Sumatera Barat incaran kami.

Belum juga tiba di Kabupaten Pesisir Selatan, sepanjang perjalanan entah berapa kali kami minta berhenti untuk mengabadikan kecantikan alam Sumatera Barat. Begitu pula saat pulang, lagi-lagi saat menjelang senja, kami berhenti mencari spot untuk menikmati matahari terbenam.

Hari Ketiga: Padang – Bukittinggi

Agenda hari ketiga ini cukup panjang, karenanya kami berangkat check out dari hotel masih agak pagi. Kami akan menuju Bukittinggi dengan mampir-mampir beberapa wisata Sumatera Barat.

Di mulai dengan Danau di Atas dan Danau di Bawah, Danau Singkarak, Istana Baso Paguruyung di Batu Sangkar, sebelum akhirnya tiba di Bukit Tinggi sore hari.

Puas? Puas banget rasanya di hari ketiga ini. Malam hari kami menikmati wisata kuliner di Bukittinggi.

Hari Keempat: Bukitttinggi

Danau Maninjau menjadi destinasi wisata pertama kami di hari keempat. Sayangnya demi menghemat waktu, kamu tak sampai turun ke bawah. Kami hanya menikmati dari Lawang Park saja, sebelum melanjutkan wisata ke Jam Gadang, Ngarai Sianok, dan Lobang Jepang.

Berwisata dengan mama dan adikku memang beda ketika aku traveling berdua aja sama Mas Metra. Aku lebih harus menjaga mood si bungsu. Enggak bisa terlalu capek. Untungnya Bukittinggi menawarkan kuliner nikmat, sehingga kalau BT, obat penawarnya mudah.

Hari Keempat: Bukittinggi – Payakumbuh

Sebelum ke Payakumbuh, kami menyempatkan diri ke Ford de Kock yang menjadi satu dengan kebun binatang terlebih dahulu. Nina penasaran ingin ke tempat ini, sayangnya kemarin hujan turun dengan derasnya.

Bukit Harau yang cantik dan Ngalau Indah menjadi destinasi wisata Payakumbuh yang dituju. Tentunya kami pun tetap tergoda untuk berhenti di Kelok 9 dan foto-foto.

Karena masih sore ketika kembali ke Bukittinggi, saatnya melanjutkan wisata sejarah ke rumah kelahiran Bung Hatta.

Hari Kelima: Bukittinggi – Padang

Last day. Sedih radanya harus bersiap kembali ke Jakarta. Masih betah menikmati wisata di Sumatera Barat. Untung saja sepanjang perjalanan dari Bukitinggi ke Padang kamu masih sempat untuk mampir ke beberapa tempat wisata.

Di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau, aku sempat menggunakan baju adat, mengingat ketika di Istana Baso Pagaruyung enggak jadi karena sudah terlanjur merasa kucel.

Kami juga sempat berhenti di Air Terjun Lembah Anai yang berada di pinggir jalan raya Padang – Bukittingi.

Persiapan Traveling ke Sumatera Barat

Sedih rasanya harus pulang. Masih banyak wisata Sumatera Barat yang belum aku kunjungi. Semoga aku akan bisa kembali lagi ke Sumatera Barat bersama Mas Metra.

Apalagi aku sudah lebih pengalaman untuk mengatur persiapan traveling ke Sumatera Barat. Bukan saja mempersiapkan itinerary tapi juga mencari penginapan dan menyewa kendaraan di https://www.trac.astra.co.id/.

Apakah kaian ada rencana untuk liburan ke Sumatera Barat dalam waktu dekat? Semoga itinerary yang aku tulis ini dapat membantu dalam persiapan menikmati wisata Sumatera Barat.

Have a great holiday!

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

  1. Sungguh perjalanan yang menggugah hati saya untuk bisa kesana juga. Keren banget mbak dian…. Itu mesjidnya juga mewwah banget, terlihat artistik gitu, dan semua destinasi diatas sangat menggoda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *