bismillahirrahmanirrahim,

Banyak keluarga yang ingin memiliki rumah dua lantai. Rumah dua lantai memiliki banyak kelebihan karena ruang yang bisa dimanfaatkan akan lebih banyak. Jika saat ini Anda baru memiliki rumah satu lantai, Anda bisa mengembangkan hunian Anda menjadi dua lantai. Namun keinginan membangun rumah bertingkat kerap tertunda lantaran modal yang belum cukup. 

Membangun rumah dua lantai memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Supaya keinginan tersebut tidak tertunda lagi, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan ke bank. Dengan mengajukan pinjaman tanpa agunan atau KTA, Anda bisa mendapat tambahan dana untuk modal mengembangkan rumah menjadi dua lantai. 

Pinjaman tanpa agunan disediakan oleh pihak bank untuk membantu nasabah memenuhi segala kebutuhannya. Pinjaman KTA ini banyak diminati karena persyaratannya yang mudah, yakni tidak perlu menyerahkan jaminan aset berharga. Proses pencairan uangnya pun relatif cepat. 

Mengajukan pinjaman tanpa agunan ke bank tentunya menjadi solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah dua lantai. Dengan mendapat tambahan modal, Anda tidak pusing lagi untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti membeli material, membayar tukang, hingga membeli furniture. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu tips membangun rumah dua lantai dan menghitung biayanya. 

Tips Membangun Rumah Dua Lantai

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membangun rumah 2 lantai. Berikut sejumlah tips membangun rumah dua lantai. 

  1. Sesuaikan Kondisi Tanah

Kontur tanah menjadi hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun rumah dua lantai. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan mengenai kondisi tanah dan struktur bangunan yang dibutuhkan. Cara paling aman, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan kontraktor yang berpengalaman membangun rumah.

Kondisi tanah akan menentukan panjang pendeknya usia bangunan. Dengan mengetahui kondisi tanah, Anda bisa membuat pondasi yang tepat. Pastikan kondisi tanah Anda mendukung untuk pendirian rumah dua lantai.

  1. Tentukan Desain Sejak Awal

Model rumah 2 lantai seperti apa yang ingin diwujudkan? Terlebih dulu Anda harus menentukan dan memiliki desainnya. Desain rumah tipe ini biasanya dibuat lebih kompleks dibandingkan rumah 1 lantai. Ada banyak bagian yang bisa dieksplorasi.

Hal yang paling sering dipertimbangkan ketika membangun rumah dua lantai adalah jumlah kamar dan ruangan yang dibutuhkan. Anda bisa menyesuaikan ruangan dengan jumlah anggota keluarga. Dengan begitu, Anda bisa menentukan desain atau konsep yang tepat untuk hunian Anda.

  1. Proses Budgeting

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membangun rumah 2 lantai. Budgeting atau penyusunan anggaran harus dilakukan secara matang. Penyediaan anggaran akan berkaitan dengan belanja material dan peralatan lain yang dibutuhkan.

Pada tahap ini, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa konstruksi untuk memastikan biaya yang harus Anda sediakan. Jangan lupa juga untuk melakukan riset harga material dan peralatan lainnya. Usahakan tetap berpatokan dengan bujet yang telah dibuat sejak awal. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengalami pembengkakan biaya.

  1. Pelajari Material yang Dibutuhkan

Mengetahui jenis dan harga produk material bangunan penting Anda lakukan. Dengan begitu Anda bisa memilih produk berkualitas dengan harga lebih terjangkau sesuai dengan desain dan bujet. Namun sebagian orang memilih memasrahkan itu semua kepada perusahaan kontraktor atau yang bertanggung jawab membangun rumah. 

  1. Bekerja Sama dengan Kontraktor Profesional

Struktur bangunan dua lantai tentunya harus lebih kokoh agar aman ditinggali dan memiliki usia jangka panjang. Langkah selanjutnya yaitu memilih kontraktor yang berpengalaman dalam membangun hunian, terutama rumah 2 lantai. 

Supaya tidak salah memilih kontraktor, Anda perlu mengecek hasil kerja yang pernah dilakukan oleh kontraktor tersebut. Bekerja sama dengan kontraktor yang tepat akan sangat membantu dalam menentukan perencanaan desain maupun biaya yang dibutuhkan.

  1. Jenis Tangga Rumah 2 Lantai

Jenis tangga menjadi salah hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun rumah dua lantai. Berikut rekomendasi 3 jenis tangga bisa Anda pilih. Sesuaikan dengan konsep desain dan biaya Anda.

  • Tangga Tegak: Jenis tangga ini menjadi yang paling banyak diterapkan pada rumah dua lantai. Pembangunan tangga tegak biasanya disesuaikan dengan space yang ada. Panjang-pendeknya anak tangga harus sesuai dengan space ruangan. Selain itu, bagian bawah anak tangga bisa dimanfaatkan untuk sejumlah kebutuhan rak sepatu, rak untuk buku, dan tempat penyimpanan lainnya.
  • Tangga Putar: Tangga jenis ini cocok diterapkan pada rumah minimalis atau ruangan dengan space terbatas. Tangga ini terbilang memakan ruang sangat sedikit sehingga sisanya dapat dimanfaatkan untuk fasilitas lain di rumah. Tangga ini memiliki bentuk yang unik, tetapi dalam hal kenyamanan masih sangat kurang.
  • Tangga Zig-zag: Jenis tangga ini tidak jauh berbeda dengan tangga tegak. Bedanya, pembuatan tangga ini dibuat membelok untuk mengoptimalkan ruang. Selain itu, tangga ini biasanya dibuat dengan bentuk putar balik agar tidak memakan banyak space

Gunakan PermataKTA untuk Membangun Rumah Dua Lantai

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan membangun rumah 2 lantai. Jika berbicara mengenai harga, tentu membangun rumah 2 lantai akan lebih mahal dibanding membuat rumah 1 lantai. Bagi Anda yang membutuhkan tambahan dana, salah satu solusinya adalah memanfaatkan pinjaman KTA dari Bank. 

Salah satu pinjaman besar tanpa agunan yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini menyediakan pinjaman dana hingga Rp300 juta sehingga cocok untuk kebutuhan membangun rumah dua lantai. Anda bisa mengajukan PermataKTA secara mudah melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan PermataKTA. Selain pinjaman hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya tenor yang fleksibel hingga 5 tahun, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *