Lakukan Cara Ini untuk Membuat Mobil Innova Semakin Hemat BBM

bismillahirrahmanirrahim, 

Bahan bakar pada mobil yang hemat menjadi salah satu faktor yang banyak dicari masyarakat. Mobil yang memiliki bahan bakar hemat dianggap jauh lebih efektif karena pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan bakar ketika sedang bepergian jauh. Namun ternyata membuat mobil hemat bahan bakar bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Terutama untuk mobil Innova.

Salah satu keahlian berkendara yang mampu menghemat bahan bakar yaitu menggunakan safety driving, eco driving dan defensive driving. Untuk memulai langkah dalam menghemat BBM, kamu tidak perlu datang ke Auto2000 untuk melakukan modifikasi supaya mobil Innova kamu lebih menghemat BBM. Cukup dengan melakukan tips berikut maka mobil Toyota kesayangan terhindarkan dari kata boros.

1. Menggunakan teknik berkendara Eco Driving

Berkendara menggunakan teknik Eco Driving kamu harus memastikan bahwa kondisi mesin mobil dalam kondisi yang baik dan Prima. Dalam menjaga kondisi kendaraan supaya tetap aman sebaiknya kamu melakukan servis secara rutin di Auto2000. Apabila mobil Innova terjaga dengan baik terutama pada bagian saringan udara, rutin melakukan uji emisi dan servis secara rutin akan membantu kamu supaya mobil lebih menghemat bahan bakar.

2. Perpindahan gigi

Faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar yaitu RPM atau putaran mesin. Apabila kendaraan bertransmisi manual, maka pola pindah gigi akan sangat berpengaruh. Jika pindah gigi RPM terlalu tinggi, maka hal ini dapat menimbulkan kendaraan menjadi boros. Hal ini bisa dilihat pada bagian grafik torsi yang ada dalam buku panduan manual, sementara setiap mobil Innova dan tipenya memiliki karakter yang tidak sama.

3. Menggunakan transmisi otomatis

Menggunakan transmisi otomatis Innova maka pengguna mobil dapat menginjak gas secara perlahan, kemudian menyesuaikan pada kondisi jalan, secara tidak langsung hal ini akan menjadikan bahan bakar menjadi lebih ekonomis. Penyebabnya karena sebelum RPM tinggi maka komputer akan langsung memerintahkan pindah gigi.

4. Penggunaan oli

Jika kamu adalah pemilik mobil Innova di bawah tahun 2014 dengan SAE 5W30 maka sebaiknya kamu menggunakan oli mesin yang encer. Sementara bagi kamu yang menggunakan mobil Toyota diatas 2014 yaitu All New Kijang dapat menggunakan pelumas SAE 0W20. Selain itu kamu juga dapat menggunakan filter udara yang terbuat dari bahan katun misalnya seperti K&N. Dengan demikian maka aliran udara yang masuk akan semakin banyak dan kotoran akan tersaring.

5. Jangan asal menggunakan bahan bakar

Menggunakan bahan bakar yang sembarangan selain dapat merusak mesin mobil ternyata hal ini juga tidak dianjurkan karena hal ini dapat membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar sesuai dengan anjuran pabrikan dari Toyota. Jika kamu tidak mengetahui bahan bakar yang seharusnya digunakan oleh mobil Innova, silahkan mengkonsultasikannya kepada Auto2000.

6. Pertahankan kecepatan

Cara terakhir untuk menghemat bahan bakar pada mobil Innova yaitu dengan mempertahankan kecepatan dalam putaran ekonomis. Untuk putaran ekonomis mobil besutan Toyota ini untuk diesel di 1000AE 1500 rpm, sedangkan untuk bensin berada pada 2000-2500 Rpm. Kecepatan jelajah dapat dilihat pada bagian speedometer. Sementara untuk mobil All New Innova dapat diset pada mode Eco Driving, sehingga bisa dipastikan display informasi Eco Driving pada bagian dashboard karena bagian ini akan selalu menyala.

Membuat bahan bakar mobil Innova menjadi lebih hemat memang tidak terlalu sulit dilakukan. Selain bisa mengikuti beberapa tips di atas, kamu pun juga bisa meminta solusi kepada Auto2000 untuk membuat bahan bakar mobil kesayangan kamu menjadi lebih ekonomis, kamu bisa mengkonsultasikan kondisi mobil kepada Auto2000 melalui website yang telah disediakan yaitu www.auto2000.co.id.






dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *